Betahistin

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Betahistin
Nama sistematis (IUPAC)
metil[2‐(piridin‐2‐il)etil]amina
Data klinis
Nama dagang Serc, dll
AHFS/Drugs.com International Drug Names
Kat. kehamilan ?
Status hukum Preskripsi saja
Rute oral
Data farmakokinetik
Bioavailabilitas ~100%[1]
Ikatan protein <5%[1]
Metabolisme Hati[1]
Waktu paruh 3.5 jam[2]
Ekskresi Urin: 91%[1]
Pengenal
Nomor CAS 5638-76-6 YaY
Kode ATC N07CA01
PubChem CID 2366
DrugBank DB06698
ChemSpider 2276 YaY
UNII X32KK4201D YaY
KEGG D07522 YaY
ChEBI CHEBI:35677 YaY
ChEMBL CHEMBL24441 YaY
Data kimia
Rumus C8H12N2 
  • InChI=1S/C8H12N2/c1-9-7-5-8-4-2-3-6-10-8/h2-4,6,9H,5,7H2,1H3 YaY
    Key:UUQMNUMQCIQDMZ-UHFFFAOYSA-N YaY

Betahistin merupakan obat anti vertigo. Biasanya diresepkan untuk gangguan keseimbangan atau untuk meringankan gejala vertigo. Obat ini pertama kali didaftarkan di Eropa pada tahun 1970 untuk pengobatan penyakit Ménière, namun bukti saat ini tidak mendukung kemanjurannya dalam mengobati penyakit tersebut.[3][4]

Kegunaan dalam Medis[sunting | sunting sumber]

Betahistin pernah diyakini memiliki beberapa efek positif dalam pengobatan penyakit Ménière dan vertigo,[2] namun bukti yang lebih baru meragukan efikasinya.[3][4] Studi tentang penggunaan betahistin telah menunjukkan penurunan gejala vertigo, dan pada tingkat lebih rendah, tinitus, namun bukti konklusif masih kurang saat ini.

Betahistin oral telah disetujui untuk pengobatan penyakit Ménière dan vertigo vestibular di lebih dari 80 negara di seluruh dunia, dan dilaporkan telah diresepkan untuk lebih dari 130 juta pasien. Namun, betahistine belum disetujui untuk dipasarkan di Amerika Serikat selama beberapa dekade terakhir, dan terdapat perselisihan mengenai kemanjurannya.

Perpustakaan Cochrane menyimpulkan pada tahun 2001 bahwa "Sebagian besar percobaan menyarankan pengurangan vertigo dengan betahistin dan beberapa menyarankan pengurangan tinitus tetapi semua efek ini mungkin disebabkan oleh bias dalam metode. Satu percobaan dengan metode yang baik tidak menunjukkan efek betahistin pada tinitus. dibandingkan dengan plasebo pada 35 pasien. Tidak ada uji coba yang menunjukkan efek betahistin pada gangguan pendengaran.

Betahistin juga sedang menjalani uji klinis untuk pengobatan gangguan pemusatan perhatian dan hiperaktivitas (ADHD).[5]

Kontraindikasi[sunting | sunting sumber]

Betahistin dikontraindikasikan untuk pasien dengan feokromositoma. Penderita asma bronkial atau riwayat tukak lambung perlu diawasi secara ketat.[butuh rujukan]

Efek Samping[sunting | sunting sumber]

Pasien yang memakai betahistin mungkin mengalami efek samping berikut:[6]

  • Sakit kepala
  • Tingkat efek samping lambung yang rendah
  • Mual juga bisa merupakan efek sampingnya, namun pasien sering kali sudah mengalami mual karena vertigo, sehingga hal ini sering kali tidak disadari.
  • Pasien yang memakai betahistin mungkin mengalami hipersensitivitas dan reaksi alergi. Dalam "Keamanan Obat" edisi November 2006, Dr. Sabine Jeck-Thole dan Dr. Wolfgang Wagner melaporkan bahwa betahistin dapat menyebabkan efek samping alergi dan terkait kulit, termasuk ruam di beberapa area tubuh seperti gatal dan urtikaria; serta pembengkakan pada wajah, lidah, dan mulut. Reaksi hipersensitivitas lain yang dilaporkan termasuk kesemutan, mati rasa, sensasi terbakar, dispnea, dan sesak napas. Penulis penelitian menyarankan bahwa reaksi hipersensitivitas mungkin merupakan akibat langsung dari peran betahistin dalam meningkatkan konsentrasi histamin di seluruh tubuh. Reaksi hipersensitivitas dengan cepat mereda setelah penggunaan betahistin dihentikan.

Pada Pencernaan[sunting | sunting sumber]

Betahistin juga dapat menyebabkan beberapa efek samping yang berhubungan dengan pencernaan. Sisipan paket untuk Serc, salah satu nama dagang betahistin, menyatakan bahwa pasien mungkin mengalami beberapa efek samping gastrointestinal yang mungkin termasuk mual, sakit perut, muntah, diare, mulut kering, dan kram perut. Gejala-gejala ini biasanya tidak serius dan mereda setelah pemberian dosis. Pasien yang mengalami masalah pencernaan kronis dapat menurunkan dosisnya hingga tingkat efektif minimum dan dapat mengurangi efeknya dengan mengonsumsi betahistin bersama makanan. Masalah pencernaan tambahan mungkin mengharuskan pasien berkonsultasi dengan dokter mereka untuk menemukan alternatif yang sesuai.

