Daftar Pokémon generasi I

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
(Dialihkan dari Weedle)
Logo internasional untuk waralaba Pokémon

Generasi pertama (Generasi I) dari waralaba Pokémon menampilkan 151 makhluk fiksi yang diperkenalkan dalam permainan Game Boy tahun 1996 Pokémon Red dan Green.

Daftar berikut ini menjelaskan 151 Pokémon dari Generasi I dalam urutan Pokédex Nasional mereka—sebuah ensiklopedia elektronik dalam permainan yang menyediakan berbagai informasi pada nomor Pokémon. Pokémon pertama, Bulbasaur, bernomor 001 dan yang terakhir, Mew, bernomor 151.

Daftar Pokémon[sunting | sunting sumber]

Daftar spesies Pokémon yang diperkenalkan pada generasi I (1996)[nb 1]
Nama[nb 2] Jenis Berkembang dari Berkembang menjadi Catatan
Bulbasaur
Fushigidane (フシギダネ)
(0001)
  Rumput / Racun N/A Ivysaur (#0002) Ini adalah salah satu Pokémon pemula Kanto. Ia memiliki bohlam di punggungnya, yang menyimpan nutrisi. Karena umbi dapat berfotosintesis, Bulbasaur dapat bertahan berhari-hari tanpa makan. Seperti garis evolusi lainnya, bohlamnya memiliki tanaman merambat yang digunakan Pokémon sebagai tentakel.
Ivysaur
Fushigisō (フシギソウ)
(0002)
  Rumput / Racun Bulbasaur (#0001) Venusaur (#0003) Ini adalah karakter yang dapat dimainkan di Super Smash Bros. Brawl dan Super Smash Bros. Ultimate sebagai bagian dari petarung "Pokémon Trainer". Bohlamnya telah tumbuh menjadi kuncup, yang digunakannya untuk mengubah sinar matahari menjadi listrik. Kuncupnya berat, sehingga Ivysaur tidak dapat bergerak dengan baik jika telah menyimpan cukup nutrisi, sehingga kaki belakangnya menjadi lebih kuat untuk menahan beban tersebut.
Venusaur
Fushigibana (フシギバナ)
(0003)
  Rumput / Racun Ivysaur (#0002) Mega Evolution
Gigantamax
Ini adalah maskot Pokémon Green dan LeafGreen.[2] Kuncup di punggungnya telah mekar menjadi bunga. Aromanya menenangkan, dan mengubah sinar matahari menjadi energi. Oleh karena itu, Venusaur lebih kuat saat musim panas. Ia memperoleh Mega Evolution di generasi VI, dan Gigantamax form di generasi VIII.
Charmander
Hitokage (ヒトカゲ)
(0004)
  Api N/A Charmeleon (#0005) Ini adalah salah satu Pokémon pemula Kanto. Sejak menetas, ada nyala api di ujung ekornya. Masih asing dengan api, Charmander mungkin tidak sengaja membakar dirinya sendiri. Jika apinya padam, maka ia akan mati.
Charmeleon
Rizādo (リザード)
(0005)
  Api Charmander (#0004) Charizard (#0006) Pokémon yang penuh semangat, ia mencari calon lawan dan menyiksa mereka dalam pertempuran. Ia menyerang dengan memuntahkan api dari mulutnya, mengayunkan ekornya, atau mencakar. Apinya berubah menjadi putih kebiruan saat dikobarkan.
Charizard
Rizādon (リザードン)
(0006)
  Api / Terbang Charmeleon (#0005) Two Mega Evolutions
Gigantamax
Ini adalah karakter yang dapat dimainkan sebagai bagian dari petarung "Pokémon Trainer" di Super Smash Bros. Brawl dan Super Smash Bros. Ultimate, petarung mandiri di Super Smash Bros. untuk Nintendo 3DS dan Wii U, dan maskot Pokémon Red dan FireRed. Apinya cukup panas untuk melelehkan batu-batu besar dan gletser, dan diketahui bahwa ia memicu kebakaran hutan secara tidak sengaja, meskipun ia tidak akan menggunakannya untuk melawan musuh yang lebih lemah. Nyala api di ekornya dapat menyala di bawah air, dan berubah menjadi putih kebiruan jika Charizard marah. Ia memperoleh dua Mega Evolusi di generasi VI, satu tipe Api/Terbang dan satu tipe Api/Naga, dan bentuk Gigantamax di generasi VIII.
Squirtle
Zenigame (ゼニガメ)
(0007)
  Air N/A Wartortle (#0008) Ini adalah karakter yang dapat dimainkan di Super Smash Bros. Brawl dan Super Smash Bros. Ultimate sebagai bagian dari petarung "Pokémon Trainer", dan salah satu Pokémon pemula Kanto.[3] Setelah menetas, punggungnya perlahan membengkak dan mengeras menjadi cangkang. Ia bersembunyi di dalam cangkangnya untuk berlindung atau tidur, dan bentuknya yang bulat dan berlekuk mengurangi ketahanannya terhadap air sehingga memungkinkannya berenang lebih cepat. Untuk menyerang, ia menyemprotkan air berbusa dari mulutnya.
Wartortle
Kamēru (カメール)
(0008)
  Air Squirtle (#0007) Blastoise (#0009) Karena lebih besar dan lebih berat daripada Squirtle, ia kesulitan berjalan, dan harus menggunakan telinga dan ekornya yang berbulu sebagai kemudi dan tongkat penyeimbang untuk berenang. Ia menarik diri ke dalam cangkangnya untuk menyerang, mempertahankan diri, dan tidur, meskipun ia tidak dapat menarik ekornya sepenuhnya. Dikatakan mampu hidup hingga 10.000 tahun. Wartortle yang lebih tua memiliki bulu ekor yang lebih gelap, dan mungkin memiliki bekas luka serta ganggang di cangkangnya.
