Wikipedia:Menentukan kelayakan artikel biografi tokoh

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Halaman ini adalah sebuah esai di Wikipedia bahasa Indonesia.
Esai ini berisi nasihat atau pendapat dari seorang atau beberapa kontributor di Wikipedia. Halaman ini bukan merupakan kebijakan atau pedoman Wikipedia, karena belum benar-benar disepakati oleh komunitas. Beberapa esai dapat menunjukkan norma yang berlaku secara luas; sedangkan yang lainnya mewakili sudut pandang minoritas.
Semua orang tentu tahu bahwa mereka ini benar-benar ada dan pernah hidup, tetapi apakah artikel tentang mereka layak berada di Wikipedia?

Wikipedia:Kelayakan artikel/Tokoh atau yang biasa disingkat WP:TOKOH adalah sebuah pedoman kelayakan artikel Wikipedia yang mengatur kelayakan artikel-artikel bertopik biografi tokoh, yang masih hidup maupun yang sudah tiada. Kebijakan tersebut cukup sering disebut-sebut dalam beberapa diskusi, dan tidak sedikit orang yang merasa bingung dengan kebijakan tersebut. Karena itulah, halaman ini dibuat untuk menjelaskan kebijakan tersebut dengan lebih rinci, mengingat kebijakan tersebut seringkali disalahpahami oleh sebagian pengguna.

Menentukan kelayakan artikel tokoh tidaklah mudah. Penentuan bagaimana subjek artikel tersebut bisa dianggap memenuhi kriteria kelayakan didasari atas banyaknya sumber yang membahas dirinya, kredibilitas sumber, notabilitas subjek, dan seberapa penting subjek untuk diketahui masyarakat secara luas. Berbagai permisalan dan istilah telah dibuat, mulai dari "WP:LUBANG", "kelayakan yang mengambang", hingga sesuatu seperti "keberadaan bukanlah penentu kelayakan", dan sejenisnya yang tujuannya adalah untuk memepermudah para pengguna baru untuk memahami cara kerja Wikipedia. Biasanya, sebuah artikel biografi baru dapat dikatakan layak apabila telah disetujui oleh komunitas secara umum.

Latar belakang[sunting sumber]

Berapa banyak pengguna Wikipedia, terutama pengguna baru, yang merasa marah (bahasa Banjar: hamuk‎, Jawa: ngamuk) dengan penghapusan artikel-artikel biografi yang baru saja mereka buat (lihat contoh). Umumnya, ini berlaku pada artikel-artikel tokoh Indonesia, yang bukan merupakan artikel terjemahan. Jika ditilik lebih lanjut, artikel-artikel buatan mereka memang sepenuhnya tidak layak, atau belum layak diterbitkan di Wikipedia. Meskipun begitu, nampaknya mereka masih bersikeras dengan pendapat mereka (yaitu bahwa artikel mereka itu layak!).

Mempromosikan seorang tokoh[sunting sumber]

Wikipedia tidak menerima promosi dalam bentuk apapun. Wikipedia adalah ensiklopedia, dan bukan tempat untuk promosi/iklan. Orang-orang yang menganggap Wikipedia sebagai tempat untuk mempromosikan suatu individu (termasuk diri sendiri) cenderung berakhir dengan kekecewaan, karena mereka tidak bisa sepenuhnya mengekspresikan "kebaikan" tokoh mereka di Wikipedia, dengan tujuan untuk mengenalkan orang tersebut. Seorang pengguna pernah berkomentar tentang bentuk promosi ini:

“Wikipedia bukan tempat promosi tokoh/kegiatan: obyek dikenal terlebih dahulu di khalayak, baru masuk ke wikipedia; bukan sebaliknya.”

Dengan demikian, mempromosikan kinerja seorang tokoh sangat tidak disarankan di Wikipedia. Apalagi jika Anda adalah kerabat atau terafiliasi dengan tokoh tersebut. Hal ini bisa dianggap sebagai konflik kepentingan.

Wikipedia bukan milik Anda![sunting sumber]

Wikipedia bukanlah milik Anda, dan tidak ada seorangpun yang memiliki setiap artikel di Wikipedia. Artikel di Wikipedia adalah milik bersama, dan semua pengguna memiliki hak untuk menyunting artikel tersebut. Pengecualian untuk hal ini adalah artikel-artikel yang dikunci untuk mencegah tindak vandalisme atau suntingan yang mengganggu.

Artikel tentang Anda[sunting sumber]

Anda tidak diperkenankan untuk membuat artikel tentang diri Anda sendiri, dan artikel tentang diri Anda belum tentu juga "perlu ada" di Wikipedia. Jikalau Anda benar-benar terkenal, maka orang lain tentu akan membuat artikel biografi Anda suatu saat nanti, yang perlu Anda lakukan hanyalah menunggu dan berdoa. Apabila Anda masih bersikeras dengan pendapat Anda (bahwa diri Anda layak masuk Wikipedia), maka Anda telah terkena sindiran berikut ini:

Saat kami senang kalian bisa bergabung di Wikipedia, ingatlah... Wikipedia bukan tentang kamu.

— WP:KAMU

Apabila Anda adalah orang tidak terkenal yang ingin sekali masuk Wikipedia, mungkin Anda bisa membaca beberapa tips supaya artikel tentang Anda dimuat di Wikipedia.

Penjabaran kriteria umum[sunting sumber]

Sebuah artikel bertopik biografi tokoh akan dianggap layak, apabila memenuhi minimal satu dari lima kriteria umum.[a] Sehingga, ada lima jalur di mana seorang tokoh bisa dibuatkan artikelnya di Wikipedia. Namun, kelima jalur tersebut dapat diringkas menjadi tiga jalur, yang dapat disebut dengan 3 M.

