Abies densa

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Jump to navigation Jump to search
Abies densa
Abies densa Wangdicholing Palace.jpg
Status konservasi
Klasifikasi ilmiah
Kingdom: Plantae
Divisi: Pinophyta
Kelas: Pinopsida
Ordo: Pinales
Famili: Pinaceae
Genus: Abies
Spesies: A. densa
Nama binomial
Abies densa
Griff.
Sinonim

Abies spectabilis var. densa (Griff.) Silba

Abies densa (Fir Bhutan) adalah spesies konifer yang termasuk dalam familia Pinaceae. Tumbuhan ini kadangkala dimasukan sebagai varietas Fir Himalaya Timur (A. spectabilis).

Pohon ini ditemukan di Bhutan, Tiongkok, India, Nepal, dan tidak dianggap sebagai spesies terancam oleh IUCN.

Pohon ini juga disebut Fir Alpen Himalaya, Abies densa adalah konifer dominan di sabuk konifer atas Himalaya tengah dan timur yang meliputi Nepal, Sikkim, Bhutan, dan berdekatan dengan Tibet hingga Burma (Myanmar) di ketinggian antara 2800 dan 3700 m. Pohon ini dapat tumbuh hingga setinggi 30– 40 (kadang-kadang sampai 60) m, dengan diameter batang kadang mencapai 2,5 m. Kulitnya berbentuk serupa pecahan pelat bersudut tebal, cabangnya berwarna kelabu-kuning saat muda, kemudian menjadi cokelat keabu-abuan hingga abu-abu. Daunya yang serupa jarum sampai 4,5  cm panjangnya, dengan tepian agak bengkok. Kerucutnya sepanjang 10  cm, berwarna kebiruan, biru abu-abu atau gelap sampai coklat kebiruan, dengan panjang bract bervariasi antara individu-individu (sedikit masuk atau dengan lebih atau kurang menonjol, lurus atau miring terbalik). Meskipun kadang-kadang disamakan dengan Abies spectabilis , spesies dengan persebaran lebih ke barat, Abies densa memiliki beberapa ciri-ciri yang membedakan, misalnya, daunnya lebih pendek, sempit, agak bengkok, dan bagian bawahnya kurang berwarna putih keperakan; Abies densa juga memiliki kerucut kecil dengan bract relatif lebih panjang daripada Abies spectabilis

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Zhang, D; Christian, T.; Carter, G.; Farjon, A.; Liao, W. & Yang, Y. (2013). "Abies densa". IUCN Red List of Threatened Species. Version 2013.2. International Union for Conservation of Nature. Diakses tanggal 3 May 2014. 

Bacaan lanjutan[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]