Kaisar Tang Gaozong

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Kaisar Gaozong dari Tang

Kaisar Tang Gaozong (bahasa Tionghoa: {{{1}}}) ( 21 Juli 628[1]- 27 Desember 683[2]), terlahir Li Zhi (李治), adalah kaisar Dinasti Tang ke-3, berkuasa dari tahun 649 hingga 683 (meskipun setelah Januari 665 pemerintahan banyak diurus oleh istri keduanya, Wu Zetian). Kaisar Gaozong adalah putra dari Kaisar Taizong dari Tang.

Pada masa menjelang akhir kekuasaannya, Kaisar Gaozong banyak dibantu oleh Wu Zetian akibat serangan stroke yang menimpanya. Ia menyerahkan semua urusan negara kepada istrinya dan setelah Gaozong meninggal pada tahun 683, kekuasaan penuh jatuh ke tangan Wu Zetian.

Sejarawan memandang Kaisar Gaozong sebagai penguasa yang lemah dan menyerahkan urusan negara kepada istrinya. Selama awal kekuasaannya, perluasan kekuasaan Tang yang dimulai Kaisar Taizong berlanjut, meliputi penaklukan Baekje, Goguryeo, dan Tujue Barat. Namun pada tahun 670-an, wilayah yang telah direbut jatuh ke tangan Tufan, Silla, Khitan dan Balhae. Lebih buruk lagi, wilayah Tujue Barat dan Timur terus mengalami pemberontakan.

Referensi[sunting | sunting sumber]

Gelar kebangsawanan
Didahului oleh:
Kaisar Tang Taizong
Kaisar Dinasti Tang
649–683
Diteruskan oleh:
Kaisar Tang Zhongzong