Blastoise
Kamekkusu (カメックス)
(0009)
  Air Wartortle (#0008) Mega Evolution[4][5][6]
Gigantamax
Ini adalah maskot Pokémon Blue.[7] Kedua meriam pada cangkangnya menembakkan pancaran air bertekanan yang cukup kuat untuk menghancurkan dinding baja tebal, dan cukup akurat untuk mengenai kaleng kosong dari jarak lebih dari 160 kaki. Blastoise sendiri dapat melakukan tackling dengan kecepatan tinggi. Pokémon yang kejam, ia sengaja membuat dirinya lebih berat untuk menahan hentakan meriamnya dan menghancurkan lawan-lawannya. Ia memperoleh Mega Evolution di generasi VI dan Gigantamax form di generasi VIII. Kartu perdagangan Blastoise, yang awalnya dibuat sebagai cetakan percobaan sebelum kartu bahasa Inggris komersial, dijual seharga $360.000 pada tahun 2021.[8]
Caterpie
Kyatapī (キャタピー)
(0010)
  Serangga N/A Metapod (#0011) Kakinya memiliki bantalan isap yang memungkinkannya memanjat lereng, dinding, dan pohon. Untuk melindungi dirinya, ia mengeluarkan bau busuk dari antenanya. Ia menyamarkan dirinya di tumpukan dedaunan, atau mencoba menakuti predator dengan pola mata di tubuhnya. Sepanjang hidupnya, ia memakan ratusan daun yang ukurannya lebih besar. Ketika mendekati evolusi, ia melepaskan kulitnya, menutupi dirinya dengan sutra, dan menjadi kepompong.
Metapod
Toranseru (トランセル)
(0011)
  Serangga Caterpie (#0010) Butterfree (#0012) Meski keras, cangkang Metapod dikatakan mudah pecah, sehingga akan semakin mengeras jika terancam agar isi perutnya yang kental dan cair tidak tumpah. Ia menunggu evolusi sementara sel-selnya melakukan restrukturisasi. Ume Aoki, kartunis Jepang yang terkenal dengan karyanya di manga Hidamari Sketch dan anime Puella Magi Madoka Magica, menggunakan kemiripan dirinya cosplay sebagai Metapod dalam karya gambarnya.[9]
Butterfree
Batafurī (バタフリー)
(0012)
  Serangga / Terbang Metapod (#0011) Gigantamax Sayapnya dilapisi bubuk beracun yang menolak air, yang digunakannya untuk mempertahankan diri dan terbang di tengah hujan. Ia berpindah dari satu bunga ke bunga yang lain untuk mengumpulkan nektar, dan mengoleskan madu ke bulu kakinya untuk dibawa kembali ke sarangnya. Ia menyebarkan sisiknya untuk melindungi Caterpie di dekatnya dari predator. Ia bersaing dengan Cutiefly untuk memperebutkan wilayah. Ia memperoleh Gigantamax form pada generasi VIII.
Weedle
Bīdoru (ビードル)
(0013)
  Serangga / Racun N/A Kakuna (#0014) Pemandangan umum di hutan dan daerah berumput, ia memiliki alat penyengat beracun sepanjang dua inci di kepalanya, yang digunakannya untuk mempertahankan diri. Ia mempunyai indra penciuman yang tajam, mampu membedakan daun yang disukainya dan daun yang tidak disukainya dengan hidungnya yang besar. Ia memakan daun-daun yang beratnya setiap hari.
Kakuna
Kokūn (コクーン)
(0014)
  Serangga / Racun Weedle (#0013) Beedrill (#0015) Kakuna tetap tidak bisa bergerak, tapi bisa mengeluarkan sengatnya untuk membela diri. Proses penataan ulang sel-selnya meningkatkan suhu tubuhnya hingga menjadi panas saat disentuh.
Beedrill
Supiā (スピアー)
(0015)
  Serangga / Racun Kakuna (#0014) Mega Evolution Kawanan Beedrill membuat sarangnya di hutan, dan menyerang apa pun yang mendekat. Ia menggunakan tiga penyengatnya yang beracun untuk mengalahkan mangsanya dan membawanya pulang. Ia memperoleh Mega Evolution di generasi VI.
Pidgey
Poppo (ポッポ)
(0016)
  Normal / Terbang N/A Pidgeotto (#0017) Pokémon yang umum dan jinak, ia lebih suka menggunakan pasir yang mengepak di mata lawan daripada bertarung. Kemampuannya dalam menentukan arah memungkinkannya untuk kembali ke rumah dari jarak berapa pun.
Pidgeotto
Pijon (ピジョン)
(0017)
  Normal / Terbang Pidgey (#0016) Pidgeot (#0018) Sebagai spesies teritorial, ia akan mematuk dan mencakar lawannya. Ia menggunakan cakarnya untuk membawa mangsa seperti Exeggcute dari jarak lebih dari 60 mil. Ia terbang berputar-putar, mencari mangsa.
Pidgeot
Pijotto (ピジョット)
(0018)
  Normal / Terbang Pidgeotto (#0017) Mega Evolution Sayapnya cukup kuat untuk terbang dengan kecepatan Mach 2, menimbulkan badai angin yang cukup kuat untuk membengkokkan pohon, dan terbang hingga ketinggian 3.300 kaki di udara. Ia meluncur di udara untuk berburu Pokémon ikan yang tidak menaruh curiga seperti Magikarp. Bulunya yang mengilap menjadikannya pilihan populer di kalangan pelatih. Ia memperoleh Mega Evolution di generasi VI.
Rattata
Koratta (コラッタ)
(0019)
  Normal N/A Raticate (#0020) Ia akan membentuk sarang dan berkembang biak di mana pun yang memiliki makanan, yang masing-masing berisi setidaknya 40 Rattata. Koloni menghabiskan sepanjang hari mencari makanan. Spesies yang berhati-hati ini selalu mendengarkan dengan menggerakkan telinganya. Gigi serinya tidak berhenti tumbuh, sehingga ia menggerogoti benda keras, seperti kaki meja dan kusen pintu, agar tetap menempel. Karena kesamaan dan kebiasaan mereka mencuri makanan dan menggerogoti bangunan, ia dan Raticate dianggap spesies invasif. Rattata memiliki tipe Gelap/Normal Bentuk Alolan.
