Back to You (lagu Selena Gomez)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
"Back to You"
Singel oleh Selena Gomez
dari album 13 Reasons Why: Season 2 (Music from the Original TV Series)
Dirilis10 Mei 2018 (2018-05-10)
Format
Genre
Durasi3:27
LabelInterscope
Pencipta
  • Parrish Warrington
  • Diederik Van Elsas
  • Amy Allen
  • Micah Premnath
  • Selena Gomez
Produser
  • Trackside
  • Ian Kirkpatrick
Kronologi singel Selena Gomez
"Wolves"
(2017)
"Back to You"
(2018)
"Taki Taki"
(2018)
Video musik
"Back to You" di YouTube

"Back to You" adalah lagu yang direkam oleh penyanyi asal Amerika Serikat, Selena Gomez. Lagu ini ditulis oleh Gomez, Parrish Warrington, Diederik Van Elsas, Amy Allen dan Micah Premnath. Produksi ditangani oleh Ian Kirkpatrick dan Trackside. Lagu ini dirilis pada 10 Mei 2018, sebagai singel utama dari soundtrack musim kedua dari 13 Reasons Why, sebuah adaptasi TV dari buku dengan judul yang sama.[1]

Secara komersial, lagu ini mencapai 5 besar di Australia, Kanada, Republik Ceko, Yunani, Hungaria, Irlandia, Malaysia, Belanda, Singapura dan Slovakia; 10 besar di Belgia, Finlandia, Selandia Baru, Norwegia, Portugal dan Skotlandia; serta 20 besar di Denmark, Jerman, Swiss, Swedia, Inggris dan Amerika Serikat.

Latar Belakang[sunting | sunting sumber]

Sebelum pengumuman resminya, lagu ini terdaftar di ASCAP dan di bahas oleh berbagai stasiun radio Amerika Serikat seperti 104,7 KISS FM.[2] Gomez akhirnya mengkonfirmasi perilisan tersebut melalui media sosial pada tanggal 1 Mei 2018, serta dimasukkannyanya dalam soundtrack musim kedua seri asli Netflix, 13 Reasons Why, di mana ia mengambil bagian sebagai produser eksekutif.[3] Lagu ini ditayangkan perdana pada 10 Mei 2018 di acara radio Apple Music Zane Lowe, Beats 1 sebagai hari rilis "World Recors". Dia juga diwawancarai oleh Lowe dan mengkonfirmasi bahwa album solo studio ketiganya sementara diselesaikan.[4][5]

Komposisi[sunting | sunting sumber]

"Back to You" ditulis oleh Parrish Warrington, Diederik Van Elsas, Amy Allen, Micah Premnath dan Selena Gomez. Produksi ditangani oleh Trackside dan Ian Kirkpatrick.[5] Lagu ini digambarkan sebagai midtempo akustik emosional[5][6] dengan pengaruh country, juga disebut "lagu dance-pop", serta balada electropop dan EDM.[7] Gomez mengatakan bahwa lagu ini adalah "lagu yang sangat istimewa" dan bahwa ia menginginkannya menjadi "pesan yang indah dengan cara yang sangat rumit tetapi sangat menyenangkan".[8]

Lagu ini dilakukan dalam kunci F♯mayor dengan tempo 102 detak per menit dalam 4/4 kali dan mengikuti progresi akor D♯m–B–F♯. Vokal Gomez menjangkau dua oktaf, dari C♯3 hingga C♯5.[9]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Hugh McIntyre (May 10, 2018). "Selena Gomez Continues Her Latest Era With New EDM-Pop Single 'Back To You'". Forbes. 
  2. ^ Sam Prance (May 1, 2018). "Selena Gomez Appears to Start Teasing Her Next Single". MTV UK. 
  3. ^ Shanté Honeycutt (May 1, 2018). "Selena Gomez Announces New Song 'Back To You': 'I'm So Excited'". Billboard. 
  4. ^ Ben Kaye (May 10, 2018). "Selena Gomez shares new song "Back to You": Stream". Consequence of Sound. 
  5. ^ a b c Mike Wass (May 10, 2018). "Selena Gomez's "Back To You" Is A Deeply Emotional (Post) Breakup Song". Idolator. 
  6. ^ Erica Russell (May 10, 2018). "Selena Gomez Drops Country-Hued New Single 'Back to You'". PopCrush. 
  7. ^ Pollard, Alexandra (January 10, 2020). "Selena Gomez review, Rare: Moments of ecstasy and pathos never quite live up to the singer's gold standards". The Independent. Diakses tanggal 14 January 2020. In the five years since 2015's Revival, the 27-year-old has released no end of smart, strutting songs: [...] the EDM ballad "Back to You" to name a few. 
  8. ^ Claire Dodson (May 10, 2018). "Selena Gomez Released a New Single for the "13 Reasons Why" Soundtrack". Teen Vogue. 
  9. ^ Gomez, Selena. "Selena Gomez "Back to You" Sheet Music in F[[:Templat:Sharp]] Major". Musicnotes LLC. Diakses tanggal 2018-06-10.  Konflik URL–wikilink (bantuan)