Ma Ying-jeou

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Ma Ying-jeou
馬英九
Ma Ying-jeou pada tahun 2006
Presiden Republik Tiongkok
Petahana
Mulai menjabat
20 Mei 2008
Didahului oleh Chen Shui-bian
Digantikan oleh sedang menjabat
Ketua Kuomintang
Petahana
Mulai menjabat
17 Oktober 2009
Didahului oleh Wu Po-hsiung
Masa jabatan
27 Juli 2005 – 13 Februari 2007
Didahului oleh Lien Chan
Digantikan oleh Wu Po-hsiung
Walikota Taipei
Masa jabatan
25 Desember 1998 – 25 Desember 2006
Didahului oleh Chen Shui-bian
Digantikan oleh Hau Lung-pin
Informasi pribadi
Lahir 13 Juli 1950 (umur 64)
Kowloon, Hong Kong
Kebangsaan Republik Tiongkok
Partai politik Kuomintang
Suami/istri Christine Chow Ma
Alma mater Universitas Nasional
Universitas New York
Universitas Harvard
Pekerjaan Politikus
Agama Sekuler
Situs web www.ma19.net

Ma Ying-jeou (Hanzi: 馬英九, Pinyin: Ma Yingjiu, Minnan: Ma Engkiu; lahir di Hongkong, 13 Juli 1950; umur 64 tahun) adalah Presiden Republik Tiongkok (Taiwan) sejak 20 Mei 2008, mantan menteri kehakiman, mantan Walikota Taipei, dan mantan ketua Kuomintang (KMT) pada periode 2005-2007.

Biografi singkat[sunting | sunting sumber]

Ma masih merupakan keturunan dari Ma Yuan, seorang tokoh Dinasti Han. Leluhurnya berasal dari Kabupaten Xiangtan, Hunan. Ia lahir di Rumah Sakit Kwong Wah di Kowloon, Hong Kong. Ia merupakan anak keempat dan satu-satunya laki-laki dari lima bersaudara. Ma masih berumur setahun sewaktu ikut pindah bersama keluarganya ke Taiwan.

Ayahnya, Ma Ho-ling adalah anggota Kuomintang yang juga duduk sebagai pegawai negeri di pemerintahan Kuomintang. Kariernya dimulai sebagai tentara sukarelawan melawan Jepang. Sedangkan ibunya, Chin Hou-hsiu berkarier sebagai pegawai di Bank Sentral Republik Tiongkok.

Prestasi Ma tidak mengecewakan orang tuanya dengan berhasil menjadi siswa sekolah menengah favorit di Taipei, Sekolah Menengah Atas Jianguo. Lalu mengambil jurusan hukum di Universitas Nasional Taiwan. Tahun 1974, ia berhasil memenangkan beasiswa dari Kuomintang untuk belajar ke luar negeri. Dengan beasiswa itu, ia meraih gelar Master di bidang hukum dari Universitas New York, seterusnya gelar Doktor di bidang yang sama dari Universitas Harvard.

Sewaktu mengecap pendidikan di AS, ia bertemu istrinya, Christine Chow Ma. Mereka menikah di AS dan melahirkan 2 putri, Ma Weizhong dan Ma Yuanzhong.

Walikota Taipei dan Ketua Kuomintang[sunting | sunting sumber]

Ma adalah wali kota Taipei pada masa jabatan 1998 sampai 2006. Ia juga adalah ketua partai terpilih Kuomintang sejak 16 Juli 2005 setelah mengalahkan wakil ketua lainnya, Wang Jin-pyng yang juga adalah Ketua Parlemen Republik Tiongkok di Taiwan yang sekarang, dalam pemilihan Ketua Partai KMT. Ma Ying-jeou memenangi jabatan Ketua Partai dari saingannya Wang Jin-pyng dengan hampir 70% suara. Ia sedianya akan memimpin KMT untuk masa jabatan 2005 - 2009. Namun karena ditetapkan sebagai tersangka dalam kasus korupsi terkait dengan tunjangan khusus selama menjabat sebagai wali kota, ia mengajukan pengunduran diri sebagai ketua partai pada tanggal 13 Februari 2007. Pengunduran dirinya ini sangat terkait dengan pencurahan perhatian pada kampanye pemilihan presiden tahun 2008.

Pemilihan presiden 2008[sunting | sunting sumber]

Ia diajukan sebagai kandidat resmi untuk pemilihan presiden tahun 2008 oleh Kuomintang pada tanggal 2 Mei 2007. Tawarannya kepada Ketua Parlemen Wang Jin-pyng sebagai kandidat wakil presiden berpasangan dengannya ditolak oleh Wang dengan alasan tidak tertarik.

Ma kemudian berpasangan dengan Vincent Siew, yang merupakan ekonom terkemuka dan bekas perdana menteri Republik Tiongkok semasa kepresidenan Lee Teng-hui. Pasangan seperti ini dipercaya akan mendongkrak popularitas dan dukungan kepada Ma karena sesuai dengan janji politiknya untuk mencurahkan lebih banyak perhatian pemerintah pada pembangunan ekonomi.

Pada pemilihan presiden tanggal 22 Maret 2008, pasangan Ma-Siew berhasil memenangi pemilihan presiden dengan perolehan 58% suara, mengalahkan Frank Hsieh dari Partai Progresif Demokratik.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

Didahului oleh:
Chen Shui-bian
Presiden Republik Tiongkok
2008–sekarang
Petahana
Didahului oleh:
Chen Shui-bian
Walikota Taipei
19982006
Diteruskan oleh:
Hau Lung-pin
Didahului oleh:
Lien Chan
Ketua Partai Kuomintang
20052007
Diteruskan oleh:
Wu Po-hsiung