Raticate
Ratta (ラッタ)
(0020)
  Normal Rattata (#0019) N/A Ia menggunakan kumisnya untuk menjaga keseimbangan, dan melambat jika dipotong. Kaki belakangnya yang berselaput bertindak sebagai sirip, memungkinkannya berenang di sungai untuk berburu atau melarikan diri dari lawan. Untuk menjaga giginya tetap kokoh, ia mengunyah apa saja, mulai dari mesin hingga beton. Seperti Rattata, Raticate memiliki tipe Gelap/Normal Bentuk Alolan.
Spearow
Onisuzume (オニスズメ)
(0021)
  Normal / Terbang N/A Fearow (#0022) Ia bisa terbang dengan cepat, tetapi tidak mahir melakukannya. Tangisannya dapat terdengar dari jarak satu mil, dan ia menggunakannya untuk berkomunikasi dengan Spearow lainnya. Ia terbang di sekitar iklim yang lebih hangat, mencari serangga Pokémon untuk dimakan.
Fearow
Onidoriru (オニドリル)
(0022)
  Normal / Terbang Spearow (#0021) N/A Gambar yang menyerupai Fearow dapat dilihat pada mural kuno, menyiratkan bahwa ia belum berevolusi sejak zaman kuno. Staminanya memungkinkannya terbang sepanjang hari, dan leher serta paruhnya yang panjang nyaman untuk memetik serangga dan ikan Pokémon.
Ekans
Ābo (アーボ)
(0023)
  Racun N/A Arbok (#0024) Ia menggunakan lidahnya untuk mendeteksi sekelilingnya dan mencari aroma mangsanya. Ia melingkari pepohonan untuk beristirahat di malam hari. Jika tidak ada pohon yang tersedia, ia akan berputar untuk dapat merespons dari arah mana pun. Ia memangsa Pokémon burung dan telur-telurnya serta dapat meregangkan rahangnya untuk menelannya utuh, namun memakan sesuatu yang terlalu besar dapat membuatnya terlalu berat untuk digerakkan.
Arbok
Ābokku (アーボック)
(0024)
  Racun Ekans (#0023) N/A Pola di bawah kepalanya mirip dengan wajah, dan berbeda menurut wilayah. Penelitian telah menunjukkan lebih dari 20 pola berbeda. Gulungannya cukup kuat untuk meratakan drum minyak, dan taringnya digunakan untuk menyuntikkan racun ke mangsanya. Ia dapat menggunakan pola atau desisannya untuk mengintimidasi lawan. Jika bagian tubuhnya selain kepala dipotong, bagian tubuhnya yang lain dapat tumbuh kembali dalam beberapa minggu. Ia memangsa Pokémon yang lebih kecil seperti Wooper, atau telur Pokémon burung seperti Pidgey dan Spearow.
Pikachu
Pikachū (ピカチュウ)
(0025)
  Listrik Pichu (#0172) Raichu (#0026)
Gigantamax
Pikachu adalah maskot utama dari franchise Pokémon, serta Pokémon Yellow dan Let's Go, Pikachu!. Ini juga dapat dimainkan di setiap game Super Smash Bros.. Ia mengangkat ekornya untuk memeriksa sekelilingnya, tetapi mungkin tersambar petir dalam posisi ini. Ia mengumpulkan listrik dari atmosfer, dan menggunakannya untuk memanggang buah beri, berkomunikasi dengan Pokémon tipe Listrik lainnya, dan menyerang lawannya. Kelompok Pikachu yang ekornya terangkat secara tidak sengaja dapat menyebabkan badai petir. Cramorant sering menelan Pikachu secara tidak sengaja.
Raichu
Raichū (ライチュウ)
(0026)
  Listrik Pikachu (#0025) N/A Ekornya dapat digunakan sebagai penangkal petir untuk mengumpulkan listrik, atau sebagai landasan untuk melindungi dirinya sendiri. Ia dapat menyimpan dan mengeluarkan hingga 100.000 volt, cukup untuk melumpuhkan Copperajah. Untuk menghindari ketegangan fisik, ia akan melepaskan kelebihan listrik ke dalam tanah, sehingga lingkungan di sekitarnya terbakar. Karena berevolusi melalui batu dan Pikachu lebih populer, Raichu jarang terlihat. Ia memiliki tipe Listrik/Psikis Bentuk Alolan. Kedua bentuk Raichu diciptakan oleh Atsuko Nishida.[10]
Sandshrew
Sando (サンド)
(0027)
  Tanah N/A Sandslash (#0028) Berdasarkan Trenggiling Cina, Sandshrew diketahui meringkuk menjadi bola untuk mempertahankan diri. Ia menggali sarangnya ke dalam tanah, dan hanya menggali kembali untuk mencari buah beri dan berburu Pokémon serangga. Sandshrew memiliki tipe Es/Baja Bentuk Alolan.
Sandslash
Sandopan (サンドパン)
(0028)
  Tanah Sandshrew (#0027) N/A Ia bisa meringkuk menjadi bola runcing untuk berguling, menyerang lawan, dan melindungi diri dari sengatan panas atau serangan. Selain duri di punggungnya, ia dapat menggunakan cakarnya untuk menyerang dan menebas buah beri untuk anak-anaknya. Seperti Sandshrew, ia memiliki Bentuk Alolan bertipe Es/Baja.
Nidoran♀
Nidoran♀ (ニドラン♀)
(0029)
  Racun N/A Nidorina (#0030) Telur dari kedua galur Nidoran dapat mengandung Nidoran jenis kelamin apa pun. Ia jinak dan tidak mau berkelahi, namun jika dipaksa, tanduk dan durinya dapat mengeluarkan racun. Ia menggunakan kumisnya untuk memeriksa angin dari predator, dan gigi serinya untuk mengunyah buah beri.
