Bandar Udara Kai Tak

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Kai Tak Airport

啟德機場
Informasi
JenisPublik, Tak beoperasi
PemilikPemerintah Hong Kong
PengelolaCivil Aviation Department
MelayaniHong Kong
LokasiKowloon Bay, Hong Kong
Dibuka25 Januari 1925
Ditutup6 Juli 1998
Ketinggian dpl9 mdpl
Peta
Kai Tak Airport di Hong Kong
Kai Tak Airport
Kai Tak Airport
Location of Kai Tak Airport in Hong Kong
Landasan pacu
Arah Panjang Permukaan
m kaki
13/31 3,390 11 Aspal (Tutup)
Peta Kai Tak

Bandar Udara Kai Tak (Mandarin: 啟德機場; pinyin: qide jichang) adalah nama populer dari bekas bandara internasional Hong Kong, predikat yang sekarang disandang oleh Bandara Chek Lap Kok sejak 6 Juli 1998. Kode IATA dan ICAOnya adalah HKG dan VHHH dan sekarang juga diambil alih oleh bandara baru. Bandara ini pernah menjadi pusat operasi Cathay Pacific, Dragonair, dan Air Hong Kong.

Satu-satunya landas pacu di bandara ini adalah landas pacu 13/31 sepanjang 3390 meter di atas tanah hasil reklamasi. Program History channel yaitu most extreme airport, menempatkannya sebagai bandar udara paling berbahaya keenam di dunia.

Keadaan geografis[sunting | sunting sumber]

Kai Tak terletak di utara Teluk Kowloon di Kowloon, Hong Kong. Sekitar bandara ini adalah pegunungan; kurang dari 10 km ke utara terdapat jajaran bukit yang mencapai tinggi 2000 kaki sedangkan di timur landas pacu terdapat perbukitan sejauh kurang dari 5 km. Di selatan bandara terdapat Victoria Harbour dan Pulau Hong Kong dengan bukit-bukit yang mencapai 1700 kaki. Karenanya, tingkat kesulitan untuk mendarat dan lepas landas di bandara ini sangatlah tinggi karena harus melewati daerah pemukiman pada ketinggian sangat rendah. Selain itu, aktivitasnya telah melebihi kapasitas.

Hasilnya, pada akhir 1980-an, pemerintah Hong Kong mencari lokasi-lokasi alternatif untuk sebuah bandara baru. Akhirnya dipilihlah Pulau Chek Lap Kok dekat Pulau Lantau. Pemindahan operasi bandara ini berlangsung sekali dalam jumlah besar, yang dimulai setelah pesawat terakhir di Kai Tak mendarat 1:28 pagi dan berakhir sebelum pesawat pertama mendarat di Chek Lap Kok pada 6:25.

Referensi[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]