Mendapat publikasi[sunting sumber]

Benjamin Guggenheim, penumpang kapal Titanic yang tenggelam dan publikasi mengenai dirinya (lebih tepatnya, detik-detik kematiannya) yang langsung melambungkan popularitasnya. Inilah yang disebut sebagai "publikasi."

Seorang tokoh yang telah mendapat publikasi berulang kali dari banyak sumber tepercaya dapat dibuatkan artikelnya di Wikipedia. Dalam hal ini, tokoh haruslah mendapat publikasi dari referensi tepercaya yang secara khusus hanya membahas mengenai tokoh tersebut (non-trivial), hal ini telah disebutkan dalam WP:TOKOH itu sendiri,

Mendapat publikasi berarti tokoh telah dibahas atau menjadi subjek khusus sebuah artikel. Tidak termasuk apabila tokoh hanya semata-mata namanya disebutkan saja tanpa dibahas, atau bila tokoh hanya telah membuat sejumlah puisi, cerpen, atau artikel yang pernah diterbitkan di media massa.

Sumber-sumber trivia, alias sumber yang topik utamanya bukanlah pembahasan mengenai tokoh tersebut, secara umum tidak dapat digunakan sebagai referensi. Namun, terdapat pengecualian untuk hal ini, misalnya: sumber digunakan untuk mendukung argumen tentang sebuah kejadian yang terjadi pada masa pemerintahan seorang pemimpin. Sumber yang digunakan dalam artikel biografi tokoh juga haruslah sumber sekunder (contohnya: artikel berita dan jurnal ilmiah) dan bukan sumber primer.

Selain itu, tokoh haruslah dibahas berulang kali, artinya tidak hanya dibahas sekali/dua kali melainkan berkali-kali. Hal ini bisa dilihat dari banyaknya sumber yang membahas mengenai biografi tokoh tersebut, atau banyaknya publikasi tepercaya terkait tokoh tersebut. Cara umum untuk membuktikan hal ini adalah dengan melakukan pencarian di beberapa peramban web (misalnya: Google, Firefox, Yandex, dsb).

Menjadi subjek biografi independen[sunting sumber]

Selain mendapat banyak publikasi, seorang tokoh juga bisa dibuatkan artikelnya di Wikipedia apabila telah menjadi subjek biografi yang independen. Artinya, tokoh tersebut telah dibahas pada media yang tidak terafiliasi (berhubungan) dengan tokoh tersebut. Sumber autobiografi, alias biografi yang ditulis oleh diri sendiri, tidak boleh dimasukkan ke dalam artikel-artikel tokoh. Sumber-sumber yang independen cenderung ditulis berdasarkan opini penulisnya, tidak dipengaruhi secara langsung oleh subjeknya (dalam hal ini adalah tokoh yang dibahas).

Menerima penghargaan atau diakui[sunting sumber]

Menerima beberapa penghargaan yang signifikan adalah salah satu faktor pendukung mengapa artikel Azyumardi Azra bisa disebut layak.

Seorang tokoh yang telah menerima sebuah penghargaan tingkat nasional/internasional yang signifikan, dan membuatnya diliput oleh banyak media, serta dikenal secara luas oleh publik dapat dibuatkan artikelnya di Wikipedia. Contoh untuk hal ini adalah artikel tokoh-tokoh yang diberi gelar Pahlawan nasional Indonesia, dan dikenal atas kontribusinya dalam kemerdekaan negara Indonesia.

Tokoh yang telah diakui kontribusinya oleh sejarawan dan telah dicatat dalam buku-buku sejarah juga dianggap layak, selama ada pembahasan dari sumber terpercaya yang dapat diandalkan. Contoh untuk hal ini adalah artikel para Sahabat Nabi, Para Rasul, Para penguasa Jawa, dsb.

Penjabaran kriteria khusus[sunting sumber]

Kriteria khusus sangat berbeda dengan kriteria umum. Kriteria khusus dibuat sesuai dengan masing-masing topik artikel biografi, dan masih terikat dengan kriteria umum. Saat ini, terdapat enam kriteria khusus kelayakan artikel biografi, yang dibagi per topik.

Politikus[sunting sumber]

John F. Kennedy dan Soekarno
Kedua orang ini adalah contoh dari sejumlah politikus yang artikelnya benar-benar layak.

Seorang tokoh politikus yang pernah atau sedang memegang jabatan setingkat internasional (presiden, perdana menteri, raja, sultan, kaisar, khalifah, anggota kabinet, dll) maupun nasional (bupati, gubernur, anggota DPR, lurah, camat, dll) dapat dibuatkan artikelnya asalkan memenuhi kriteria umum di atas. Artinya, tokoh-tokoh politik tersebut haruslah dikenal secara luas, dan mendapat banyak publikasi dari beragam sumber tepercaya. Politikus tanpa suatu pencapaian yang signifikan umumnya tidak boleh dibuatkan artikelnya.

Berdasarkan pengalaman para pengurus Wikipedia bahasa Indonesia, artikel bertopik biografi politikus yang memegang jabatan di bawah bupati (lurah, camat, kades, dsb) umumnya tidak layak, dikarenakan keterbatasan sumber tepercaya yang membahas terkait biografinya. Pengecualian untuk hal ini adalah ketika artikel-artikel tersebut telah memenuhi kriteria umum di atas.

Olahragawan[sunting sumber]

Artikel bertopik biografi olahragawan akan dianggap layak apabila subjeknya telah mengikuti pertandingan tingkat internasional, pernah bermain di klub profesional (misalnya seperti Cristiano Ronaldo yang bermain di Barcelona FC, mewakili negaranya maupun tidak). Olahragawan yang pernah bermain di kompetisi tertinggi olahraga amatir juga termasuk dalam kriteria umum ini. Tentu saja, mereka dianggap layak apabila telah mendapatkan banyak publikasi dari sumber tepercaya dan telah dibahas berulang kali dalam media massa berskala nasional.

