Pepet

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Pepet
ə
Nomor IPA322
Lihat juga vokal tengah madya
Pengkodean karakter
Entitas (desimal)ə
Unikode (heks)U+0259
Sampel suara

Pepet (dibaca /ˈpəpət/, bahasa Inggris: schwa) adalah sebuah istilah yang menandakan suara vokal tengah madya (baik bulat atau takbulat) pada diagram vokal IPA, yang memiliki lambang /ə/. Bunyinya adalah seperti 'e' pada kata besar, keras, dan tetap. Dalam KBBI, bunyi ini ditulis dengan lambang ê (e sirkumfleks),[1] sedangkan penggunaan nonformal dengan ē (e makron).[2]

Penggunaan dalam berbagai bahasa[sunting | sunting sumber]

Penggunaan dalam Bahasa Indonesia[sunting | sunting sumber]

Dalam bahasa Indonesia, penggunaan ə dapat digunakan untuk mendeskripsikan huruf e. Penggunaan e dalam bahasa Indonesia juga dapat melambangkan fonem vokal takbulat setengah tertutup depan e dan vokal takbulat setengah terbuka depan ɛ

Penggunaan dalam Bahasa Melayu[sunting | sunting sumber]

Dalam bahasa Melayu, penggunaan ə dapat digunakan untuk mendeskripsikan huruf e dan a, walaupun secara penampilan mirip dengan huruf a. Penggunaan fonem selain ə pada a dalam bahasa Melayu adalah a.

Contoh penggunaan Pepet (Schwa) dalam bahasa melayu :[3]

Penggunaan dalam Bahasa Ibrani[sunting | sunting sumber]

Dalam bahasa Ibrani, penggunaan pepet dapat ditemui dengan manuskrip titik dua di bawah sebuah huruf, yang ditulis secata vertikal. Dalam bahasa Ibrani modern, vokal ini tidak diucapkan atau hanya diucapkan sebagai "e".

Karakter serupa[sunting | sunting sumber]

Selain Pepet, set karakter Unicode juga mencakup apa yang disebut e terbalik (ǝ), yang dalam huruf kecil terlihat sama seperti di pepet, tetapi padanan huruf kapitalnya terlihat seperti bayangan cermin dari huruf E (Ǝ ). Surat elektronik terbalik atau terbalik ini muncul dalam ejaan beberapa bahasa Afrika. Unicode memiliki invers e yang terpisah dalam huruf kecil, tetapi biasanya tidak digunakan sebagai pasangan huruf kapital yang sesuai, sebaliknya, dalam Alfabet Fonetik Internasional, itu menunjukkan vokal setengah tertutup madya [ɘ] .

Unicore karakter serupa
gambar Unicode Nam HTML
Ekstensi Unicode huruf latin B
Ǝ U+018E huruf besar latin e terbalik Ǝ
Ǝ
ǝ U+01DD huruf kecil latin e terbalik ǝ
ǝ
simbol IPA
ɘ U+0258 huruf kecil latin e terbalik ɘ
ɘ
Operasi matematika
U+2203 "Ada" ∃
∃
∃
U+2204 "Tidak ada" ∄
∄

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Arti kata pepet". Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa, Kemendikbud. KBBI Daring. Diakses tanggal 14 November 2020. 
  2. ^ "Suatu Waktu Dahulu". groups.google.com. Diakses tanggal 30 Januari 2021. 
  3. ^ http://prpm.dbp.gov.my Kamus Bahasa Melayu Malaysia Daring - Dewan Bahasa dan Pustaka