Wikipedia:Arsip halaman utama/2023/02/17

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Artikel pilihan

Pluto

Pluto adalah planet katai di sabuk Kuiper dan objek trans-Neptunus pertama yang ditemukan. Pluto merupakan planet katai terbesar dan bermassa terbesar kedua di Tata Surya dan benda terbesar kesembilan dan bermassa terbesar kesepuluh yang mengorbit Matahari secara langsung. Pluto merupakan objek trans-Neptunus dengan volume terbesar dan massa yang sedikit lebih kecil daripada Eris, planet katai di piringan tersebar. Layaknya objek lain di sabuk Kuiper, Pluto terdiri dari batu dan es dan relatif kecil—kurang lebih seperenam massa Bulan dan sepertiga volume Bulan. Pluto memiliki orbit eksentris dan miring dengan jarak 30 sampai 49 satuan astronomi (4,4–7,3 miliar km) dari Matahari. Ini berarti ada saatnya Pluto lebih dekat ke Matahari daripada Neptunus; resonansi orbit yang stabil dengan Neptunus membuat kedua planet ini tidak bertabrakan. Pada tahun 2014, Pluto berjarak 32,6 SA dari Matahari. Cahaya Matahari butuh waktu 5,5 jam untuk mencapai Pluto pada jarak rata-ratanya (39,4 SA). (Selengkapnya...)

Artikel pilihan sebelumnya: Burhanuddin HarahapJerman NaziDouglas MacArthur

Peristiwa terkini

Gempa Turki dan Suriah pada 2023
Dampak gempa di Diyarbakir

Tahukah Anda

  • "... bahwa penyakit Jembrana adalah penyakit hewan menular pada sapi yang disebabkan oleh virus jembrana? Penyakit ini bersifat akut dan menimbulkan tanda klinis yang jelas pada sapi bali, sedangkan pada jenis sapi lainnya hanya bersifat subklinis dan tidak menunjukkan tanda klinis yang nyata."
  • "... bahwa dalam perkara Handyside v. United Kingdom, Mahkamah Eropa untuk Hak Asasi Manusia pernah menyatakan bahwa 'Kebebasan berekspresi... berlaku tidak hanya untuk 'informasi' atau 'gagasan' yang diterima dengan baik atau dianggap tidak menghina atau membuat acuh, tetapi juga yang menghina, mengguncang, atau menyinggung negara atau sebagian dari penduduk'"?
  • "... bahwa tekanan atmosfer dan suhu di ketinggian sekitar lima puluh kilometer di atas permukaan planet Venus (gambar) mirip dengan yang ada di permukaan Bumi, dan udara Bumi (nitrogen dan oksigen) akan menjadi gas pengangkat di atmosfer Venus yang sebagian besar terdiri dari karbon dioksida? Oleh sebab itu muncul usulan untuk mendirikan "kota terapung" di atmosfer Venus!"
  • "... bahwa Arnold Poernomo, juri dalam program kompetisi memasak MasterChef Indonesia, adalah kakak dari Reynold Poernomo yang pernah menjadi kontestan MasterChef Australia?"

Hari ini dalam sejarah

17 Februari: Hari Kemerdekaan di Kosovo (2008)

Tanggal lain: 16 Februari 17 Februari 18 Februari

Hari ini tanggal 17 Februari 2023 (UTC) – Muat ulang

Gambar pilihan

Tari Topeng dari Malang
Tari Topeng dari Malang
(ukuran asli: 4.782 × 3.188 piksel, 10,36 MB)

Oleh: Ivuvisual
Lisensi: CC BY-SA 4.0