Kowloon

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Kowloon
九龍
Lokasi di
Bendera Hong Kong Hong Kong
Populasi (2006)
 • Total 2.019.533
 • Kepadatan 43.033/km2 (111,450/sq mi)
Zona waktu Waktu Hong Kong (UTC+8)
Artikel ini memuat teks berbahasa Tionghoa. Tanpa dukungan multibahasa, Anda mungkin akan melihat tanda tanya, tanda kotak, atau karakter lain selain dari karakter yang dimaksud.
Kowloon
Hanzi tradisional: 九龍
Makna literal: Sembilan naga
Kowloon, Hongkong Island

Kowloon (pengucapan bahasa Inggris: [ˌkaʊˈluːn]; hanzi tradisional: 九龍; jyutping: gau2lung4) adalah kawasan perkotaan di Hong Kong yang terdiri dari Semenanjung Kowloon and New Kowloon. Kawasan di sebelah timur berbatasan dengan Lei Yue Mun, di sebelah barat dengan Mei Foo Sun Chuen dan Pulau Stonecutters, di sebelah timur dengan Gunung Tate's Cairn dan Lion Rock, serta Pelabuhan Victoria di sebelah selatan. Populasi penduduk sebanyak 2.019.533 orang dengan kepadatan penduduk 43.033/km2 (tahun 2006).

Kowloon berada di sebelah utara Pulau Hong Kong atau di sebelah selatan New Territories. Luas kawasan Semenanjung Kownloon kira-kira hanya 47 km2 atau 18.1 mi2. Sejumlah 48 persen dari total penduduk Hong Kong tinggal di Kowloon atau Pulau Hong Kong.

Sebelum Perang Dunia II, Kau Lung atau Kau-lung yang merupakan alih aksara sistematis dari 九龍 masih sering dipakai untuk nama tempat, misalnya Teluk Kau-lung daripada Teluk Kowloon. Ejaan lain yang sering digunakan adalah Kauloong atau Kawloong[1]

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Peta Kowloon tahun 1915
Senja di Semenanjung Kowloon
Gedung-gedung pencakar langit dan bekas quarry di Kowloon Timur
Kowloon (dan New Kowloon) adalah kawasan yang berbatasan dengan pegunungan di sebelah utara. Lion Rock adalah salah satu puncaknya

Nama Kowloon berarti sembilan naga yang menunjuk kepada delapan gunung dan Kaisar Tiongkok: Kowloon Peak, Tung Shan, Tate's Cairn, Bukit Temple, Unicorn Ridge, Lion Rock, Beacon Hill, Crow's Nest dan Kaisar Bing (Dinasti Song).[2]

Sebagian dari Semenanjung Kowloon, dihitung mulai dari selatan Boundary Street bersama Pulau Stonecutters diserahkan oleh Dinasti Qing kepada Kerajaan Bersatu berdasarkan Konvensi Peking 1860. Selama bertahun-tahun, kawasan ini tidak mengalami pembangunan, dan terutama hanya digunakan oleh orang Inggris untuk tempat ekspedisi perburuan harimau.[butuh rujukan]

Sebagian lagi dari Kowloon, dihitung mulai dari utara Boundary Street (New Kowloon) disewakan kepada Inggris selama 99 tahun sebagai bagian dari New Territories. Di New Kowloon terdapat kawasan yang disebut Kowloon City, di tempat ini dulunya terdapat Kowloon Walled City yang nantinya baru dibongkar pada tahun 1993. Kawasan Kowloon Walled City pada zaman Dinasti Song disebut Guanfuchang (官富場).

Pembangunan Kowloon dalam skala besar dimulai pada awal abad ke-20, ditandai dengan pembangunan Jalur Kereta Api Kowloon-Canton dan Kowloon Wharf. Namun berhubung letak Kowloon berdekatan dengan Bandar Udara Kai Tak, pembangunan gedung-gedung menjadi dibatasi karena merupakan daerah laluan pesawat terbang. Oleh karena itu, dibandingkan dengan Pulau Hong Kong, Kowloon memiliki lebih sedikit gedung pencakar langit.[2] Seusai Perang Dunia II, Kowloon menjadi sangat padat setelah pengungsi dari Republik Rakyat Tiongkok yang menempati daerah-daerah kumuh harus meninggalkan tempat tinggal mereka karena proyek pembangunan perumahan publik di Hong Kong yang bercampur baur dengan rumah tinggal pribadi, dan kawasan industri serta bisnis.

West Kowloon dulunya pernah dipakai sebagai dok untuk kapal-kapal Angkatan Laut Kerajaan Inggris. Kawasan ini sekarang sudah direklamasi dan sudah menjadi lokasi dibangunnya gedung-gedung.

Administrasi[sunting | sunting sumber]

Kowloon dibagi menjadi distrik-distrik:

Panorama kota[sunting | sunting sumber]

Panorama Semenanjung Kowloon

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Kowloon Ferry Station, Hong Kong." (foto). University of Washington Libraries. Diakses Februari 2012.
  2. ^ a b Fallon, Steve. (2006) Hong Kong and Macau. Lonely Planet Publishing. ISBN 981-258-246-0

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

Koordinat: 22°19′LU 114°11′BT / 22,317°LU 114,183°BT / 22.317; 114.183