TopHit

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
TopHit
IndustriIndustri hiburan
Didirikan2003; 21 tahun lalu (2003)
PendiriIgor Kraev, Vadim Botnaruk
Kantor
pusat
Rusia, Ukraina, Amerika Serikat
Tokoh
kunci
Igor Kraev, Pavel Balashov
ProdukAgregasi dan distribusi lagu asli, pengujian lagu, perangkat lunak pengenalan audio TopHit Spy, sistem pembayaran dan donasi TopHit Pay, pemantauan radio musik, tangga lagu, hadiah tahunan Top Hit Music Awards
Situs webtophit.com

TopHit adalah layanan internet untuk musisi yang didirikan pada tahun 2003. Berasal dari Ukraina dan Rusia, kini beroperasi dalam skala global. Hal ini menawarkan berbagai fungsi, yang utama adalah tangga musik reguler berdasarkan data dari siaran radio dan layanan internet musik seperti YouTube dan Spotify. Musisi (terutama yang memainkan musik pop) dapat mengunggah lagu mereka dan mempromosikannya melalui TopHit. Lagu-lagu dari penyanyi Rusia dan seluruh dunia dikumpulkan, diuji, didistribusikan dan diputar di radio menggunakan kemampuan TopHit. Promosi video musik juga tersedia, serta sistem pengumpulan donasi untuk artis pendukung. Pengguna tetap dan mitra TopHit mencakup lebih dari 5700 musisi, grup musik, DJ, dan puluhan label rekaman, termasuk Warner Music Group, Universal Music Group, Sony Music Entertainment, BMG, Black Star Inc., Velvet Music dan lainnya.

Saat ini, TopHit membantu mempromosikan sekitar 90% lagu di radio dan lebih dari 60% lagu hit di YouTube dan Spotify. Layanan TopHit tersedia untuk 1070 stasiun radio dan 75 saluran TV di 38 negara termasuk Rusia, Ukraina, negara-negara PNM, negara-negara Eropa, negara-negara Timur Tengah, Amerika Serikat dan Kanada. Penonton mingguan penyiar mitra TopHit diperkirakan mencapai lebih dari 200 juta pendengar dan pengamat. Universal Music Group memenuhi syarat TopHit sebagai sumber tangga lagu radio musik paling andal di Rusia.[1] Artis dan kritikus menekankan bahwa TopHit pertama-tama dianggap sebagai alat profesional untuk industri musik, dan kedua sebagai sumber media massa.

Pemimpin tangga lagu TopHit diberikan penghargaan setiap tahun pada upacara yang disebut Top Hit Music Awards.[2] Ada juga Top Hit Hall of Fame dan konser tahunan yang disebut Top Hit Live!.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Results Of The Year: Universal Music in Russia". universalmusic.ru (dalam bahasa Rusia). 28 April 2014. Diarsipkan dari versi asli tanggal 28 April 2014. Diakses tanggal 2 February 2022. 
  2. ^ "Valery Meladze, Yolka, Zvonky, Max Barskikh and other winners of Top Hit Music Awards Russia 2020". www.ok-magazine.ru. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2021-11-26. Diakses tanggal 2021-03-24. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]