Nidorina
Nidorīna (ニドリーナ)
(0030)
  Racun Nidoran♀ (#0029) Nidoqueen (#0031) Tanduknya tumbuh lambat dan tidak suka berkelahi, namun jika dipaksa, ia cenderung mencakar dan menggigit lawan. Ia hidup berkelompok dengan keturunan lain dalam garis evolusinya, dan mengunyah makanan untuk anak-anaknya.
Nidoqueen
Nidokuin (ニドクイン)
(0031)
  Racun / Tanah Nidorina (#0030) N/A Ia lebih fokus pada pertahanan dibandingkan rekan laki-lakinya, Nidoking. Ia dapat meracuni mangsanya dengan durinya, menyebabkan getaran, atau menjatuhkan lawan dengan tekelnya. Ia melindungi anak-anaknya, menggendong mereka di celah antara duri-durinya, dan menutup liangnya. Sedangkan pada saat masih muda, durinya tidak mengeluarkan racun. Terlepas dari deskripsi Pokédex dan anime, ia dan Nidorina tidak dapat berkembang biak, meskipun Nidoran♀ bisa.[11]
Nidoran♂
Nidoran♂ (ニドラン♂)
(0032)
  Racun N/A Nidorino (#0033) Ia mengepakkan telinganya untuk mendeteksi langkah kaki calon lawan. Ia menyuntikkan racun ke mangsanya dengan tanduknya. Ia hidup bersama perempuan, dan mungkin mempertaruhkan nyawanya untuk melindungi perempuan.
Nidorino
Nidorīno (ニドリーノ)
(0033)
  Racun Nidoran♂ (#0032) Nidoking (#0034) Tanduknya dan paku di sekeliling tubuhnya mengandung racun, dan tanduknya lebih keras dari berlian. Ia menggunakan tanduknya untuk memecahkan batu guna menemukan Batu Bulan, yang dengannya ia berevolusi.
Nidoking
Nidokingu (ニドキング)
(0034)
  Racun / Tanah Nidorino (#0033) N/A Ia lebih fokus menyerang dibandingkan mitra perempuannya, Nidoqueen. Ekornya dapat merobohkan menara transmisi dan menghancurkan tulang lawannya, tanduknya dapat menghancurkan berlian, dan kulitnya sekeras baja. Jika ia mulai mengamuk, hanya Nidoqueen yang sudah lama tinggal bersamanya yang bisa menenangkannya.
ClePeri
Pippi (ピッピ)
(0035)
  Peri[nb 3] Cleffa (#0173) Clefable (#0036) Makhluk pemalu, jarang datang, hanya muncul berkelompok menari di bawah bulan purnama. Saat menari, area di dekatnya diselimuti medan magnet.
Clefable
Pikushī (ピクシー)
(0036)
  Peri[nb 3] ClePeri (#0035) N/A Ia dan Clefairy dikatakan datang dari bulan, dan menghabiskan malam bulan purnama dengan memandanginya. Pendengarannya sangat tajam, mampu mendengar pin jatuh dari jarak hingga 1.100 yard, sehingga ia tinggal di daerah pegunungan yang tenang. Langkah-langkahnya ringan dan cukup ringan sehingga memungkinkannya berjalan di atas air.
Vulpix
Rokon (ロコン)
(0037)
  Api N/A Ninetales (#0038) Saat lahir, ia memiliki satu ekor berwarna putih yang tumbuh menjadi 6 ekor melengkung di ujungnya seiring bertambahnya usia. Ia dapat dengan bebas mengendalikan api, menciptakan gumpalan keinginan yang sering disalahartikan sebagai hantu. Sebelum berevolusi, ekornya bersinar lebih panas dari biasanya. Jika tidak dirawat dengan baik, ekornya akan kusut. Jika dibesarkan dalam usia muda, ia akan mengikuti pelatihnya seperti anak anjing. Ia memiliki tipe Es Bentuk Alolan. Ia telah dipilih sebagai "maskot" untuk Hokkaido, dan ia serta bentuk Alolannya telah ditampilkan dalam corak Air Do Boeing 767 pesawat terbang.[12]
Ninetales
Kyūkon (キュウコン)
(0038)
  Api Vulpix (#0037) N/A Desainnya terinspirasi oleh rubah berekor sembilan dalam mitos Asia Timur.[13] It can understand human speech, use its Fisik power to control minds, and curse anyone who mistreats it. According to legends, nine saints reincarnated as Ninetales, and each of its tails has a different ability. It has an Es/Peri-type Alolan form.
Jigglypuff
Purin (プリン)
(0039)
  Normal / Peri[nb 3] Igglybuff (#0174) Wigglytuff (#0040) Ini adalah karakter yang dapat dimainkan di setiap game Super Smash Bros.. Ia bisa mengembang sendiri seperti balon untuk melayang atau bernyanyi. Panjang gelombang suaranya dapat menyamai gelombang otak orang yang sedang tidur dan Pokémon, sehingga membuat mereka tertidur. Jika musuh tidak tertidur, ia bisa mempertaruhkan nyawanya dengan bernyanyi hingga kehabisan udara. Ia juga terus bernyanyi jika musuh tertidur.
Wigglytuff
Pukurin (プクリン)
(0040)
  Normal / Peri[nb 3] Jigglypuff (#0039) N/A Dengan menghirup udara, ia dapat mengembang hingga 20 kali lipat ukurannya, dan melayang. Ia melakukannya untuk menakut-nakuti lawan atau bersaing dengan Wigglytuff lainnya.
Zubat
Zubatto (ズバット)
(0041)
  Racun / Terbang N/A Golbat (#0042) Zubat telah berevolusi menjadi tidak memiliki mata atau lubang hidung, sehingga ia menggunakan ekolokasi untuk menemukan jalannya. Ia bersembunyi di tempat gelap saat matahari terbit, karena kulitnya sensitif terhadap cahaya terang. Kelompok Zubat akan berkumpul di udara dingin untuk saling memanaskan tubuh.