Tokoh dunia hiburan[sunting sumber]

Tokoh dunia hiburan, termasuk aktor-aktris, pelawak, maupun pembawa acara televisi dapat dibuatkan artikelnya di Wikipedia apabila memiliki peran yang penting dalam film, televisi, teater, atau produksi signifikan lainnya. "Peran penting" dalam konteks tersebut adalah pemeran utama, pemeran pembantu, sutradara, penulis, produser, atau pihak yang memiliki kontribusi besar lainnya dalam pembuatan sebuah karya hiburan. Karya hiburan tersebut juga telah dibahas oleh sumber-sumber tepercaya, atau menjadi subjek pembahasan dalam sebuah buku atau film, review independen pada media yang tepercaya.

Tokoh dunia hiburan juga haruslah memiliki kontribusi yang unik atau inovatif pada bidangnya yang membuatnya dikenal. Dalam hal ini, subjek artikel biografi tokoh dunia hiburan haruslah dikenal secara luas oleh publik.

Seniman dan ilmuwan[sunting sumber]

Siapa yang berani meragukan kelayakan Leonardo da Vinci sebagai seorang seniman?

Artikel bertopik biografi seniman dan ilmuwan dapat dibuat apabila subjek artikel tersebut telah menerbitkan atau membuat karya yang diakui atau sukses secara nasional atau internasional. Definisi dari "karya yang diakui" ini telah dibahas dalam WP:TOKOH,

Suatu karya atau penemuan dianggap diakui, signifikan, atau penting, apabila karya atau penemuan tersebut telah menjadi subjek pembahasan dalam sebuah buku atau film, atau artikel atau review independen periodik pada media yang tepercaya.

Seorang ilmuwan dapat dibuatkan artikel biografinya apabila ia telah menghasilkan teori, konsep, atau teknik baru yang signifikan, contoh untuk hal ini adalah Nicolaus Copernicus, penemu teori Heliosentrisme. Alternatif lainnya, ilmuwan tersebut telah menghasilkan penemuan atau terlibat dan mempunyai kontribusi besar dalam suatu penemuan penting. Misalnya Cai Lun yang merupakan penemu kertas atau Urbain Le Verrier yang terlibat dalam penemuan planet Neptunus.

Sementara itu, seorang seniman dapat dibuatkan artikelnya apabila telah memiliki karya yang ditampilkan secara permanen di museum atau galeri tingkat nasional atau internasional. Contoh untuk hal ini adalah Leonardo da Vinci yang terkenal akan lukisannya, Mona Lisa.

Tokoh militer dan kepolisian[sunting sumber]

Seorang tokoh militer yang ingin dibuatkan artikelnya harus pernah menjabat jabatan setingkat perwira tinggi atau di atasnya; untuk pemegang jabatan di bawah perwira tinggi, maka harus memenuhi kriteria umum di atas (misalnya pernah mendapatkan bintang militer Indonesia atau yang setara di luar Indonesia). Bagi tokoh-tokoh pemegang jabatan di bawah perwira tinggi, perlu memiliki pencapaian yang signifikan (non-trivial), selain hanya kepangkatan. Kemudian, Informasi mengenai jabatan dan riwayat jabatan, tempat dan tanggal lahir, almamater harus dapat dipastikan melalui sumber terpercaya. Jika tidak, informasi-informasi tersebut tidak boleh dicantumkan. Artikel-artikel non-biografi yang terkait (misalnya Korem/Kodim, dll.) yang berisi daftar pemegang jabatan dibatasi hanya pada data yang bisa diverifikasi, dan nama selain perwira tinggi ke atas tidak diberi pranala wiki.

Berdasarkan pengalaman para pengurus Wikipedia bahasa Indonesia, atau para pengamat kelayakan artikel di Wikipedia bahasa Indonesia, artikel-artikel biografi tokoh militer yang memiliki pangkat di bawah perwira tinggi umumnya tidak boleh memiliki artikel sendiri. Hal itu dikarenakan keterbatasan informasi, dan bahkan informasi yang tersedia biasanya hanya berupa riwayat jabatan maupun kepangkatan, dan bahkan terkadang tidak memiliki referensi sama sekali.

Pembuat konten[sunting sumber]

Mungkin ini terdengar agak sedikit gila, akan tetapi hanya tokoh yang telah mendapatkan Red Diamond Creator Award dan sejenisnya yang artikelnya mampu mencapai "kelayakan sejati" dari artikel-artikel pembuat konten di Wikipedia.

Kriteria ini umumnya tidak berlaku untuk tokoh-tokoh yang tidak menjadikan pembuatan konten sebagai pekerjaan utamanya. Misalnya, Ganjar Pranowo tetap tidak bisa dikatakan sebagai TikToker meskipun telah memiliki 1,1 juta orang pengikut; melainkan tetap diafiliasikan sebagai politikus. Contoh artikel-artikel pembuat konten adalah artikel-artikel bertopik YouTuber (seperti MiawAug dan Technoblade) TikToker, Streamer dan sebagainya.

