Program Ranger

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Ranger Block 1 scientific experiments.jpg
1964 71395L-Ranger.jpg
Ranger 6789.svg

Program Ranger adalah serangkaian misi luar angkasa berawak oleh Amerika Serikat pada tahun 1960 yang mempunyai tujuan untuk mendapatkan gambar close-up pertama dari permukaan Bulan. Pesawat ruang angkasa Ranger yang dirancang untuk mengambil gambar dari permukaan bulan, kembali dengan gambar-gambar sampai mereka hancur pada benturan (impact). Serangkaian kecelakaan, menyebabkan kegagalan dari enam penerbangan pertama. Pada satu titik, program ini disebut "tunas dan harapan".[1] Kongres meluncurkan sebuah investigasi "masalah manajemen" di Markas NASA dan Jet Propulsion Laboratory.[2] Setelah reorganisasi organisasi dua kali, Ranger 7 berhasil kembali mengambil gambar pada bulan Juli 1964, diikuti oleh dua misi lebih sukses.

Ranger awalnya dirancang, dimulai pada tahun 1959, dalam tiga tahap yang berbeda, yang disebut "blok". Setiap blok memiliki tujuan misi yang berbeda dan desain sistem semakin lebih maju. Desainer misi JPL direncanakan beberapa peluncuran di setiap blok, untuk memaksimalkan pengalaman teknik dan nilai ilmiah dari misi dan untuk memastikan setidaknya satu penerbangan sukses. Jumlah penelitian, pengembangan, peluncuran, dan dukungan biaya untuk seri pesawat ruang angkasa Ranger (Rangers 1 sampai 9) adalah sekitar $ 170 juta.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Cortright Oral History (p25)
  2. ^ Dick, Steven J. "NASA's First 50 Years: Historical Perspectives". NASA History. NASA Technical Reports Server. hlm. 12. Diakses 21 September 2011. 

Both links lead to a whole book on the program. For the HTML one, scroll down to see the table of contents link.