Kaisar Song Lizong

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Zhao Yun 趙昀
Kaisar Dinasti Song
宋理宗.jpg
Memerintah 17 September 1224 – 16 November 1264
Pasangan Ratu Xie Daoqing 謝道清
Nama anumerta
Kaisar Jiandao Biade Daigong Fuxian Liwen Renwu Shenming Anxiao 建道備德大功復興烈文仁武聖明安孝皇帝
Nama kuil
Lizong 理宗
Ayah Zhao Qilao 趙希瓐
Lahir 26 Januari 1205
Meninggal 16 November 1264 (usia 59)

Kaisar Lizong (ejaan Wade-Giles: Kaisar Li-tsung; Tionghoa: 理宗; 1205–1264) merupakan kaisar keempat belas Dinasti Song, Tiongkok, dan kaisar kelima Song Selatan. Nama kecilnya adalah Zhao Yun (趙昀). Ia bertakhta dari tahun 1224 sampai 1264. Nama kuilnya dapat diartikan sebagai "Leluhur yang Proporsional". Meskipun ia merupakan keturunan pendiri Dinasti Song, Kaisar Taizu dan kemudian dianggap bagian dari keluarga kerajaan Zhao, Lizong tidak berada di garis keturunan ahli waris takhta kerajaan karena keluarganya tidak memiliki status politik. Shi Miyuan 史彌遠, yang merupakan kanselir kerajaan selama bertahun-tahun lamanya dengan Ibu Suri Yang membawa Zhao Yun ke atas takhta.

Selama empat puluh tahun masa pemerintahan Lizong tidak banyak meningkatkan negara pada saat itu. Lizong tidak tertarik di dalam urusan-urusan pemerintahan dan pada dekade pertama pemerintahannya ia mendelegasikan urusan-urusan pemerintahan negara ke tangan menterinya Shi Miyuan yang bertindak sebagai penguasa de facto ketika ia absen. Setelah kematian Shi pada tahun 1233, Lizong mendapatkan kendali penuh namun dengan cepat mengabaikan tanggung jawabnya kembali dan mendelegasikan tugas-tugasnya kepada Perdana menteri Ding Da Quan untuk bersenang-senang. Konon Lizong senang mengunjungi rumah bordil dan juga mengundang prostitusi ke dalam istana yang menimbulkan kecaman dari banyak menterinya yang setia.

Peristiwa penting di dalam masa pemerintahan Lizong termasuk runtuhnya Dinasti Jin pada tahun 1234 oleh penaklukkan Suku Mongol. Jin mengalami beberapa pertempuran melawan Song selama beberapa dekade sebelum ditaklukkan oleh Suku Mongol. Namun pada tahun 1259, Suku Mongol berbalik melawan Song. Song terpaksa menyerahkan seluruh wilayah utara Sungai Yangtze kepada Mongol. Pada tahun 1279, Mongol akhirnya akan menaklukkan seluruh negeri Tiongkok.

Lizong meninggal tanpa keturunan dan posisinya digantikan oleh keponakannya, Kaisar Duzong.

Lihat Pula[sunting | sunting sumber]

Kaisar Song Lizong
Lahir: 1205 Wafat: 1264
Gelar kebangsawanan
Didahului oleh:
Kaisar Ningzong
Kaisar Dinasti Song
1224–1264
Diteruskan oleh:
Kaisar Duzong