Sebuah artikel konten kreator dianggap layak apabila subjek artikelnya telah dikenal secara luas oleh publik, artinya memiliki popularitas tinggi dan banyak publikasi dari sumber tepercaya. Pembuat konten juga haruslah dikenal karena konsistensinya dalam berkarya dan bukan karena viral sesaat. Kemudian, konten utama yang dibuat bukanlah berisi promosi/iklan suatu produk (barang dan/atau jasa) semata. Pembuat konten yang telah mendapat penghargaan yang siginfikan (selain Penghargaan Kreator YouTube), dan telah diliput oleh media massa; serta pembuat konten yang telah menimbulkan kontroversi besar (misalnya seperti Dream) yang telah dimuat dalam banyak publikasi tepercaya, juga dapat dibuatkan artikel mengenai dirinya. Untuk para YouTuber, pembuat konten yang mendapatkan penghargaan di bawah Diamond Creator Award (misalnya baru mendapat Gold Play Button atau Silver Play Button) biasanya tidak boleh memiliki artikel sendiri, kecuali telah mendapatkan penghargaan lain yang lebih signifikan, atau telah dikenal secara luas dan telah dibahas secara berulang kali oleh banyak media massa tepercaya berskala nasional.[b]

Untuk kriteria jumlah pengikut (Subscribers maupun Followers), tokoh tersebut harus telah memiliki minimal 1.000.000 pengikut dan memiliki minimal 10.000.000 penayangan untuk YouTube atau memiliki minimal 250.000 pengikut dan memiliki minimal 1.000.000 penayangan untuk TikTok dan platform lainnya. Selain itu, akun pembuat konten juga haruslah telah terverifikasi oleh platform tersebut (centang biru atau sejenisnya).

Meskipun begitu, kriteria jumlah pengikut dan penayangan ini umumnya diabaikan dalam sejumlah keadaan dan tidak dapat dijadikan acuan kelayakan artikel tersebut. Seorang pengguna pernah memberikan pendapatnya terkait kriteria pengikut ini:

“...jumlah follower sendiri adalah sumber primer dan tidak cukup untuk mengindikasikan notabilitas tokoh...”

Berdasarkan pandangan di atas, kriteria jumlah pengikut maupun kriteria jumlah penayangan tidak bisa dijadikan acuan kelayakan artikel-artikel pembuat konten. Hal itu dikarenakan jumlah pengikut adalah sumber primer, dan membuat sebuah kesimpulan (dalam hal ini adalah kelayakan artikel tersebut) dari sumber primer adalah riset asli, sementara riset asli dilarang di Wikipedia. Kelayakan artikel tokoh dilihat dari banyaknya sumber tepercaya dan referensi yang dimiliki oleh artikel tersebut, bukan pada jumlah pengikut. Sehingga, kriteria ini bisa saja bersifat subjektif.

Kelayakan artikel biografi[sunting sumber]

Biografi orang hidup[sunting sumber]

Kebijakan Wikipedia terkait artikel bertopik biografi tokoh yang masih hidup menyatakan,

Usahakan selalu mengambil rujukan berkualitas tinggi, terutama mengenai detail tokoh yang masih hidup. Bahan-bahan tanpa sumber atau kontroversi yang memiliki rujukan lemah (negatif, positif, atau sangat dipertanyakan) mengenai tokoh yang masih hidup dapat dihapus langsung dari artikel, halaman pembicaraan, dan halaman pengguna di Wikipedia.

Sebuah artikel terkait biografi tokoh yang masih hidup di Wikipedia haruslah ditulis dengan lengkap. Usahakan untuk membahas secara detail dan perinci mengenai kehidupan dan karier tokoh tersebut. Artikel-artikel biografi tokoh yang masih hidup haruslah ditulis dengan akurat dan sesuai dengan sumber-sumber yang diberikan. Jangan menambahkan materi tak bersumber ke dalam artikel, hal itu bisa saja diidentifikasi sebagai fitnah. Sumber yang diberikan juga haruslah dapat dipercaya, dan bisa dipastikan kebenarannya.

Artikel tentang tokoh yang telah tiada[sunting sumber]

Nabi Islam Muhammad (atas), dan para Khulafaur Rasyidin (dari Subhat al-Akhbar, Perpustakaan Nasional Austria), lebih mudah untuk menulis artikel tentang mereka daripada menulis satu artikel biografi tokoh yang masih hidup.

Lebih mudah untuk menulis artikel tentang tokoh yang telah meninggal dunia daripada membuat artikel tentang tokoh yang masih hidup. Hal itu dikarenakan informasi terkait tokoh yang telah lama meninggal terekam dengan sempurna dan umumnya menjadi bagian dari catatan sejarah.

Sementara artikel-artikel tokoh yang masih hidup harus diperhatikan bahwa informasi yang ada artikel akurat dan sesuai dengan apa yang tercantum pada sumbernya, dan apabila sesuatu terjadi dengan tokoh tersebut (dan kejadian tersebut diliput oleh media secara luas), maka Wikipedia dapat mempertimbangkan untuk mengembangkan lagi artikel biografinya. Sebagai contoh, pembunuhan Khalifah Umar bin Khattab tidak akan pernah berubah, karena penyebab, pelaku, dan kronologi kematiannya sudah sangat jelas; namun ketika banding Ferdy Sambo diterima oleh Mahkamah Agung Republik Indonesia dan hukumannya diringankan dari hukuman mati menjadi penjara seumur hidup, kita harus merombak informasi yang ada pada artikel karena hal itu merupakan salah satu tanggung jawab kita sebagai sebuah ensiklopedia.

Technoblade, bahkan baru memiliki artikel di Wikipedia dan dianggap "layak" setelah ia meninggal dunia. Akan tetapi, Technoblade never dies!!

