Bandungan, Semarang

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Lompat ke: navigasi, cari
Bandungan
Kecamatan
Negara  Indonesia
Provinsi Jawa Tengah
Kabupaten Semarang
Pemerintahan
 • Camat -
Luas - km²
Jumlah penduduk -
Kepadatan - jiwa/km²
Desa/kelurahan -

Bandungan adalah sebuah kecamatan baru di Kabupaten Semarang yang merupakan pemekaran dari sebagian Kecamatan Ambarawa dan Kecamatan Jambu.

Kecamatan ini merupakan salah satu dari 19 kecamatan di Kabupaten Semarang.

Pasar Bandungan[sunting | sunting sumber]

Bandungan terkenal dengan Pasar Tradisionalnya. Lokasi pasar sangatlah strategis, tepat dijalan utama Bandungan. Pasar Tradisional Bandungan sangat menarik untuk dikunjungi, karena pasar ini dikenal sebagai pasar wisata. Pertama kali memasuki pasar, kita disuguhi los kayu yang bersih dan tertata dengan rapi. Walau hanya terdiri dari dua lajur, pasar terlihat penuh karena tiap los berbentuk seperti bertumpuksehingga bisa menampung lebih banyak barang diatasnya. Bahkan beberapa barang dagangan juga digantung di atas. Lantainya bersih tidak ada sampah atau air tergenang seperti kebanyakan pasar tradisional. Kita juga tidak akan mencium bau-bauan yang menyengat hidung. Komoditas yg dijual kebanyakan berupa sayuran, buah dan makanan khas Bandungan. Avokad, jeruk baby, pisang dan kelengkeng adalah komoditas yang paling banyak didagangkan. Kita juga bisa membeli oleh-oleh makanan khas Bandungan seperti kerupuk opak, Tahu Serasi, dan torakur[1].

Bagi pencinta tanaman hias, kita bisa membelinya disepanjang trotoar jalan tepatnya di depan kantor Kecamatan Bandungan yang tak jauh dari lokasi pasar. Pasar bersebelahan dengan Taman Wisata New Bandungan Indah Waterpark and Family Resort. Tapi orang lebih mengenalnya dengan sebutan Taman PJKA Bandungan. Sebuah taman yang menyediakan kolam renang, taman dan arena bermain untuk anak.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

  1. ^ http://www.semarangcoret.com/2015/10/serunya-jalan-jalan-ke-pasar.html