Yuwen Yong

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari

Data Penguasa Tiongkok

Nama Asli Yuwen Yong
Nama Raja/Panggilan Kaisar Wu Di
Periode Zaman Dinasti Utara dan Selatan
Tahun diangkat 561
Tahun meninggal 578

Yuwen Yong (543-578) berasal dari Wu Chuan, daerah administrasi Dai (sebelah barat dari wilayah modern Wu Chuan sekarang ini, bagian dalam Mongolia). Dia berkebangsaan Xianbei(suatu bangsa yang tinggal di sekitar daerah Manchuria dan Mongol timur) dan merupakan kaisar terkemuka dari dinasti Zhou Utara yang memeluk kebudayaan Tiongkok. Yuwen Yong adalah anak keempat dari Yuwen Tai, menteri senior pada zaman dinasti Wei Barat, yang mana anak lainnya, Yuwen Jue, menggulingkan dinasti Wei Barat setelah kematiannya dan mendirikan dinasti Zhou Barat.

Sejarah Pengangkatan[sunting | sunting sumber]

Pada tahun 560, kemenakan Yuwen Tai, membunuh kaisar Ming Di dan membuat Yuwen Yong menjadi kaisar dengan nama kekaisaran Wu Di.

Politik Dalam Negeri[sunting | sunting sumber]

Selama zaman Dinasti Utara dan Selatan, terdapat terlalu banyak kuil dan biksu di negara, yang merupakan tolak belakang yang tajam dengan sumber pasukan dan pendapatan pemerintahan. Karena itu, kaisar Wu Di mengumumkan pada tahun 574 untuk menghapus buddha dan taoisme. Pada tahun 577, dia mengumpul 500 biksu di kota Ye dan memaksa mereka untuk mengumumkan penghapusan ajaran buddha. Pada waktu itu biksu senior Buddha bernama HuiSeng menentang keputusan itu dan mengancam bahwa siapa saja yang penyongkong untuk menghapus buddhaisme dan taoisme akan dihukum menderita di neraka sesudah mati. Kaisar membalas bahwa selama rakyatnya mendapat hidup yang lebih baik, dia bersedia melewati semua penderitaan hukuman dineraka. Sebagai hasilnya, lebih dari 40 ribu vihara dijadikan tempat pemukiman tempat tinggal dan hampir 3 juta biksu menlanjutkan kehidupan duniawi. Hal ini banyak meningkatkan pengembangan produksi.

Hukum[sunting | sunting sumber]

tahun 577, Kaisar Wu Di mengumumkan sebuah hukum yang menetapkan standar dari beberapa hukuman untuk orang yang menyembunyikan jumlah asli luas tanah dan hasil dari tanah mereka atau mencuri barang yang dipercayakan kepada mereka. Penetapan peraturan ini memainkan peran penting dalam menyelesaikan kasus penggelapan dan pencurian pada tingkat yang rumit yang sering terjadi pada masa-masa sebelumnya.

Politik Luar Negeri[sunting | sunting sumber]

Pada tahun 577 juga, pasukan kaisar Yuwen Yong menghancurkan dinasti Qi Utara dan menyatukan bagian utara Tiongkok. Pada masa tahtanya, Tiongkok Utara menjadi kuat dan disegani oleh negeri-negeri di selatan.

Akhir Hayat[sunting | sunting sumber]

Kaisar Wu Di meninggal karena sakit pada umur 35 tahun sewaktu dia memimpin pasukan yang dibagi menjadi 5 rute untuk menyerang Turki.