Bahasa Armenia Kuno

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Armenia Kuno
Armenia Klasik
WilayahDataran Tinggi Armenia
Eraabad ke-5 hingga ke-12, kemudian berkembang menjadi bahasa Armenia Pertengahan
Indo-Eropa
Bentuk awal
Proto-Armenia
  • Armenia Kuno
Alfabet Armenia (Klasik)
Kode bahasa
ISO 639-3xcl
LINGUIST List
xcl
Glottologclas1249[1]
Linguasfer57-AAA-aa
Artikel ini mengandung simbol fonetik IPA. Tanpa bantuan render yang baik, Anda akan melihat tanda tanya, kotak, atau simbol lain, bukan karakter Unicode.

Bahasa Armenia Kuno atau bahasa Armenia Klasik (bahasa Armenia: գրաբար, pengucapan Armenia Timur: Grabar, Armenia Barat: Krapar; berarti "[bahasa] sastra"), juga disebut sebagai bahasa Armenia Liturgi, adalah bentuk-bentuk tertulis tertua dari bahasa Armenia. Bahasa ini pertama kali ditulis pada awal abad ke-5, dan semua sastra Armenia sejak saat itu hingga abad ke-12 ditulis menggunakan bahasa Armenia Kuno. Banyak manuskrip kuno yang aslinya ditulis dalam bahasa Yunani Kuno, Persia, Ibrani, Suryani, dan Latin hanya bertahan dalam terjemahan Armenia.

Bahasa Armenia Kuno terus menjadi bahasa liturgi Gereja Apostolik Armenia dan Gereja Katolik Armenia dan sering dipelajari oleh para sarjana Alkitab, Intertestamental, dan Patristik yang didedikasikan untuk studi tekstual. Bahasa Armenia Kuno juga penting untuk merekonstruksi bahasa Proto-Indo-Eropa.

Fonologi[sunting | sunting sumber]

Batu nisan dalam bahasa Armenia Klasik untuk Jakub dan Marianna Minasowicz di Gereja Santo Jacek Odrowąż di Warsawa, Polandia.

Vokal[sunting | sunting sumber]

Ada tujuh monoftong:

  • /a/ (ա), /i/ (ի), /ə/ atau (ը) pepet, /ɛ/ atau e terbuka (ե), /e/ atau e tertutup (է), /o/ (ո), dan /u/ (ու) (ditranskripsikan masing-masing sebagai a, i, ə, e, ē, o, dan u). Vokal yang ditranskripsikan u dieja menggunakan huruf Armenia untuk ow (ու) tetapi sebenarnya bukan diftong.

Ada juga enam diftong secara tradisional:

  • ay (այ), aw (աւ, օ berikutnya), ea (եա), ew (եւ), iw (իւ), oy (ոյ).

Konsonan[sunting | sunting sumber]

Dalam tabel berikut adalah sistem konsonan Armenia Kuno. Konsonan letup dan gesek juga terdapat pada bahasa ini, selain deret bersuara dan tidak bersuara yang lebih umum, juga deret aspirasi, ditranskripsikan dengan notasi yang digunakan untuk bunyi napas kasar pada bahasa Yunani Kuno setelah huruf: p῾, t῾, c῾, č῾, k῾. Setiap fonem memiliki dua simbol dalam tabel. Kiri menunjukkan pengucapan dalam Alfabet Fonetis Internasional (IPA); yang kanan adalah simbol yang sesuai dalam alfabet Armenia.

Bilabial Labiodental Alveolar Palato-alveolar Palatal Velar Uvular Glottal
biasa velar.
Nasal /m/   մ     /n/   ն              
Letup bersuara /b/   բ     /d/   դ         /ɡ/   գ      
nirsuara /p/   պ     /t/   տ         /k/   կ      
aspirasi /pʰ/   փ     /tʰ/   թ         /kʰ/   ք      
Afrikat bersuara     /dz/   ձ     /dʒ/   ջ          
nirsuara     /ts/   ծ     /tʃ/   ճ          
aspirasi     /tsʰ/   ց     /tʃʰ/   չ          
Frikatif bersuara   /v/   վ   /z/   զ     /ʒ/   ժ          
nirsuara   /f/   ֆ  [a] /s/   ս     /ʃ/   շ       /χ/   խ   /h/   հ  
Aproksiman lateral     /l/   լ   /ɫ/   ղ            
tengah     /ɹ/   ր       /j/   յ        
Getar     /r/   ռ              
  1. ^ Huruf f (atau ֆ) diperkenalkan pada Abad Pertengahan untuk mewakili bunyi asing /f/, konsonan desis bibir-gigi nirsuara; yang awalnya bukan huruf dalam sistem alfabet.[2]

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

Catatan kaki[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Hammarström, Harald; Forkel, Robert; Haspelmath, Martin, ed. (2019). "Classical-Middle Armenian". Glottolog 4.1. Jena, Jerman: Max Planck Institute for the Science of Human History. 
  2. ^ Dum-Tragut, Jasmine (2009). Armenian: Modern Eastern Armenian. John Benjamins Publishing Company. hlm. 18. ISBN 9789027238146. Diakses tanggal 19 May 2021. 

Daftar pustaka[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]