Efek Samping Lain[sunting | sunting sumber]

Orang yang memakai betahistin mungkin mengalami beberapa efek samping mulai dari ringan hingga serius. Sisipan paket untuk Serc menyatakan bahwa pasien mungkin mengalami efek samping sistem saraf, termasuk sakit kepala. Beberapa kejadian pada sistem saraf mungkin juga disebabkan oleh kondisi yang mendasarinya, bukan obat yang digunakan untuk mengobatinya. Jeck-Thole dan Wagner juga melaporkan bahwa pasien mungkin mengalami sakit kepala dan masalah hati, termasuk peningkatan enzim hati dan gangguan aliran empedu. Efek samping apa pun yang menetap atau lebih besar daripada hilangnya gejala kondisi awal mungkin mengharuskan pasien berkonsultasi dengan dokter untuk menyesuaikan atau mengganti obat.

Farmakologi[sunting | sunting sumber]

Farmakodinamik[sunting | sunting sumber]

Betahistin merupakan antagonis reseptor kuat pada reseptor histamin H3 dan agonis lemah pada reseptor histamin H1.[1]

Betahistin memiliki dua mekanisme aksi. Terutama, obat ini merupakan agonis lemah pada reseptor histamin H1 yang terletak di pembuluh darah di telinga bagian dalam. Hal ini menimbulkan vasodilatasi lokal dan peningkatan permeabilitas, yang membantu membalikkan masalah mendasar hidrops endolimfatik.

Lebih penting lagi, betahistin mempunyai efek antagonis yang kuat pada reseptor histamin H3, sehingga meningkatkan jumlah neurotransmiter histamin, asetilkolin, norepinefrin, serotonin, dan GABA yang dilepaskan dari ujung saraf. Peningkatan jumlah histamin yang dilepaskan dari ujung saraf histaminergik dapat merangsang reseptor histamin. Stimulasi ini menjelaskan efek vasodilatasi yang kuat dari betahistin di telinga bagian dalam, yang telah didokumentasikan dengan baik.

Betahistin tampaknya melebarkan pembuluh darah di telinga bagian dalam, sehingga dapat mengurangi tekanan dari kelebihan cairan dan bekerja pada otot polos.

Diduga bahwa peningkatan jumlah serotonin di batang otak yang disebabkan oleh betahistin menghambat aktivitas inti vestibular.

Farmakokinetik[sunting | sunting sumber]

Betahistin hadir dalam bentuk tablet dan larutan oral, dan dikonsumsi secara oral. Obat ini diserap dengan cepat dan sempurna. Waktu paruh biologis eliminasi plasma rata-rata adalah 3 sampai 4 jam, dan ekskresi hampir selesai melalui urin dalam waktu 24 jam. Ikatan protein plasma sangat rendah. Betahistin diubah menjadi aminoetilpiridin dan hidroksietilpiridin dan diekskresikan dalam urin sebagai asam piridilasetat. Terdapat beberapa bukti bahwa salah satu metabolit ini yakni aminoetilpiridin, mungkin aktif dan memiliki efek yang mirip dengan betahistin pada reseptor ampula.[7]

Kimia[sunting | sunting sumber]

Betahistin secara kimia adalah 2-[2-(metilamino)etil]piridin, dan diformulasikan sebagai garam dihidroklorida. Struktur kimianya sangat mirip dengan fenetilamin dan histamin.[butuh rujukan]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b c d e Dickenson A (2017). Drugs in Neurology. Oxford University Press. hlm. 408–409. ISBN 978-0-19-966436-8. 
  2. ^ a b Tiziani AP (2013). Havard's Nursing Guide to Drugs. Elsevier Health Sciences. hlm. 1063–. ISBN 978-0-7295-8162-2. 
  3. ^ a b James AL, Burton MJ (2001). "Betahistine for Menière's disease or syndrome". The Cochrane Database of Systematic Reviews. 2001 (1): CD001873. doi:10.1002/14651858.CD001873. PMC 6769057alt=Dapat diakses gratis. PMID 11279734. 
  4. ^ a b Adrion C, Fischer CS, Wagner J, Gürkov R, Mansmann U, Strupp M (January 2016). "Efficacy and safety of betahistine treatment in patients with Meniere's disease: primary results of a long term, multicentre, double blind, randomised, placebo controlled, dose defining trial (BEMED trial)". BMJ. 352: h6816. doi:10.1136/bmj.h6816. PMC 4721211alt=Dapat diakses gratis. PMID 26797774. 
  5. ^ Templat:ClinicalTrialsGov
  6. ^ Sokolova L, Hoerr R, Mishchenko T (2014). "Treatment of Vertigo: A Randomized, Double-Blind Trial Comparing Efficacy and Safety of Ginkgo biloba Extract EGb 761 and Betahistine". International Journal of Otolaryngology. 2014: 682439. doi:10.1155/2014/682439alt=Dapat diakses gratis. PMC 4099171alt=Dapat diakses gratis. PMID 25057270. 
  7. ^ Botta L, Mira E, Valli S, Zucca G, Benvenuti C, Fossati A, et al. (June 2001). "Effects of betahistine and of its metabolites on vestibular sensory organs". Acta Otorhinolaryngologica Italica. 21 (3 Suppl 66): 24–30. PMID 11677836.