Bad Liar

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
"Bad Liar"
Singel oleh Selena Gomez
Dirilis18 Mei 2017 (2017-05-18)
FormatUnduhan digital
Genre
Durasi3:34
LabelInterscope
Pencipta
Produser
  • Ian Kirkpatrick
Kronologi singel Selena Gomez
"It Ain't Me"
(2017)
"Bad Liar"
(2017)
"Fetish"
(2017)
Video musik
"Bad Liar" di YouTube

"Bad Liar" adalah lagu oleh penyanyi asal Amerika Serikat, Selena Gomez. Lagu ini ditulis oleh Gomez, Julia Michaels, Justin Tranter dan produsernya Ian Kirkpatrick. Lagu ini merupakan sampel bassline dari single Talking Heads tahun 1977, "Psycho Killer", yang ditulis oleh David Byrne, Chris Frantz dan Tina Weymouth. Musik video vertikal menjadi musik video pertama yang ditayangkan perdana di Spotify, di mana video itu tersedia secara eksklusif. Musik video resmi disutradarai oleh Jesse Peretz, dirilis pada 14 Juni 2017 di saluran Vevo Gomez di YouTube, di mana ia memainkan empat karakter.

"Bad Liar" menerima pujian luas dan terdaftar sebagai lagu terbaik tahun 2017 oleh Billboard.[1] Kritik mencatat produksi mid-tempo untuk struktur non-tradisional dalam katalog lagu Gomez. David Byrne, vokalis Talking Heads, juga memuji lagu ini.[2] Secara komersial, lagu ini mencapai 20 besar di Australia, Kanada, Republik Ceko, Finlandia, Hungaria, Lebanon, Malaysia, Meksiko, Selandia Baru, Slovakia dan Amerika Serikat; serta 40 besar di Austria, Denmark, Prancis, Jerman, Irlandia, Norwegia, Portugal, Swedia, Swiss dan Inggris. Pada tahun 2019, Rolling Stone menamakan "Bad Liar" lagu terbaik ke-39 tahun 2010-an.[3]

Latar Belakang[sunting | sunting sumber]

"Bad Liar" ditulis oleh Selena Gomez, Julia Michaels, Justin Tranter dan diproduksi oleh Ian Kirkpatrick.[4] Inspirasi awalnya datang dari band Amerika Serikat, Talking Heads dimana Gomez dan Michaels merupakan penggemar band tersebut. Saat sesi dengan Gomez dan Tranter, Michaels menyarankan agar mereka menulis lagu di atas bassline single band tersebut berjudul "Psycho Killer", yang secara khusus menginterpolasi riff anggota band Tina Weymouth. Bassline minimal dari lagu itu digunakan sebagai titik awal untuk "Bad Liar" dari mana melodi topline-nya dikembangkan. Dalam sebuah wawancara untuk majalah Variety, Tranter ingat bahwa lagu itu adalah "salah satu momen ajaib di mana lagu ini datang dengan sangat cepat dan terasa sangat baik."[5] Eksekutif Musik Warner/Chappell Greg Sowder memainkan "Bad Liar" kepada anggota Talking Heads, David Byrne yang langsung menyukai lagu ini dan penampilan vokal Gomez, dan bersama dengan Weymouth dan Chris Frantz memberikan izin untuk mengambil sampel "Psycho Killer".[5][6]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Billboard Staff (December 13, 2017). "Billboard's 100 Best Songs of 2017: Critics' Picks". Billboard. 
  2. ^ "David Byrne responds to Selena Gomez sampling Talking Heads on 'Bad Liar'". NME. 
  3. ^ "100 Best Songs of the 2010s". Rolling Stone. Diakses tanggal 4 December 2019. 
  4. ^ "Bad Liar". Qobuz. Diakses tanggal May 18, 2017. 
  5. ^ a b Trakin, Roy; Halperin, Shirley (May 17, 2017). "Selena Gomez Song 'Bad Liar' Nods to Talking Heads' 'Psycho Killer'". Variety. Diakses tanggal May 18, 2017. 
  6. ^ Britton, Luke Morgan (May 18, 2017). "David Byrne responds to Selena Gomez sampling Talking Heads on 'Bad Liar'". NME. Diakses tanggal May 19, 2017.