Bahkan, Ironisnya, terkadang artikel seorang tokoh baru dianggap "layak" ketika tokoh tersebut telah tiada. Hal ini pernah terjadi pada kasus Technoblade,[c] sementara Technoblade sendiri adalah orang yang sangat dikenal dalam komunitas Minecraft, sebuah komunitas permainan video yang sangat besar, dengan 170 juta orang memainkannya setidaknya sebulan sekali, dan lebih dari 15 juta orang memainkan permainan tersebut setiap hari. Technoblade sendiri, penayangan satu videonya bisa mencapai 1 sampai 5 juta penayangan (bahkan video terakhirnya memiliki 87 juta penanyangan!), jumlah ini sendiri masih lebih banyak dibandingkan penayangan acara televisi atau radio yang dianggap cukup terkenal untuk dibuatkan artikelnya di Wikipedia. Jadi, Apakah pedoman notabilitas Wikipedia terlalu keras sehingga menyebabkan orang-orang yang terkenal di dalam sebuah komunitas besar seperti Technoblade menjadi tidak memiliki artikel tentang dirinya sampai ia meninggal dunia? Tidak! Wikipedia bekerja berdasarkan sumber yang ada; sementara sebagian besar sumber cenderung menulis tentang apa yang mereka sukai (terutama tentang diri mereka sendiri), dan mereka jarang meliput tokoh-tokoh terkenal di dalam komunitas lain selain komunitas mereka sendiri. Dengan kata lain, Wikipedia harus menunggu BBC, CNN, dan banyak media lain untuk meliput seorang tokoh, barulah artikel tentang tokoh tersebut layak di Wikipedia.

Namun, perlu diketahui bahwa tidak semua tokoh yang telah tiada bisa dibuatkan artikelnya. Salah satu pedoman umum di Wikipedia adalah bahwa kita wajib menyebutkan sumber agar dapat memperkuat klaim yang kita berikan. Walaupun tokoh tersebut telah meninggal dunia, namun jika tidak dibahas secara berulang kali oleh banyak sumber tepercaya, maka hal itu tidak akan mempengaruhi kelayakannya (dengan kata lain, artikelnya tetap tidak layak).

Keberadaan bukanlah penentu kelayakan[sunting sumber]

Anda mungkin akan terpikir: "Tapi tokoh tersebut benar-benar ada!." Jawabannya sederhana, jika tidak didukung oleh publikasi berulang dari sumber yang tepercaya, maka artikel tersebut tidak bisa disebut "layak." Kelayakan dipengaruhi oleh beberapa hal, di antaranya adalah sumber dan juga klaim istimewa. Klaim istimewa yang dimaksud di sini adalah "apa yang membuat tokoh ini dikenal secara luas oleh publik dan menyebabkan banyak publikasi mengenai dirinya?" Apabila sebuah artikel tidak bisa memberikan sebuah klaim istimewa yang membuat tokoh yang menjadi alasan mengapa subjek artikel tersebut populer, maka artikel tersebut berpotensi untuk terkena penghapusan WP:KPC#A7. Contoh ringan untuk hal ini adalah artikel Joko Widodo, hal apa yang membuatnya terkenal sehingga diliput oleh banyak media? Tentu karena ia adalah Presiden Indonesia yang ke-7. Lebih lanjut, silakan kunjungi WP:ENN atau WP:LUBANG yang telah membahas panjang lebar mengenai masalah ini.

Sumber tepercaya[sunting sumber]

Definisi sumber tepercaya telah dibahas secara khusus oleh WP:ST. Secara umum, sumber tepercaya adalah sumber-sumber yang dinilai tepercaya berdasarkan sifat publikasinya. Banyaknya sumber tepercaya yang membahas seorang tokoh menandakan (serta membuktikan) bahwa tokoh tersebut memang benar-benar terkenal. Ketiadaan sumber tepercaya dalam suatu artikel akan sangat berakibat buruk, akibat ini telah dibahas di WP:ST,

Sumber harus diberikan sebisa mungkin; suntingan tanpa rujukan atau diragukan rujukannya dapat dipertanyakan dan dibuang setiap saat. Kadang lebih baik tidak memiliki informasi sama sekali dari pada memiliki informasi tanpa rujukan

Lebih baik tidak memiliki informasi, daripada informasi yang diberikan tidak jelas rujukannya. Berikut ini adalah beberapa pembahasan mengenai sumber-sumber yang sering digunakan untuk artikel biografi:

Termasuk sumber tepercaya[sunting sumber]

Web berita[sunting sumber]

Referensi situs web berita yang memperlihatkan berita terkini seperti CNN, BBC, TvOne termasuk media yang dapat dipercaya. Hal ini dikarenakan peliputan berita umumnya dilakukan secara langsung ke lokasi tempat kejadian, atau meminta pendapat para ahli terkait sebuah peristiwa. Peliputan berita juga umumnya tidak dibayar atau tidak terafiliasi langsung dengan subjek beritanya, sehinga peliputan berita umumnya ditulis berdasarkan pendapat dan pengalaman penulis liputan itu sendiri.

Video berita[sunting sumber]

Ada perbedaan pendapat yang masih berlangsung antara Wikipediawan mengenai apakah video berita yang disiarkan secara langsung (live streaming) maupun video yang tidak disiarkan secara langsung (artinya merupakan video terpisah) termasuk sumber yang dapat dipercaya. Informasi pada video berita, sama seperti web berita, juga melalui peliputan secara langsung. Sehingga, informasinya umumnya bisa dipertanggungjawabkan. Namun, kriteria ini hanya berlaku untuk video berita, tidak termasuk video-video umum lain yang tidak disiarkan secara informatif, seperti video-video gosip, kabar sekilas, video viral, dan yang lainnya.