Golbat
Gorubatto (ゴルバット)
(0042)
  Racun / Terbang Zubat (#0041) Crobat (#0169) Taringnya berlubang seperti sedotan. Ia menggunakannya untuk menusuk kulit mangsanya, tetapi mungkin mematahkannya saat mencoba menggigit Pokémon tipe Baja. Kadang-kadang ia menghisap begitu banyak darah sehingga golongan darahnya berubah sesuai dengan mangsanya, dan beratnya membuat ia tidak dapat terbang, sehingga mudah dimangsa.
Oddish
Nazonokusa (ナゾノクサ)
(0043)
  Rumput / Racun N/A Gloom (#0044) Ia mengubur dirinya di dalam tanah untuk menyerap nutrisi dan tidur di siang hari. Jika ditarik keluar, ia mulai menjerit. Pokémon nokturnal ini berkeliaran untuk menyebarkan benih dan menyerap cahaya bulan. Ini adalah salah satu dari sedikit spesies dengan nama ilmiah; "Oddium Wanderus."
Gloom
Kusaihana (クサイハナ)
(0044)
  Rumput / Racun Oddish (#0043) Vileplume (#0045)
Bellossom (#0182)
Daunnya dan nektar seperti air liur di mulutnya berbau cukup busuk hingga menyebabkan pingsan dalam radius satu mil, meskipun beberapa orang menikmati baunya, dan beberapa menggunakannya untuk membuat parfum. Ini memperkuat bau saat dalam bahaya, dan berhenti mengeluarkannya saat aman.
Vileplume
Rafureshia (ラフレシア)
(0045)
  Rumput / Racun Gloom (#0044) N/A Kelopak bunga Vileplume yang besar dapat diguncang atau mekar secara paksa untuk melepaskan awan serbuk sari yang meracuni dan melumpuhkan apa pun di dekatnya, yang digunakannya untuk melemahkan mangsanya sebelum memakannya. Berjalan-jalan menyebabkannya menyebarkan serbuk sari, mengubah udara di sekitarnya menjadi kuning.
Paras
Parasu (パラス)
(0046)
  Serangga / Rumput N/A Parasect (#0047) Paras mempunyai jamur tochukaso yang tumbuh di punggungnya. Mereka menguras unsur hara dari inangnya dan mengendalikannya untuk mengalirkan unsur hara dari pohon. Spora mereka dapat digunakan untuk membuat obat. Di Alola, spora tersebut tidak tumbuh dengan baik.
Parasect
Parasekuto (パラセクト)
(0047)
  Serangga / Rumput Paras (#0046) N/A Jamur tochukaso telah sepenuhnya menguras nutrisi tubuh Paras dan mengambil alihnya. Kelompok Parasect akan berkumpul di sekitar pohon, menyedot nutrisi dari pohon tersebut, dan berpindah ke pohon berikutnya ketika pohon tersebut mati. Sporanya dapat dijadikan obat. Parasect di Alola diketahui bersaing dengan Shiinotic, dan memiliki kualitas spora yang lebih rendah. Serangga tersebut sebagian besar sudah mati, jadi membuang jamur akan menyebabkannya berhenti bergerak sepenuhnya.
Venonat
Konpan (コンパン)
(0048)
  Serangga / Racun N/A Venomoth (#0049) Ia menggunakan mata majemuknya sebagai radar untuk menemukan mangsa dalam kegelapan, dan dapat menembakkan sinar cahaya darinya. Ia berburu Pokémon serangga kecil di malam hari.
Venomoth
Morufon (モルフォン)
(0049)
  Serangga / Racun Venonat (#0048) N/A Sayapnya memiliki sisik yang mengeluarkan racun jika bersentuhan dengan kulit lawannya. Sisik yang lebih terang dapat menyebabkan kelumpuhan, sedangkan sisik yang lebih gelap beracun. Pokémon nokturnal, ia keluar pada malam hari untuk berburu mangsa. Ia tertarik pada cahaya terang.
Diglett
Diguda (ディグダ)
(0050)
  Tanah N/A Dugtrio (#0051) Beberapa petani suka menggunakan Diglett dan Dugtrio untuk membajak tanah agar tanaman dapat tumbuh, dan beberapa menganggap mereka sebagai hama yang memakan tanaman. Tidak ada yang pernah melihat tubuh Diglett secara utuh. Ia memiliki tipe Tanah/Baja Bentuk Alolan.
Dugtrio
Dagutorio (ダグトリオ)
(0051)
  Tanah Diglett (#0050) N/A Dugtrio adalah Diglett tiga kali lipat. Ia dapat menggali dengan kecepatan 60 mil per jam, dan hingga 60 mil di bawah tanah. Seperti Diglett, belum ada yang pernah melihat seluruh tubuhnya. Kadang-kadang, mereka akan berebut kepala mana yang harus dimakan terlebih dahulu. Seperti Diglett, Dugtrio memiliki tipe Tanah/Baja Bentuk Alolan.
Meowth
Nyāsu (ニャース)
(0052)
  Normal N/A Persian (#0053)[nb 4]
Gigantamax
Salah satu anggota utama Team Rocket dalam serial Pokémon anime. Meowth menarik cakarnya ke dalam cakarnya untuk menyelinap tanpa meninggalkan langkah kaki. Ia menyukai benda-benda bulat dan berkilau, koin adalah mainan favoritnya, yang akan dimainkannya hingga ia tertidur. Ia tidur di siang hari, dan berpatroli di wilayahnya pada malam hari, mencari uang receh. Ia cenderung bertarung dengan Murkrow karena benda berkilau. Memberikan koin kepada Meowth bisa membuatnya lebih bersahabat, namun tetap berubah-ubah. Meowth memiliki bentuk Alolan tipe Gelap, dan Bentuk Galarian tipe Baja, yang berevolusi menjadi Perrserker. Ia memperoleh Gigantamax form di generasi VIII. Meowth adalah Pokémon yang populer di kalangan penggemar serial ini, terutama karena perannya dalam organisasi jahat Team Rocket.[14][15][16][17] Ini telah banyak digunakan dalam promosi serial ini.[18][19][20][21]
Persian
Perushian (ペルシアン)
(0053)
  Normal Meowth (#0052) N/A Bulu dan permatanya membuatnya populer di kalangan orang kaya, namun sikapnya yang berubah-ubah dan tidak peduli membuatnya sulit untuk dipelihara. Meskipun ia akan menyerang siapa pun tanpa provokasi, termasuk pelatihnya, mencabut kumisnya untuk sementara akan membuatnya jinak. Ia memiliki tipe Gelap Bentuk Alolan, dan padanan Galarian di Perrserker, yang kebiasaan barbarnya berbenturan dengan keanggunan dan ego Persia. Seekor Persia dimiliki oleh pemimpin Team Rocket, Giovanni dalam serial Pokémon anime.
