Universitas Tokyo

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Universitas Tokyo
東京大学
bahasa Latin: Universitas Tociensis
Didirikan 1877 (Didirikan 1684)
Jenis Universitas negeri
Presiden Junichi Hamada
(濱田純一)
Staf akademik 2,429 full-time
175 part-time[1]
Staf administratif 5,779
Jumlah mahasiswa 28,697[2]
Sarjana 14,274
Magister 13,732
Doktor 6,022
Jumlah mahasiswa lain 747 siswa peneliti
Lokasi Bunkyō, Tokyo, Jepang
Kampus Urban
Warna Light Blue     
Atletik 46 tim
Maskot None
Afiliasi IARU, APRU, AEARU, AGS, BESETOHA
Situs web u-tokyo.ac.jp
U-tokyo logotype.png

Universitas Tokyo (東京大学; Tōkyō Daigaku, disingkat 東大 Tōdai) umumnya diperingkatkan sebagai universitas paling prestisius di Jepang.

Universitas Tokyo mempunyai lima kampus di Hongo, Komaba, Kashiwa, Shirokane dan Nakano dan 10 fakultas dengan total sekitar 28.000 mahasiswa, 2.100 di antaranya pelajar asing (jumlah yang besar untuk ukuran Jepang). Meski hampir segala jenis bidang akademis diajarkan di sini, ia paling terkenal akan fakultas hukum dan sastranya. Universitas Tokyo telah menghasilkan banyak politikus Jepang hebat meski kekuatan universitas ini sedang menurun.

Rival-rival Universitas Tokyo adalah Universitas Kyoto sebagai universitas negeri, dan Universitas Waseda dan Universitas Keio dan Universitas Meiji sebagai universitas swasta. Dalam bidang sains, Universitas Kyoto telah menghasilkan lebih banyak ilmuwan yang hebat dan peraih Hadiah Nobel.

Universitas Tokyo didirikan oleh pemerintah Era Meiji pada 1877 dengan menggunakan namanya seperti sekarang setelah penggabungan perguruan-perguruan tinggi negeri dalam bidang kedokteran dan pembelajaran Barat. Ia kemudian dinamakan ulang menjadi Universitas Kekaisaran (帝國大學 Teikoku Daigaku) pada 1886 dan kemudian "Universitas Kekaisaran Tokyo" (東京帝國大學 Tōkyō Teikoku Daigaku) pada 1887, ketika sistem universitas kekaisaran diciptakan. Pada 1947, setelah kekalahan Jepang pada Perang Dunia II, ia kembali bernama Universitas Tokyo.

Alumni terkenal[sunting | sunting sumber]

Perdana Menteri

Lainnya

Referensi[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]