Bukan sumber tepercaya[sunting sumber]

Media sosial[sunting sumber]

Referensi dari media sosial (Facebook, Instagram, Twitter, dsb) sangat tidak disarankan. Hal ini dikarenakan media sosial dipublikasikan oleh pribadi, tanpa adanya kepastian dan jaminan bahwa informasi yang diberikan bisa dipercaya. Seorang pengurus pernah menyamakan media sosial dengan sumber primer (lihat), sedangkan Wikipedia diharapkan mengandalkan sumber sekunder. Pandangan bahwa media sosial adalah sumber primer umumnya dapat diterima, hal itu dikarenakan media sosial berisikan opini pribadi yang tidak dibuktikan oleh jurnal ilmiah yang tepercaya manapun dan tidak dicatat di dalam buku ilmiah tepercaya manapun. Sementara itu, membuat kesimpulan berdasarkan sumber primer adalah riset asli, dan riset asli dilarang di Wikipedia.

Pandangan umum di Wikipedia bahasa Indonesia adalah bahwa media sosial bukan termasuk sumber yang dapat dipercaya. Sehingga, pengutipannya harus dihindari sebisa mungkin. Hal ini juga disebabkan oleh keterandalan sumber media sosial sendiri yang masih cukup diragukan.

Gaya penulisan yang tidak disarankan[sunting sumber]

Gaya penulisan sebuah artikel haruslah gaya penulisan yang ensiklopedis, berupa paragraf yang memuat informasi berbobot. Apabila tidak ditulis dalam bentuk paragraf, maka informasi bisa saja menjadi tidak jelas, maupun membuat artikel menjadi berantakan. Gaya penulisan yang baik dan benar telah diatur dalam Wikipedia:Pedoman gaya.

Penulisan yang hiperbolis[sunting sumber]

Hiperbolis dalam konteks biografi adalah sebuah kata yang umumnya merujuk kepada sejumlah frasa yang terkesan melebih-lebihkan suatu individu yang menjadi subjek biografi. Umumnya, penggunaan kalimat hiperbolis pada artikel-artikel biografi ditandai dengan istilah-istilah kehormatan, seperti beliau dan wafat. Kata ganti beliau sangat tidak disarankan untuk digunakan di Wikipedia, kebijakan WP:BELIAU telah membahas lebih jauh tentang hal ini; penyebabnya, tentu saja, adalah karena setiap artikel Wikipedia harus ditulis berdasarkan sudut pandang netral dan tidak boleh melebih-lebihkan subjek artikel. Mengenai wafat, ini adalah frasa hiperbolis yang berkaitan dengan kematian suatu individu yang dihormati. Kalau frasa ini hanya digunakan pada individu yang dihormati, maka bagaimana dengan mereka yang tidak dihormati? Karena itulah, setiap frasa wafat sebaiknya diganti dengan frasa lain yang lebih netral, seperti kematian, meninggal dunia atau hanya meninggal.

Hiperbolis tidak hanya berkaitan dengan kata wafat dan beliau, melainkan juga kalimat yang terkesan melebih-lebihkan atau markah wiki yang berlebihan. Sebuah contoh bisa dilihat di bawah ini:

... Selama berada di Madinah Al-Munawwarah, BELIAU mempelajari kitab'Al-Muwatta,Sebuah Kumpulan Hadits2 Rasulullah Muhammad SAW Yang disusun seumur hidup Oleh Imam Malik bin Anas,Mufti Madinah Al-Munawwarah dan pendiri Mazhab MALIKI.

Versi netral (sederhana):

... Selama berada di Madinah, ia mempelajari al-Muwatta, sebuah kumpulan hadis nabi Islam Muhammad yang disusun oleh Malik bin Anas, mufti Madinah dan pendiri mazhab Maliki.

Selain itu, berlebihan dalam memuji dan menggambarkan suatu kejadian secara tidak netral juga termasuk dalam hiperbolisasi. Di bawah ini merupakan contoh paragraf hoperbolis yang berlebihan dalam memuji,[d]

Tejo adalah seorang tokoh muda yang bersemangat dan berdedikasi untuk menciptakan perubahan positif bagi Indonesia. Pemuda berdarah Dayak Ngaju yang dilahirkan dari keluarga sederhana ini merupakan aktivis yang saat ini sedang menjabat sebagai Ketua Umum Partai Maju Maju Mapan (PMMM). Terpilihnya kembali Tejo sebagai Ketua Umum PMMM tidak lepas dari prestasi besar yang telah dicapai olehnya saat pertama kali mengemban amanat sebagai Ketua Umum PMMM. Selama kepemimpinan Tejo yang hanya dalam waktu satu tahun, PMMM menjelma menjadi partai politik yang bisa merebut perhatian publik dan memenangkan pemilu tiga kali berturut-turut. PMMM berlari kencang menyusul Partai Golkar, PDI-P, Gerindra, PPP dan parpol lainnya. Hingga saat ini, dalam benak masyarakat Indonesia mengenang PMMM sebagai salah satu partai politik yang paling terdepan di Indonesia.

Ini adalah paragraf atau klaim yang tidak perlu, berlebihan, dan sangat tidak ensiklopedis. Ringkasnya, tidak berfaedah bagi pembaca untuk mengetahui "jasa besar yang dilebih-lebihkan" dari "ketokohan sosok Tejo". Karena kebanyakan pembaca hanya ingin mengetahui siapa sosok Tejo, dan beberapa di antara pembaca mungkin tidak mengaharapkan kalimat-kalimat advertorial seperti itu. Terlebih, Wikipedia merupakan ensiklopedia bebas yang independen dan netral, bukan tempat untuk menaikkan derajat suatu orang atau golongan.

Pengecualian untuk hal ini adalah apabila kalimat-kalimat tersebut telah menjadi kutipan yang sengaja dikutip untuk memperlihatkan narasi mengenai suatu peristiwa atau keadaan seseorang, juga apabila telah menjadi kutipan pada referensi. Selagi gaya penulisannya tidak terlalu berlebihan, kalimat asal tetap harus dipertahankan. Apabila gaya penulisam pada kalimat yang akan dikutip dirasa terlalu berlebihan atau membingungkan, maka umumnya refrasa boleh dilakukan, dengan catatan harus diberitahukan bagian mana yang direfrasa.