Psyduck
Kodakku (コダック)
(0054)
  Air N/A Golduck (#0055) Ia mengalami sakit kepala terus-menerus. Saat sakit kepala Psyduck semakin parah, ia melepaskan kekuatan psikisnya.k powers.
Golduck
Gorudakku (ゴルダック)
(0055)
  Air Psyduck (#0054) N/A Ia hampir diburu hingga punah oleh para pemburu yang menginginkan permata di dahinya, karena percaya bahwa permata itu akan memberi mereka kekuatan supernatural. Kemampuan psikisnya lebih unggul dari Psyduck. Ia berenang dengan mudah, bahkan di lautan yang ganas dan penuh badai. Diketahui untuk menyelamatkan orang dari kapal yang karam.
Mankey
Mankī (マンキー)
(0056)
  Petarung N/A Primeape (#0057) Hampir semua hal akan membuatnya marah, dan ketika ia marah, ia akan segera menyerang, sehingga lawannya tidak punya waktu untuk melarikan diri. Jika ia melarikan diri atau dibiarkan sendirian, kesepian akan membuatnya semakin marah. Jika salah satu Mankey di koloni marah, sisanya akan mengamuk.
Primeape
Okorizaru (オコリザル)
(0057)
  Petarung Mankey (#0056) Annihilape (#0979) Marah menyebabkan darah Primeape mengalir lebih cepat dari biasanya, mengencangkan otot-otot tubuhnya, namun membuatnya lebih bodoh. Segala bentuk rangsangan akan membuatnya marah, bahkan saat ia sedang tidur. Ia bisa menjadi sangat marah sehingga ia mati, namun terlihat damai dalam kematian.
Growlithe
Gādi (ガーディ)
(0058)
  Api N/A Arcanine (#0059) Growlithe ramah, setia, dan memiliki indera penciuman yang kuat, menjadikannya populer sebagai anjing penjaga dan polisi. Tulang Growlithe telah ditemukan di reruntuhan Zaman Batu, menyiratkan bahwa manusia telah menggunakannya sejak saat itu. Hal ini didasarkan pada Shisa. Ia memiliki [[Hisuian Growlithe|Bentuk Hisuian] bertipe Api/Batu.
Arcanine
Uindi (ウインディ)
(0059)
  Api Growlithe (#0058) N/A Arcanine adalah Pokémon favorit penggemar dan digambarkan memiliki "surai singa... garis-garis harimau [dan] kecepatan macan kumbang".[22][23][24] Telah dikagumi sejak masa lalu karena keindahannya. Ia berlari dengan lincah seperti menggunakan sayap. Arcanine dikenal dengan kecepatannya yang tinggi, karena dikatakan mampu berlari lebih dari 6.200 mil dalam satu hari dan malam. Api yang berkobar di dalam tubuh Arcanine adalah sumber kekuatannya. Legenda menceritakan pertarungannya bersama seorang jenderal dan menaklukkan seluruh negara. Ada begitu banyak cerita lama tentang mereka sehingga Arcanine dibicarakan dan dikategorikan dalam Pokédex sebagai Pokémon Legendaris, meskipun ia adalah Pokémon liar yang umum. Seperti Growlithe, ia memiliki [[Hisuian Arcanine|Hisuian form] bertipe Api/Batu.
Poliwag
Nyoromo (ニョロモ)
(0060)
  Air N/A Poliwhirl (#0061) Karena kakinya belum berkembang, ia tidak pandai berdiri atau berjalan, sehingga ia lebih suka berenang, meski pelatihnya harus melatihnya berjalan setiap hari. Meskipun ada bahaya, ia ingin muncul di darat, jadi ia melakukan yang terbaik untuk berjalan tertatih-tatih, tetapi ketika musuh menemukannya, ia bergegas kembali ke air. Kulit Poliwag yang tipis membuat bagian dalamnya yang berbentuk spiral terlihat. Jika pusarannya berwarna putih, berarti Poliwag sakit. Meski tipis, kulitnya lentur dan berlendir, sehingga taringnya yang tajam pun bisa memantul. Arah spiralnya cenderung berbeda berdasarkan luas. Pakar Poliwag dapat membedakannya secara sekilas. Di sungai yang airnya berarus deras, ia akan menempel pada batu dengan menggunakan bibirnya yang berfungsi seperti alat penghisap.
Poliwhirl
Nyorozo (ニョロゾ)
(0061)
  Air Poliwag (#0060) Poliwrath (#0062)
Politoed (#0186)
Poliwhirl adalah salah satu Pokémon yang paling banyak dipasarkan.[25][26] Ia dapat hidup di dalam atau di luar air, tetapi lebih suka hidup di air yang musuh alaminya lebih sedikit dan mangsanya lebih banyak. Saat keluar air, ia terus-menerus mengeluarkan keringat sehingga tubuhnya selalu basah dan licin karena cairan berminyak. Oleh karena itu, ia dapat dengan mudah lepas dari cengkeraman musuhnya. Kesehatannya terganggu ketika kulitnya mengering, jadi pelatih harus menjaga kelembapannya. Ia pergi ke darat untuk mencari serangga Pokémon, lalu membawanya ke bawah air sehingga dapat memakannya dengan aman. Pola spiral di perutnya bergerak secara halus, dan menatapnya terlalu lama dapat membuat anak-anak dan Pokémon tertidur.
