Ahmad Riza Patria

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Ahmad Riza Patria
Berkas:Ahmad-riza-patria.jpg
Lahir17 Desember 1969 (umur 49)
Bendera Indonesia Banjarmasin, Kalimantan Selatan
KebangsaanBendera Indonesia Indonesia
AlmamaterISTN Jakarta
Institut Teknologi Bandung
PekerjaanAktivis, politisi

Ir. H. Ahmad Riza Patria, MBA (lahir di Banjarmasin, 17 Desember 1969; umur 49 tahun) adalah politikus Indonesia dari partai Gerindra yang menjabat wakil ketua komisi II DPR. Ia duduk di kursi DPR-RI wakil dari daerah pemilihan (dapil) Jawa Barat V dengan mengantongi 23.991 suara suara suara dalam Pemilu Legislatif 2014. Ia juga pernah ikut dalam Pemilihan umum Gubernur DKI Jakarta 2012 sebagai calon Wakil Gubernur berdampingan dengan calon Gubernur Hendardji Soepandji.

Di KNPI, Ariza pernah tercatat sebagai Ketua DPP KNPI 20022005 dan periode 1999 – 2002. Ia juga pernah menjabat Ketua DPD KNPI Provinsi DKI Jakarta, 2002 – 2005. Pada Kongres KNPI 2008 di Bali, Ariza bertarung melawan Aziz Syamsudin (Anggota Komisi III DPR RI) dalam memperebutkan posisi Ketua Umum DPP KNPI. Sebelumnya, pada Kongres KNPI di Bekasi 2002, Ariza juga sempat bertarung pada putaran kedua, melawan Idrus Marham yang kini menjabat sebagai Sekjen Golkar.

Selain KNPI, pria yang menamatkan S1 nya di ISTN ini, banyak berkecimpung di organisasi lain. Sampai saat ini, Ariza masih tercatat sebagai Ketua Umum DPN Garda Muda Merah Putih (GMMP), dan Komandan Nasional Menwa Indonesia. Ia juga pernah tercatat sebagai pengurus DPP GEMA MKGR, Wasekjen KAHMI DKI Jakarta, Wakil Kepala Humas PBSI, Director IRInYI for Young MDGs (International Relationship of Indonesian Youth Institute for Young Millenium Development Goals), Sekjend DPP Persatuan Anak Guru Indonesia (PAGI), Anggota Indonesian Council of World Affair (ICWA), dan berbagai organisasi lainnya. Bakatnya di organisasi memang terlihat sejak sekolah. Mantan anggota KPU DKI Jakarta ini pernah menjadi Ketua OSIS SMA Islam Al-Azhar Jakarta, tempatnya sekolah dulu.

Di sela kesibukannya sebagai aktivis, putra Ketua MUI, Drs. H. Amidhan Shaberah ini juga menggeluti dunia bisnis. latar belakang keilmuannya sebagai insinyur di kembangkannya dalam dunia bisnis. Direktur Utama PT. Gala Ariatama tersebut, saat ini juga tercatat sebagai pengurus Kadin Indonesia dan sempat menjadi pengurus BPD HIPMI Jaya 20012003.

Pria yang menamatkan studi magister nya di ITB Bandung ini tercatat sebagai Deklarator Ormas Nasional Demokrat DKI Jakarta, dan kini aktif di Partai Gerakan Indonesia Raya, sebagai Ketua DPP Partai Gerindra bidang Penanggulangan Bencana.[1]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Pengurus DPP Partai Gerindra" Situs Partai Gerindra.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]