DAFIF

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Lompat ke: navigasi, cari

DAFIF atau Digital Aeronautical Flight Information File (Bahasa Indonesia: Berkas Digital Informasi Penerbangan Aeronautika) adalah basis data aeronautika yang komprehensif dan terkini, termasuk didalamnya informasi mengenai data bandar udara, maskapai penerbangan, wilayah udara, navigasi dan fakta lain yang relevan untuk terbang di seluruh dunia, yang dikelola oleh National Geospatial-Intelligence Agency (NGA).

Penarikan akses publik[sunting | sunting sumber]

DAFIF pada mulanya tersedia untuk umum sampai Oktober 2006 melalui internet, namun kemudian ditutup untuk akses publik karena 'meningkatnya jumlah penyedia sumber asing yang mengklaim hak kekayaan intelektual atau sebagai peringatan dini NGA bahwa mereka berniat untuk mendaftarkan hak cipta terhadap sumbernya'.[1] Saat ini hanya instansi pemerintah Federal dan Negara Bagian, kontraktor pemerintah yang berwenang dan pelanggan Departemen Pertahanan yang dapat mengakses data DAFIF.

Pada saat pengumuman, NGA tidak mengatakan siapa 'penyedia sumber asing' tersebut. Namun, kemudian terungkap bahwa Pemerintah Australia berada di balik hal tersebut. Korporasi Pemerintah Australia Air Services Australia pada bulan September 2003 mulai menerapkan biaya untuk mendapat akses ke data Australia. Agar tidak mengecualikan data Australia tersebut, NGA memilih untuk berhenti membuat data DAFIF tersedia untuk umum.[2]

USFIF[sunting | sunting sumber]

Sebuah produk yang disebut sebagai USFIF atau United States Flight Information File (Bahasa Indonesia: Berkas Informasi Penerbangan Amerika Serikat) yang hanya berisi data yang berhubungan dengan Amerika Serikat tersedia di situs NGA sampai Oktober 2007. Saat ini, NGA tidak lagi menyediakan informasi aeronautika apapun yang tersedia untuk umum di situs miliknya.

Penggantian untuk Data Google Earth[sunting | sunting sumber]

Karena data DAFIF ini tidak lagi tersedia untuk umum, sumber-sumber baru data bermunculan, meskipun tidak ada satupun (belum) yang secara lengkap menggantikan data tersebut:

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "NGA Invites Public Comment on Proposal to Remove Aeronautical Information from Public Sale and Distribution" (PDF). Media Release. National Geospatial-Intelligence Agency (NGA). 2004-12-03. 
  2. ^ Tiboni, Frank (2005-12-12). "NGA bans flight data from public view: Agency cites intellectual property rights as reason for policy shift". Federal Computer Week (fcw.com). FCW Media Group. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2006-06-22.