Poliwrath
Nyorobon (ニョロボン)
(0062)
  Air / Petarung Poliwhirl (#0061) N/A Sebagai perenang yang terampil, ia dapat mengalahkan atlet profesional dengan mudah, dan anak-anak meniru gerakannya untuk belajar berenang. Ia juga ahli dalam seni bela diri, dan cukup kuat untuk meninju batu besar menjadi debu. Meski beradaptasi hidup di air, ia memilih hidup di lahan kering.
Abra
Kēshii (ケーシィ)
(0063)
  Fisik N/A Kadabra (#0064) Bahkan ketika Abra tertidur hampir sepanjang hidupnya, ia dapat merasakan bahaya dengan kekuatan psikisnya yang sangat kuat. Ketika dalam bahaya, ia akan berteleportasi ke tempat yang aman. Kekuatannya mungkin dipengaruhi oleh apa yang diimpikannya.
Kadabra
Yungerā (ユンゲラー)
(0064)
  Fisik Abra (#0063) Alakazam (#0065) Pada bulan November 2000, pesulap Israel Uri Geller menggugat Nintendo, mengklaim Kadabra melakukan perampasan identitasnya secara tidak sah.[27][28][29] Namun pada tahun 2020, ia merilis klaim bahwa Nintendo bisa menggunakan Kadabra lagi.[30] Beberapa Kadabra diteorikan pernah menjadi anak manusia yang tidak bisa mengendalikan kekuatannya. Kekuatan psikisnya dapat menyebabkan jam berjalan mundur, atau perangkat lain berhenti berfungsi.
Alakazam
Fūdin (フーディン)
(0065)
  Fisik Kadabra (#0064) Mega Evolution Sel-sel otaknya berkembang biak tanpa batas seiring bertambahnya usia, memperkuat kekuatan psikisnya dan memungkinkannya mengingat segalanya sejak ia menetas sebagai Abra. Ototnya lemah, sehingga ia mengangkat tubuhnya dengan kekuatan batinnya. Ia mungkin memberikan sendoknya kepada seseorang yang dipercayanya. Ia memperoleh Mega Evolution di generasi VI.
Machop
Wanrikī (ワンリキー)
(0066)
  Petarung N/A Machoke (#0067) Otot Machop tidak pernah sakit. Ia melatih dirinya sendiri dengan mengangkat Graveler. Machop yang lebih kuat dan percaya diri akan bersaing dengan Makuhita.
Machoke
Gōrikī (ゴーリキー)
(0067)
  Petarung Machop(#0066) Machamp (#0068) Machoke biasanya digunakan untuk pekerjaan angkat berat karena kekuatannya. Sabuknya mengatur kekuatannya, dan hanya menghilangkannya saat berhadapan dengan lawan yang sangat kuat.
Machamp
Kairikī (カイリキー)
(0068)
  Petarung Machoke (#0067) Gigantamax Machamp memiliki empat lengan. Ia dapat melontarkan sekitar 500 pukulan dalam satu detik dan memindahkan gunung dengan satu tangan. Ia memiliki refleks dan ketangkasan yang buruk, lengannya bereaksi lebih cepat dari yang diperkirakan Machamp, dan menjadi kusut saat melakukan tugas-tugas rumit. Seperti halnya Machoke, sabuknya mengatur kekuatannya, dengan konsekuensi yang lebih merusak jika dilepas. Ia memperoleh Gigantamax form pada generasi VIII.
Bellsprout
Madatsubomi (マダツボミ)
(0069)
  Rumput / Racun N/A Weepinbell (#0070) Ia dapat menanam dirinya sendiri ke dalam tanah untuk menyerap kelembapan, tetapi tidak dapat bergerak saat berakar. Ia bisa mengeluarkan asam dari mulutnya.
Weepinbell
Utsudon (ウツドン)
(0070)
  Rumput / Racun Bellsprout (#0069) Victreebel (#0071) Ia memiliki pengait di bagian belakangnya yang dapat digunakan untuk mengait pada pohon dan tidur, tetapi ia dapat jatuh jika terlalu banyak bergerak. Jika ia tidak dapat melarutkan mangsanya dengan asam, ia akan memotong mangsanya dengan daunnya yang tajam.
Victreebel
Utsubotto (ウツボット)
(0071)
  Rumput / Racun Weepinbell (#0070) N/A Kelompok Victreebel menunggu di hutan beriklim sedang hingga mangsa yang tidak curiga masuk ke mulut mereka, salah mengira asamnya sebagai nektar. Semakin banyak mangsa yang dikonsumsinya, semakin manis bau asamnya.
Tentacool
Menokurage (メノクラゲ)
(0072)
  Air / Racun N/A Tentacruel (#0073) 99% terdiri dari air, dan 1% lainnya merupakan organ yang menghasilkan racun. Jika tentakelnya putus, mereka dapat tumbuh kembali dengan cepat. Tubuhnya mengerut saat berada di luar air, namun racunnya tidak. Meskipun secara visual mirip dengan Toedscool, kedua spesies tersebut tidak berkerabat secara biologis.
Tentacruel
Dokukurage (ドククラゲ)
(0073)
  Air / Racun Tentacool (#0072) N/A 80 tentakelnya dapat tumbuh kembali atau menyusut sesuka hati, dan ia menggunakannya untuk membatasi mangsanya sambil melumpuhkannya dengan racun. Meskipun jarang, Tentacruel cenderung berburu secara berkelompok. Meskipun secara visual mirip dengan Toedscruel, kedua spesies tersebut tidak berkerabat secara biologis.
Geodude
Ishitsubute (イシツブテ)
(0074)
  Batu / Tanah N/A Graveler (#0075) Geodude bangga dengan tubuh kerasnya, memamerkannya atau bersaing dengan Roggenrola, Carbink, atau Geodude lainnya untuk melihat siapa yang paling keras. Kelompok Geodude berada di jalur pegunungan, sehingga orang yang tidak curiga sering salah mengira mereka sebagai bebatuan biasa. Ia memiliki tipe Batu/Listrik Bentuk Alolan.
