Universitas Nasional Taiwan

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Universitas Nasional Taiwan
國立臺灣大學
Moto 敦品勵學˙愛國愛人
(Pelihara Moral, Majukan Kecerdasan; Cintai Negerimu, Cintai Rakyatmu)
Didirikan 1928[1]
Jenis Negeri (Nasional)
Presiden Lee, Si-chen (李嗣涔)
Staf akademik 1,793 (full time),
1,188 (joint and adjunct)
Sarjana 17,913
Magister 10,859
Lokasi Kota Taipei, Taiwan
Kampus Urban,
1.6 km² (Taipei keseluruhan),
344 km² (Kabupaten Nantou keseluruhan)
Afiliasi ASAIHL
Situs web (Inggris) (Mandarin)

Universitas Nasional Taiwan (Hanzi tradisional: 國立臺灣大學; Hanzi sederhana: 国立台湾大学;Hanyu Pinyin: Guólì Táiwān Dàxué; Tongyong Pinyin: Guólì Táiwan Dàsyué; Wade-Giles:Kuo2-li4 t'ai2-wan1 ta4-hsüeh2; POJ: Kok-li̍p Tâi-ôan Tāi-ha̍k; singkatan NTU (National Taiwan University)) adalah universitas negeri di Kota Taipei, Taiwan.

Nilai ujian saringan masuk yang diperlukan untuk masuk ke Universitas Nasional Taiwan biasanya merupakan yang tertinggi di antara seluruh universitas di Taiwan, dan dengan menggunakan peringkat ini, NTU dikenal luas sebagai universitas terbaik di Taiwan. NTU memiliki hubungan erat dengan Academia Sinica.

NTU memiliki banyak alumni yang menjadi politikus di Taiwan. Baik gerakan pan-biru dan pan-hijau di Taiwan berakar dari kampus NTU.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Sebelum bernama Universitas Nasional Taiwan, NTU bernama Universitas Imperial Taihoku (台北帝國大学 Taihoku Teikoku Daigaku), didirikan oleh pemerintah Jepang pada tahun 1928 sebagai salah satu dari universitas imperial di Kekaisaran Jepang. Presiden pertama universitas adalah Hiroshi Shidehara. Setelah perang dunia II dan dikembalikan ke kontrol pemerintah Tiongkok, pemerintah Republik Tiongkok mengubah namanya menjadi Universitas Nasional Taiwan pada tanggal 15 November 1945, dan Lo Tsung-lo ditunjuk sebagai presiden pertama. Universitas ini telah dirombak beberapa kali sejak awal pendiriannya. Sampai tahun ajaran 2004 , NTU memiliki total 11 fakultas, 54 departemen, and 96 institusi pascasarjana (yang mana memberikan 96 program majister dan 83 program doktor). Jumlah mahasiswa mencapai 29,877 pada tahun 2004. Sebuah perpustakaan baru dibangun tahun 1998 dan memiliki jumlah koleksi buku sebesar 3.000.000 jilid.

Sejarah universitas secara mendetail

Pendidikan[sunting | sunting sumber]

 Rumah Sakit Universitas Nasional Taiwan

Sistem pendidikan di NTU serupa dengan sistem pendidikan di Amerika Serikat. NTU menawarkan gelar Sarjana, Magister dan Doktor di hampir semua bidang. Mahasiswa diberikan fleksibilitas untuk memilih sejumlah pelajaran yang ditawarkan oleh semua fakultas, namun pelajaran wajib yang ditentukan oleh setiap jurusan perlu diselesaikan untuk mendapatkan gelar. Seorang mahasiswa harus memilih jurusan sebelum diterima di universitas. Beberapa jurusan memiliki daya saing yang lebih besar dari yang lainnya dan memerlukan nilai ujian nasional yang lebih tinggi. Biasanya jurusan kedokteran, teknik elektro, dan hukum adalah tiga jurusan yang paling selektif dalam menerima mahasiswa. Gelar kedokteran memerlukan waktu 7 tahun untuk diselesaikan, sedangkan jurusan yang lainnya memerlukan 4 tahun.

NTU mengharuskan setiap mahasiswa program sarjana mengambil pelajaran wajib mencakup bahasa Mandarin, bahasa Inggris, konstitusi Republik Tiongkok, kalkulus, dan sejarah(baik barat ataupun tiongkok). Fakultas kedokteran juga mengharuskan mahasiswa mengambil kelas filosofi, sosiologi, dan seminar-seminar etika dan tanatologi. Latihan militer tidak lagi menjadi pelajaran wajib untuk mahasiswa pria, tetapi menjadi persyaratan jika mahasiswa tersebut berencana menduduki jabatan officer sewaktu mengikuti wajib militer.

Kampus[sunting | sunting sumber]

Pemandangan dalam kampus utama Universitas Nasional Taiwan

Universitas Nasional Taiwan memiliki 6 kampus yang terletak di Kabupaten Taipei dan 2 kampus tambahan di Kabupaten Nantou. Universitas ini juga mengelola pertanian, hutan, dan rumah sakit untuk tujuan pendidikan dan penelitian. Kampus utama terletak di Kota Taipei, distrik Da-An, di mana hampir semua departemen dan bangunan administrasi berlokasi. Pengecualian adalah fakultas hukum dan fakultas kedokteran, yang mana berlokasi dekat Gedung Presidensial Taiwan.

Peta kampus

Presiden Universitas[sunting | sunting sumber]

Presiden Universitas Imperial Taihoku:

President Universitas Nasional Taiwan:

  • Lo Tsung-lo (羅宗洛): Agustus 1945-Juli 1946
  • Lu Chih-hung (陸志鴻): Agustus 1946-Mei 1948
  • Chuang Chang-kung (莊長恭): Juni 1948-Desember 1948
  • Fu Szu-nien (傅斯年): Januari 1949-Desember 1950
  • Shen Kang-po (沈剛伯): Desember 1950-Januari 1951
  • Chien Szu-liang (錢思亮): Januari 1951-Mei 1970
  • Yen Cheng-hsing (閻振興): Juni 1970-Juli 1981
  • Yu Chao-chung (虞兆中): Agustus 1981-Juli 1984
  • Sun Chen (孫震): Agustus 1984-Februari 1993
  • Kou Guang-hsiung (郭光雄): Maret 1993-Juli 1993
  • Chen Wei-Jao (陳維昭): Agustus 1993-Juni 2005
  • Lee Si-chen (李嗣涔): Agustus 2005-


Alumni[sunting | sunting sumber]

Alumni NTU memiliki pengaruh yang besar baik di bidang percaturan politik Taiwan maupun akademis. Banyak alumni NTU yang mendapatkan karier yang sukses di luar Taiwan, kebanyakan di Republik Rakyat Tiongkok.

NTUISA[sunting | sunting sumber]

NTUISA, singkatan dari National Taiwan University Indonesian Student Association, adalah klub di NTU yang beranggotakan mahasiswa dari Indonesia. Bahasa mandarinnya adalah 椰島社, secara harfiah berarti klub pulau kelapa. [1]

Catatan[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Sebagai Universitas Imperial Tahihoku

Pranala luar[sunting | sunting sumber]