Khusus untuk topik biografi tokoh dalam tradisi keagamaan Islam, penggunaan Saw, Swt, Ra, dsb sebaiknya dihindari. Penjelasan lanjutan dapat dilihat di WP:GELARISLAM.

Résumé[sunting sumber]

Résumé, atau Curriculum vitae (CV) adalah sebuah gaya penulisan yang mengandalkan daftar berpoin untuk menjelaskan riwayat kehidupan seseorang. Gaya penulisan ini sangat tidak disarankan di Wikipedia, karena akan membuat informasi yang ada terkesan tidak memerlukan referensi dan terbatas hanya pada daftar berpoin. Tidak jarang, artikel-artikel résumé ini tanpa referensi, atau minim referensi. Alih-alih menggunakan résumé, gunakanlah gaya penulisan dengan memakai paragraf.

Berikut ini adalah contoh gaya penulisan resume beserta perbaikannya yang terjadi pada artikel I Made Damriyasa:[e]

Dengan gaya penulisan résumé (versi yang tidak disarankan)

Riwayat Pendidikan[sunting sumber]

  • Dokter Hewan, Universitas Airlangga (1987)
  • Magister Ilmu Kedokteran Dasar, Universitas Airlangga (1993)
  • Doktor di Bidang Parasitologi, Justus Liebig Universität Giessen (2001)

Riwayat Jabatan[sunting sumber]

  • Kepala Laboratorium Patologi Klinik Veteriner Fakultas Kedokteran Hewan Universitas Udayana (2002-2006)
  • Koordinator Center for Studies on Animal Diseases (Kerjasama FKH UNUD dengan Institute of Parasitology JLU Giessen Germany) (2002)
  • Dekan Fakultas Kedokteran Hewan Universitas Udayana (2006-2010)
  • Dekan Fakultas Kedokteran Hewan Universitas Udayana (2010-2014)
  • Sekretaris Senat Universitas Udayana (2010- 2014)
  • Ketua Badan Pertimbangan Rektor Universitas Udayana (2010- 2014)
  • Ketua Asosiasi Fakultas Kedokteran Hewan Indonesia (2012)
  • Ketua Asosiasi Patobiologi Indonesia Cabang Bali (2010)
  • Pembantu Rektor Bidang Akademik Universitas Udayana (2013-2017)
  • Rektor Universitas Hindu Indonesia Denpasar (2018-2022, 2022-2026)
  • Koordinator Kelompok Ahli Pembangunan Provinsi Bali (2018-sekarang)
  • Penasehat Asosiasi Perguruan Tinggi Swasta Wilayah Bali (2021-2026)
Tanpa gaya penulisan résumé (versi netral)

Pendidikan[sunting sumber]

I Made Damriyasa menyelesaikan pendidikan dokter hewan di Universitas Airlangga pada tahun 1987. Pada 1993, ia menyelesaikan studi pendidikan Magister Ilmu Kedokteran Dasar di Universitas Airlangga. Pada tahun 2001 ia memperoleh gelar doktor kedokteran hewan dari Justus Liebig Universität Giessen dengan mendalami bidang ilmu parasitologi.

I Made Damriyasa menjadi Kepala Laboratorium Patologi Klinik Veteriner Fakultas Kedokteran Hewan Universitas Udayana pada periode 2002 hingga tahun 2006. Di tauun 2002, ia juga sempat menjadi Koordinator Studies on Animal Diseases yang bekerjasama FKH UNUD dengan Institute of Parasitology JLU Giessen, Jerman. Selama 2006 hingga 2010, ia menjadi Dekan Fakultas Kedokteran Hewan Universitas Udayana. Selanjutnya, pada 2010 hingga 2014, ia menjadi Dekan Fakultas Kedokteran Hewan Universitas Udayana; ia juga menjabat sebagai Sekretaris Senat Universitas Udayana dan Ketua Badan Pertimbangan Rektor Universitas Udayana. Ia juga menjadi Ketua Asosiasi Patobiologi Indonesia Cabang Bali di tahun 2010.

Pada 2012, I Made Damriyasa menjadi Ketua Asosiasi Fakultas Kedokteran Hewan Indonesia. Setelahnya, ia menjabat sebagai Pembantu Rektor Bidang Akademik Universitas Udayana selama 2013 hingga 2017. Kemudian, ia terpilih sebagai Rektor Universitas Hindu Indonesia di Denpasar dan memulai masa jabatannya sejak 2018 hingga 2022. Pada 2022, ia terpilih lagi sebagai Rektor Universitas dan memulai masa jabatan keduanya. Ia juga menjabat sebagai Koordinator Kelompok Ahli Pembangunan Provinsi Bali (mulai tahun 2018) sekaligus Penasehat Asosiasi Perguruan Tinggi Swasta Wilayah Bali sejak tahun 2021.

Kelayakan yang mengambang[sunting sumber]

Istilah "Kelayakan yang mengambang" akan muncul ketika terdapat sesuatu yang dinilai janggal pada kelayakan subjek artikel, atau adanya keraguan bahwa tokoh tersebut benar-benar layak dibuatkan artikelnya di Wikipedia. Misalnya, subjeknya tidak begitu dikenal namun banyak publikasi berulang mengenai dirinya, atau subjek yang dikenal secara luas namun tidak banyak publikasi terkait dirinya. Berikut ini adalah beberapa sebab kelayakan sebuah artikel bisa dianggap "mengambang":

  • Terbatasnya informasi terkait kehidupan pribadi subjek artikel tersebut, sementara banyak sumber hanya membahas kariernya.
  • Subjek artikel tidak terlalu dikenal, dan terdapat sedikit publikasi terkait dirinya, namun artikelnya telah diterbitkan di Wikipedia (baik melalui masalah di diskusi kelayakan atau tidak).
  • Subjek artikel telah dikenal secara luas, namun hanya ada sedikit sumber tepercaya yang diberikan untuk melakukan pemastian terhadap informasi yang diberikan di artikelnya.

