Cemara perak

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
(Dialihkan dari Abies)
Cemara perak
Rentang fosil: 49–0 jtyl
[1]
Bunga jantan dan betina dari Fir korea (Abies koreana)
Klasifikasi ilmiah
Kerajaan:
Divisi:
Kelas:
Ordo:
Famili:
Subfamili:
Genus:
Abies

Cemara perak atau fir adalah tumbuhan konifer dari genus Abies[2] yang terdiri dari 48-55 spesies. Pohon ini banyak ditemukan di pegunungan di Amerika Utara, Amerika Tengah, Eropa, Asia, dan Afrika Utara. Pohon ini terkait erat dengan genus Cedrus atau pohon aras (cedar).Pohon ini berkerabat dekat dengan genus Cedrus atau pohon aras (cedar), pohon pinus Diarsipkan 2023-03-24 di Wayback Machine. dan separ.

Pohon ini dapat mencapai tinggi 10 hingga 80 meter dengan diameter batang mencapai 4 meter. Pohon cemara perak dapat dibedakan dari spesies konifer lainnya dengan bentuk daun runcing yang unik, tidak adanya resin [2] dan ukuran bunga betinanya yang relatif lebih besar. Setiap spesies dari fir biasanya dibedakan dari ukuran dan susunan daun serta ukuran, bentuk, dan susunan bunga betina.

Dedaunan[sunting | sunting sumber]

A. alba - the underside of leaves with 2 whitish strips formed by wax-covered stomatal bands
A. grandis foliage - upper side of the leaves
Atypical A. alba foliage from Dinaric calcareous fir forests on Mt. Orjen

Susunan daunnya yang unik menjadi ciri khas dari pohon Cemara perak sehingga seolah-olah terlihat seperti mangkuk. Setiap daun memiliki lapisan lilin. Warna daunnya hijau dan relatif merata ke seluruh permukaan. Jumlah stomatanya relatif sedikit. Beberapa spesies memiliki warna daun yang hijau mengkilap karena keberadaan lapisan lilin tersebut. Namun ada juga yang tidak mengkilap. Beberapa spesies memiliki daun dengan noktah di ujungnya, beberapa memiliki daun dengan ujung yang membulat, ada juga yang ujungnya tajam. Namun setiap spesies memiliki daun muda yang berbentuk runcing. Biasanya dedaunan tersusun di kedua sisi ranting dengan bentuk seperti sisir.[3]

Bunga[sunting | sunting sumber]

Intact and disintegrated Bulgarian fir cones
Immature cones of some of species or races are green, not purple-bluish. Manchurian fir.
Disintegrating cones of Manchurian fir

Runjung atau kerucut dari pohon cemara perak berbentuk tegak dan silindris dengan panjang mencapai 25 cm ketika sudah siap melepaskan bijinya. Meski ukurannya yang besar, tetapi bunganya tidak menggantung dan tetap berdiri tegak seperti lilin. Bunganya mulai tumbuh di musim panas dan mulai siap dibuahi di musim gugur. Bunga yang siap dibuahi memiliki warna yang bervariasi, dari biru dan ungu hingga coklat gelap.[3]

Pemanfaatan[sunting | sunting sumber]

Kayu pohon Cemara perak sangat terkenal namun tidak untuk digunakan sebagai bahan bangunan karena sifatnya yang lunak. Umumnya dipakai sebagai bahan baku pulp untuk pembuatan kertas atau sebagai bahan baku kayu lapis untuk desain interior. Kayu Cemara perak juga diketahui mudah dilubangi oleh serangga dan rusak oleh cuaca sehingga hanya diterapkan di dalam ruangan saja. Diperkirakan kayu ini hanya bertahan hingga 18 bulan jika digunakan di luar ruangan.

Berbagai jenis pohon Cemara perak terkenal sebagai pohon natal, dan umumnya dipilih spesies dengan daun yang beraroma serta tidak mudah rontok, seperti Abies nordmanniana, Abies procera, Abies fraseri, dan Abies balsamea.

Cemara perak juga digunakan untuk pengembang biakan berbagai jenis kupu-kupu dan ngengat.

Klasifikasi[sunting | sunting sumber]

A. fabri, Sichuan, China
A. magnifica, California, USA

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b Schorn, Howard; Wehr, Wesley (1986). "Abies milleri, sp. nov., from the Middle Eocene Klondike Mountain Formation, Republic, Ferry County, Washington". Burke Museum Contributions in Anthropology and Natural History. 1: 1–7. 
  2. ^ a b Parker, Sybil P (1984). Mcgraw-hill Dictionary of Biology. Mc-Graw Hill Company. 
  3. ^ a b Seneta, Włodzimierz (1981). Drzewa i krzewy iglaste (Coniferous trees and shrubs) (dalam bahasa Polish) (edisi ke-1st). Warsaw: Państwowe Wydawnictwo Naukowe (PWN). ISBN 83-01-01663-9. 

Bibliografi[sunting | sunting sumber]

Philips, Roger. Trees of North America and Europe, Random House, Inc., New York ISBN 0-394-50259-0, 1979.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]