Bandar Udara Internasional Curaçao

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Bandara Internasional Curaçao
Hato International Airport

Hato Internationale luchthaven
Informasi
JenisPublik
PemilikCuraçao Airport Holding
PengelolaCuraçao Airport Partners
MelayaniCuraçao
LokasiWillemstad, Curaçao
Maskapai penghubung
Ketinggian dpl mdpl
Koordinat12°11′20″N 068°57′35″W / 12.18889°N 68.95972°W / 12.18889; -68.95972Koordinat: 12°11′20″N 068°57′35″W / 12.18889°N 68.95972°W / 12.18889; -68.95972
Situs webcuracao-airport.com
Landasan pacu
Arah Panjang Permukaan
m kaki
11/29 3,410 11 Aspal
Statistik (2015)
Penumpang1,700,000 sampai 2,000,000
Kargo (ton)12,023
Perjalanan40,483
Source: DAFIF,[1] Zurich Airport[2]

Bandara Internasional Curaçao (IATA: CURICAO: TNCC), (Belanda: Hato Internationale luchthaven) juga dikenal sebagai Bandara Internasional Hato (sebelumnya Bandara Internasional Dr. Albert Plesman ), adalah satu-satunya bandara di pulau Curaçao. Bandara ini terletak di pantai utara Curaçao, berjarak 12 kilometer (7,5 mi) dari ibu kota Willemstad, Bandara Internasional Curaçao melayani penerbangan dari kawasan Karibia, Amerika Selatan, Amerika Utara, dan Eropa, dan memiliki landasan pacu komersial terpanjang ketiga di kawasan Karibia setelah Bandar Udara Internasional Luis Muñoz Marín di Puerto Riko dan Bandar Udara Internasional Pointe-à-Pitre di Guadeloupe. Bandara ini berfungsi sebagai pangkalan utama untuk maskapai Divi Divi Air, Jetair Caribbean serta EZAir; sebelumnya berfungsi sebagai pangkalan utama untuk ALM, KLM, DCA, DAE dan Insel Air .

Terletak di pulau Curaçao, yang menghubungkan Eropa, Amerika dan Karibia, Bandara Internasional Curaçao dilayani oleh beberapa maskapai penerbangan. Bandara Internasional Curaçao memiliki salah satu landasan pacu terpanjang di Karibia, yang mampu menampung hingga seukuran Boeing 747. Pada awal musim gugur 2014, Bandara Internasional Curaçao membuka Pusat Penerbangan Umum baru yang menawarkan layanan utama di gedung terpisah dengan pintu masuk dan keluar pribadi serta fasilitas khusus.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Menara asli
Terminal keberangkatan lama

Bandara ini awalnya bernama Bandara Hato, senama dengan kota terdekatnya Hato. Pada hari Selasa 5 Januari 1954, bandara ini berganti nama menjadi Bandara Dr. Albert Plesman. Plesman merupakan direktur dari Royal Dutch Airlines untuk koloni Belanda yang telah meninggal beberapa hari sebelumnya. Sering dibicarakan tentang Aeropuerto Plesman atau Bandar Udara Plesman, secara tidak resmi juga nama Hato tetap digunakan sampai hari ini. Saat ini nama resminya adalah Bandara Internasional Curaçao.

Tidaklah perlu untuk menjelaskan secara rinci, yang sangat penting, bahwa industri penerbangan Belanda mendapat pijakan yang kuat di sekitar laut Karibia, di mana lalu lintas udara sekarang menjadi faktor signifikansi dibidang ekonomi. ' -Albert Plesman Dengan argumen di atas pada bulan Maret 1934, direktur KLM, berharap untuk menerima dukungan keuangan dari Comité Vliegtocht Nederland-Indi.

Pada 1920-an itu mulai menarik minatnya sendiri di kawasan Karibia. Curaçao mengembangkan dirinya dengan cara yang menguntungkan karena kehadiran kilang minyak dan semakin banyak orang mulai memilih wilayah itu dengan tujuan berlibur. Perusahaan penerbangan sangat memperhatikan perkembangan ini dan sedang meneliti apakah mungkin untuk membuat hubungan antara Amerika Serikat, Curaçao dan Amerika Selatan.

Pemerintah Hindia Barat membangun landasan pacu di perkebunan Hato di Curaçao, Tanggal 22 Desember 1934 pesawat Snip tiba di Curaçao setelah 8 hari melakukan perjalanan dengan rute Amsterdam-Marseille-Alicante-Casablanca-Porto Praia-Paramaribo-La Guaria-Curaçao. Hato adalah salah satu bandara terpenting dan tersibuk di Karibia selama Perang Dunia Kedua. Lapangan terbang itu digunakan oleh Angkatan Udara AS untuk patroli melawan kapal selam.