Mengambangnya kelayakan sebuah artikel bisa juga diakibatkan oleh kurangnya perhatian komunitas terhadap artikelnya, sementara aksi vandalisme sangat marak terjadi pada saat itu. Mutu artikel yang menurun juga bisa menjadi penyebab mengambangnya kelayakan artikel tersebut. Contoh umum yang paling sering terjadi adalah pada artikel-artikel bertopik bupati[f] dan pembuat konten[g] yang meskipun subjeknya mungkin dikenal, namun sumber tepercaya yang membahas mereka masih sangat sedikit.

Artikel-artikel yang kelayakannya mengambang sangat rentan untuk terkena penghapusan. Hal ini dikarenakan pembahasannya yang terbatas dan terkadang terkesan tidak ensiklopedis. Artikel-artikel yang kelayakannya mengambang dapat terkena kriteria penghapusan cepat A7 sebagai artikel yang tidak mengindikasikan kepentingan subjeknya, dengan kata lain, tidak bisa memberikan bukti (referensi) atas klaim yang diberikan terkait subjek artikelnya.

Peran komunitas[sunting sumber]

Terkadang, perkara mengenai apakah sebuah artikel biografi memenuhi kriteria kelayakan atau tidak bisa saja melibatkan perselisihan besar dalam jangka panjang yang menguras banyak waktu dan pikiran. Sebaliknya, agar tidak memicu kebingungan di antara komunitas, baik pengurus maupun pengguna biasa memiliki tanggung jawab untuk memberikan penjelasan secara jelas mengenai apakah subjek artikel tersebut bisa dianggap layak atau tidak.

Namun, tentu tidak semua opini pengurus itu sama. Meskipun mereka memang memahami WP:TOKOH secara umum, namun pemahaman mereka dan persepsi setiap pengurus tentang standar WP:TOKOH berbeda-beda. Karena itulah, setiap pengurus memiliki standar kelayakan artikel yang berbeda. Bertanya kepada satu orang pengurus saja tidak cukup untuk membuktikan kelayakan sebuah artikel. Sebagai gantinya, sebuah diskusi yang menyelesaikan perselisihan yang ada harus dibuat untuk menampung aspirasi dan pendapat para pengguna maupun pengurus lain yang memahami kriteria kelayakan dengan baik.

Apabila diskusi saja dirasa tidak cukup untuk menentukan kelayakan artikel, maka disarankan untuk membuka pemungutan suara dengan dengan mengundang mereka yang terlibat untuk ikut memberikan suara. Kecuali pengusul,[h] semua pengguna yang hadir diharapkan memberikan suara. Hasil dari diskusi maupun pemungutan suara ini dapat dijadikan konsensus sementara mengenai apakah artikel ini benar-benar memenuhi/tidak memenuhi kriteria kelayakan artikel Wikipedia. Konsensus sementara mungkin berubah, apabila kualitas materi artikel dan kuantitas sumber tepercaya yang membahas subjek artikel bertambah, ataupun berkurang.

  1. ^ Kelima kriteria tersebut adalah:
    • Tokoh telah mendapatkan publikasi berulang kali dari sumber sekunder yang tepercaya,
    • Tokoh telah berulang kali dibahas secara khusus (non-trivial) pada media massa skala nasional yang tepercaya,
    • Tokoh telah menjadi subjek biografi independen yang kredibel (tidak termasuk autobiografi),
    • Tokoh telah menerima penghargaan tingkat internasional atau nasional yang signifikan, dan
    • Tokoh telah diakui kontribusinya dan tertulis dalam buku sejarah oleh sejarawan.
  2. ^ Dikenal secara luas memiliki artian bahwa pembuat konten tersebut haruslah diketahui (lebih tepatnya, dikenal) oleh orang dalam jumlah banyak, tidak sebatas pada pengikutnya saja.
  3. ^ Silakan lihat en:Wikipedia:Wikipedia Signpost/2022-08-01/Community view di Wikipedia bahasa Inggris.
  4. ^ Ini hanyalah sekadar contoh, tidak bermaksud menyingung siapapun di dunia nyata.
  5. ^ Referensi sengaja dihilangkan karena tujuan penampilan halaman ini hanya untuk menampilkan teks dan gaya penulisan saja.
  6. ^ Contoh untuk hal ini adalah artikel Nikodemus Nithanel Rihi Heke dan Sudarsono. Nikodemus Nithanel Rihi Heke, walaupun subjeknya cukup dikenal, namun artikel tersebut sebenarnya memiliki masalah, seperti referensi yang dicantumkan masih kurang tepercaya, dan gaya penulisan artikelnya yang menggunakan gaya penulisan CV. Untuk Sudarsono, pembahasan mengenai kehidupan pribadinya masih sangat sedikit, meskipun sudah didukung oleh sejumlah sumber.
  7. ^ Contoh untuk hal ini antara lain: Windah Basudara yang memiliki banyak paragraf tanpa sumber; dan MiawAug yang meskipun telah memiliki sejumlah sumber dan informasi yang akurat, namun terdapat referensi yang tidak berasal dari sumber tepercaya, atau diragukan kredibilitasnya.
  8. ^ Artinya: bahwa hanya orang yang membuka diskusi permintaan pendapat terkait kelayakan artikel tersebut-lah yang tidak boleh ikut memberikan suara.

Lihat pula[sunting sumber]