NEAR Shoemaker

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Near Earth Asteroid Eros dilhat dari wahana antariksa NEAR.

Near Earth Asteroid Rendezvous - Shoemaker (NEAR Shoemaker), dinamakan atas ilmuwan planet Eugene M. Shoemaker, adalah sebuah wahana antariksa tak berawak dirancang untuk mempelajari asteroid dekat-Bumi Eros dari orbit dekat selama setahun.

Tujuan ilmiah utama NEAR adalah untuk mengembalikan data tentang ciri-ciri, komposisi, mineralogi, morfologi, distribusi massa internal, dan medan magnetik Eros. Tujuan sekunder adalah penelitian ciri-ciri regolith, interaksinya dengan angin surya, aktivitas terakhir ditandai oleh debu atau gas, dan keadaan spin asteroid.

Data-data tersebut akan digunakan untuk memahami karakteristik asteroid secara umum, hubungan mereka dengan meteorit dan komet, dan kondisi dalam tata surya awal. Untuk mencapai tujuan ini, Shoemaker dilengkapi dengan spektrometer sinar-X/ sinar gamma, spektograf gambar near-infrared, kamera banyak-spektral dilengkapi dengan CCD, laser range-finder, dan sebuah magnetometer.

Sebuah eksperimen ilmiah radia juga dilaksanakan dengan menggunakan sistem "tracking" NEAR untuk memperkirakan medan gravitasi asteroid. Masa total peratan tersebut sekitar 56 kg, dan mereka membutuhkan tenaga 81 Watt.

Referensi[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]