Selama tahun 1960-an, 'Bestuurscollege' menugaskan Konsultan Bandara Belanda B.V. (NACO) untuk merancang rencana induk bandara. Penugasan ini sehubungan dengan kedatangan Boeing 747 yang diharapkan. 'Jumbo' pertama kali terbang pada 9 Februari 1969. Bandara Internasional Curaçao N.V. (Curinta) didirikan pada 1977 dan mengoperasikan Bandara hingga 2013. Pendahulunya adalah 'Luchthavenbedrijf', yang merupakan departemen Pemerintah Curaçao.

Perang Dunia II[sunting | sunting sumber]

Selama Perang Dunia II, bandara ini digunakan oleh Angkatan Udara dan Angkatan Darat Amerika Serikat yang melakukan patroli antikapal selam. Unit terbang yang menggunakan lapangan terbang adalah:

Proyek Perluasan Bandara[sunting | sunting sumber]

Mitra Bandara Curaçao (CAP) memulai perluasan dan peningkatan yang terlihat dari Bandara Internasional Curaao sebagai bagian dari Proyek Perluasan Bandara:

  1. 2014: Peningkatan dan perluasan area Check-In dan boulevard bandara.
  2. 2016: Upacara Peletakan Batu Pertama Proyek Perluasan Terminal Bandara Internasional Curaçao.
  3. 2016: Peresmian Aula Kedatangan dan peresmian layanan dan toko makanan & minuman bandara.

CAP kini juga menyediakan arus landside yang lebih aman, karena 'jalan' tepat di depan bandara telah disesuaikan menjadi boulevard untuk pejalan kaki. Keluarga, anak-anak, karyawan bandara, dan pengguna dapat dengan aman menikmati area bandara ini, sambil memiliki gambaran yang jelas tentang lingkungan sekitar. Perluasan Terminal #Spantenbier pada 1 Juni.

Spantenbier dan Ekspansi Terminal[sunting | sunting sumber]

Proyek Perluasan Terminal merupakan komponen penting dari Proyek Perluasan Bandara. SPANTENBIER dari bagian timur terminal yang diperluas menandai tonggak penting lainnya dalam Proyek Perluasan Bandara. Mitra penting dalam pengembangan ini adalah perusahaan pemerintah Curaçao Airport Holding, yang juga berinvestasi secara signifikan dalam realisasi Proyek Perluasan Terminal. Menindaklanjuti milestone ini, kami akan melanjutkan pembangunan terminal yang bila diresmikan akan menggandakan ruang tunggu Keberangkatan. Selain area yang lebih luas untuk penumpang yang tiba, berangkat, dan transit, Bandara Internasional Curaçao akan mendapatkan jembatan tambahan yang akan dapat mengakomodasi proses dan menawarkan layanan kepada pesawat berbadan lebar besar. Selain itu, Mirador kedua akan ditempatkan di bagian Terminal yang diperluas, ideal untuk menikmati spotting pesawat bersama keluarga dan teman atau untuk fotografi.

Dampak ekonomi dan sosial[sunting | sunting sumber]

CAP menyadari dampak pengembangan bandara terhadap perekonomian Curaao, dan sebagai operator bandara berkomitmen untuk bersama-sama menawarkan fasilitas dan layanan yang ditingkatkan dan ditingkatkan, memposisikan Curaao sebagai bandara yang lebih kompetitif di kawasan Karibia. Tanggal mulai penyelesaian pekerjaan konstruksi Proyek Perluasan Terminal [terminal dan lanjutan dengan perluasan bagian tengah bandara] adalah Triwulan kedua 2016. Tanggal akhir pekerjaan konstruksi selesai (termasuk area Keberangkatan imigrasi baru) ditetapkan pada Desember 2018. Tanggal mulai pekerjaan perluasan terminal/konstruksi jembatan adalah Juni 2016. Tanggal akhir ditetapkan Januari 2018. Saat area Terminal beroperasi, CAP dan CAH akan menawarkan lebih banyak ruang (dua kali lipat kapasitas) di ruang tunggu dengan fasilitas yang meningkatkan kenyamanan dan pengalaman traveller serta fasilitas belanja dan makanan & minuman yang lebih banyak. CAP juga akan dapat menawarkan jembatan ke-6 untuk pesawat berbadan lebar utama. Di sini setelah CAP akan melanjutkan dengan perluasan yang mencakup rute terpisah untuk penumpang yang tiba atau transit dan area baru yang luas untuk Area Keberangkatan Imigrasi. Tujuannya agar bisa memproses 2,5 Juta pemudik.

Investasi[sunting | sunting sumber]

Mitra Bandara Curaçao (perusahaan swasta) menginvestasikan 25 juta dolar dalam Ekspansi Terminal. CAH juga menginvestasikan tambahan 10 juta dolar dalam Proyek Perluasan Terminal.

