Bank Sentral Republik Tiongkok

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Bank Sentral Republik Tiongkok
中央銀行(中華民國)
Kantor pusat Bank Sentral Republik Tiongkok di #2, Seksi 1, Roosevelt Road, Taipei, 10066, Taiwan
Kantor pusat Bank Sentral Republik Tiongkok di #2, Seksi 1, Roosevelt Road, Taipei, 10066, Taiwan
Kantor pusat Bendera Republik Tiongkok Taipei, Taiwan
Didirikan (pada tahun) 1928 (Shanghai)
Gubernur 彭淮南
Fai-Nan Perng
Bank sentral dari Bendera Republik Tiongkok Republik Tiongkok
Mata uang Dolar Baru Taiwan
Kode ISO 4217 TWD
Suku bunga dasar (pinjam) 1.5% (8 Januari 2009)
Situs web www.cbc.gov.tw (Tionghoa) (Inggris)
Bank Sentral
Hanzi tradisional:
Hanzi sederhana:
Artikel ini memuat teks berbahasa Tionghoa. Tanpa dukungan multibahasa, Anda mungkin akan melihat tanda tanya, tanda kotak, atau simbol lain, selain karakter yang dimaksud.

Bank Sentral Republik Tiongkok (Taiwan),[1][2] dikenal dari tahun 1924 ke 2007 sebagai Bank Sentral Cina,[3] adalah bank sentral bermarkas di Taipei, Taiwan (Republik Tiongkok).[4] Nama hukum dan umumnya dalam bahasa Tionghoa secara harfiah diterjemahkan sebagai "Bank Sentral". Bank sentral ini dikelola di bawah Eksekutif Yuan dari pemerintah Republik Tiongkok.[5]

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Bank ini awalnya didirikan pada tahun 1924 di bawah pemerintahan Sun Yat-sen di Guangzhou. Menyusul keberhasilan Ekspedisi Utara, Bank Sentral mengambil alih peran bank sentral untuk Cina dari Bank of China pada tahun 1928, dengan kantor pusatnya di Shanghai. Sebelum tahun 1949, bank ini adalah salah satu bank nasional "Empat Besar" Cina, bersama dengan Bank of China, Bank of Communications, dan Farmers Bank of China.

Setelah hilangnya Cina daratan dalam Perang Sipil Cina dengan Kuomintang (KMT) dan mundur selanjutnya ke Taiwan pada tahun 1949, Bank Sentral Cina juga bergerak bersama dengan pemerintah ke Taiwan. Sampai dibentuk kembali sebagai bank sentral pada tahun 1961, Bank Taiwan bertindak sebagai bank sentral de facto di Taiwan. Bank Taiwan diterbitkan dolar Taiwan Baru (NTD) sampai tahun 2000, ketika Bank Sentral Cina akhirnya mengambil alih tugas. Pada tahun 2000, nama bahasa Inggris di "Central Bank of China" berganti nama menjadi "Central Bank of the Republic of China (Taiwan)" bersama dengan sejumlah mengubah nama lainnya di bawah pemerintahan Chen Shui-bian dari perusahaan milik negara dengan "Cina" pada nama mereka, seperti Chunghwa Post.

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]