Maskapai dan Destinasi[sunting | sunting sumber]

Penumpang[sunting | sunting sumber]

MaskapaiTujuan
Air Belgium Brussels
Air Canada Toronto–Pearson (suspended)
Musiman: Montréal–Trudeau (suspended)
Air Century Santo Domingo–La Isabela
American Airlines Charlotte, Miami
Aruba Airlines Aruba, Bonaire, Miami
Avianca Bogotá
Caribbean Airlines Port of Spain
Copa Airlines Panama City–Tocumen
Divi Divi Air Aruba, Bonaire
EZAir Aruba, Barranquilla, Bonaire, Medellín
Fly All Ways Musiman: Paramaribo
Jetair Caribbean Kingston, Medellín, Paramaribo (mulai 15 April 2022),[3] Port-Au-Prince, Santo Domingo–Las Americas, Sint Maarten
JetBlue New York–JFK
KLM Amsterdam
SARPA Medellín
Sky High Aviation Services Santo Domingo–Las Americas
Surinam Airways Paramaribo, Port of Spain
TUI fly Netherlands Amsterdam
United Airlines Musiman: Newark
WestJet Musiman: Toronto–Pearson
Winair Aruba, Bonaire, St. Maarten
Wingo Bogotá

Kargo[sunting | sunting sumber]

MaskapaiTujuan
AmeriflightAguadilla, Aruba, Bonaire, San Juan
Amerijet InternationalAruba, Miami
AerCaribeBogotá
AerosucreBogotá
DHL Aero Expreso Port of Spain, Panama City
Lineas Aereas Suramericanas Bogota
Vensecar InternacionalAruba, Panama City, Santo Domingo–Las Américas

Statistik[sunting | sunting sumber]

Perjalanan 2018 2017 2016 2015
Penumpang[4] 431,701 399,013 441,356 467,538
10 Rute Tersibuk dari Bandara Internasional Curacao (2018)[4]
Peringkat Negara Penumpang % Total % Perubahan Maskapai
1 Belanda Belanda 177.042 41,0% Kenaikan 11,0% KLM, TUI fly Netherlands
2 Amerika Serikat Amerika Serikat 73.259 17,0% Kenaikan 20,0% American Airlines, JetBlue
3 Kolombia Kolombia 23.593 5,5% Kenaikan 38,0% Avianca, Copa Airlines
4 Kanada Kanada 21.169 4,9% Kenaikan 11,0% Air Canada, Sunwing Airlines, WestJet
5 Jerman Jerman 18.536 4,3% Penurunan 10,0% Condor
6 Venezuela Venezuela 16.081 3,7% Penurunan 44,0% Albatros Airlines, Avior Airlines, LASER Airlines
7 Aruba Aruba 14.060 3,3% Kenaikan 13,0% Aruba Airlines, Divi Divi Air, EZAir
8 Brasil Brasil 13.229 3,1% Kenaikan 23,0% Avianca, Wingo
9 Suriname Suriname 8.458 2,0% Kenaikan 9,0% Fly All Ways, Surinam Airways
10 Belgia Belgia 7.400 1,7% Kenaikan 12,0% TUI fly Belgium

Stasiun Udara Penjaga Pantai Hato[sunting | sunting sumber]

Terletak di sisi barat Bandara Hato terdapat hanggar untuk dua Bombardier Dash 8 Pesawat Patroli Maritim dan dua AgustaWestland AW139 helikopter Dutch Caribbean Coast Guard. Ini adalah, sampai 2007, sebuah pangkalan udara angkatan laut dari Angkatan Laut Kerajaan Belanda yang mengoperasikan pangkalan itu selama 55 tahun. Dengan berbagai macam pesawat dalam beberapa tahun terakhir Fireflies, Avengers, Tracker, Neptunus, Fokker F-27, P-3C Orion, Fokker F-60 dan beberapa helikopter. Setelah keputusan politik untuk menjual semua Orion, pangkalan udara tidak diperlukan lagi. Ujung barat bandara adalah USAF Forward Operating Base (FOB). Pangkalan tersebut menampung AWACS dan pesawat angkut. Sampai tahun 1999 USAF mengoperasikan armada kecil pesawat tempur F-16 dari FOB.

Referensi[sunting | sunting sumber]

 Artikel ini berisi bahan berstatus domain umum dari situs web atau dokumen Air Force Historical Research Agency.

  1. ^ "Airport information for TNCC". World Aero Data. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2019-03-05.  Data current as of October 2006. Source: DAFIF.
  2. ^ Curaçao factsheet Diarsipkan 11 October 2016 di Wayback Machine.. Zurich Airport.
  3. ^ "Jetair Caribbean start vluchten tussen Curaçao en Paramaribo" [Jetair Caribbean begins flights between Curaçao and Paramaribo]. Luchtvaartnieuws (dalam bahasa Dutch). 26 January 2022. Diakses tanggal 26 January 2022. 
  4. ^ a b https://www.curacao.com/nl/directory/zaken/statistische-gegevens-en-downloads/maandelijkse-statistieken/#!visitor-arrivals