Graveler
Gorōn (ゴローン)
(0075)
  Batu / Tanah Geodude (#0074) Golem (#0076) Ia jatuh dari gunung untuk transportasi atau bersenang-senang, menghancurkan sebagian besar benda yang ditabraknya. Ia tidak mempermasalahkan jika bagian-bagiannya jatuh atau terkelupas, karena dapat tumbuh kembali. Ia memiliki tipe Batu/Listrik Bentuk Alolan.
Golem
Gorōnya (ゴローニャ)
(0076)
  Batu / Tanah Graveler (#0075) N/A Ia melepaskan kulitnya setahun sekali untuk tumbuh, yang pada gilirannya hancur menjadi tanah yang bergizi. Ia dapat menarik kepala dan anggota tubuhnya ke dalam cangkangnya yang berlubang untuk berguling-guling menuruni gunung, menginjak-injak apa pun yang dilewatinya. Untuk menghindari penghancuran properti, orang-orang menggali alur di pegunungan untuk memandunya. Golem yang lebih tua berhenti mengeluarkan peluru dan lumut tumbuh di cangkangnya. Ia memiliki [[Alolan Golem|Bentuk Alolan] bertipe Batu/Listrik.
Ponyta
Ponīta (ポニータ)
(0077)
  Api N/A Rapidash (#0078) Saat dilahirkan, ia tidak dapat berdiri dengan baik dan berlari bersama orang tuanya untuk menguatkan kakinya. Ia dapat memilih kapan apinya dapat membakar orang atau tidak. Ia memiliki tipe Psikis Galarian form.
Rapidash
Gyaroppu (ギャロップ)
(0078)
  Api Ponyta (#0077) N/A Sebagai Pokémon yang populer, Rapidash dianggap "menarik secara universal" bagi para penggemar Pokémon yang lucu dan keren. Baik Ponyta maupun Rapidash dapat membuat api di tubuh mereka menjadi berbahaya atau tidak berbahaya seperti yang terlihat di anime.[31][32][33][34] Pokémon yang kompetitif, jika ia melihat sesuatu yang lebih cepat darinya, seperti mobil atau Pokémon lainnya, ia akan berlari dengan kecepatan hingga 150 mph untuk mencoba berlari lebih cepat darinya. Pada saat itu, kukunya hampir tidak menyentuh tanah. Ia dapat melintasi seluruh Hisui dalam satu setengah hari. Semakin cepat ia berjalan, semakin panjang surainya. Jika tidak, ia akan terlihat berlari kencang di ladang. Ia memiliki tipe Psikis/Peri Bentuk Galarian.
Slowpoke
Yadon (ヤドン)
(0079)
  Air / Fisik N/A Slowbro (#0080)
Slowking (#0199)
Slowpoke itu bodoh dan malas, sampai-sampai membutuhkan waktu hingga lima detik untuk memproses rasa sakit. Ia hidup di tepi perairan, dan menggunakan ekornya untuk mencari mangsa, tetapi mungkin memerlukan waktu satu hari untuk menyadari bahwa ia telah digigit. Beberapa budaya percaya bahwa menguap membawa hujan, dan memujanya. Ia berevolusi menjadi Slowbro saat Shellder menggigit ekornya, atau menjadi Slowking saat ia menggigit kepalanya. Ia memiliki tipe Psikis Galarian form.
Slowbro
Yadoran (ヤドラン)
(0080)
  Air / Fisik Slowpoke (#0079) Mega Evolution Slowpoke telah menangkap Shellder dengan ekornya, yang mengejutkannya hingga berevolusi dan membuatnya berdiri dengan dua kaki. Shellder telah berubah menjadi cangkang berbentuk spiral untuk menyedot lebih banyak cairan manis dari ekor Slowbro. Jika Shellder melepaskan diri dari Slowbro dengan cara apa pun, ia akan berpindah kembali ke Slowpoke. Karena awalnya lamban, Slowbro tidak merasakan sakit di ekornya karena racun Shellder yang merembes. Karena ekornya telah digigit oleh Shellder, ia harus dengan enggan berenang mencari mangsa. Setiap kali Shellder menggigit ekornya lebih keras, itu memberi Slowbro sekilas inspirasi, yang kemudian dilupakannya. Ia memperoleh Mega Evolution di generasi VI. Ia memiliki tipe Racun/Psikis Bentuk Galarian.
Magnemite
Koiru (コイル)
(0081)
  Listrik / Baja[nb 5] N/A Magneton (#0082) Dua magnet di sisinya digunakan untuk mengeluarkan serangan dan mengambang. Ia tertarik pada gelombang elektromagnetik dari perangkat seperti Pokégears, dan menempel pada pemutus listrik. Pemadaman listrik yang bukan disebabkan oleh badai bisa jadi disebabkan oleh koloni Magnemite yang memakannya. Ia menjadi tidak mampu terbang jika kehabisan listrik. Dua magnet di sisinya cukup kuat untuk menarik benda besi dari jarak hingga 300 kaki, dan menjadi semakin kuat seiring dengan cepatnya putarannya. Menyentuhnya saat sedang memakan listrik akan memberikan kejutan pada seluruh tubuh. Jumlahnya semakin berkurang karena sebagian besar jaringan listrik modern terkubur di bawah tanah.
Magneton
Reakoiru (レアコイル)
(0082)
  Listrik / Baja[nb 5] Magnemite (#0081) Magnezone (#0462) Terbentuk ketika beberapa Magnemit menyatu, suhunya cenderung meningkat sebesar 3,6 °F dalam jarak 3.600 ft (1.100 m). Ini menghasilkan sinyal radio yang aneh. Kelompok Magneton cenderung berkumpul di tempat terjadinya jilatan api matahari. Paparannya dapat menyebabkan sakit telinga. Daya magnetnya sangat kuat sehingga mengeringkan kelembapan di sekitarnya, dan berpotensi berakibat fatal bagi perangkat seperti TV. Akibatnya, kota-kota besar mempunyai sirene untuk memperingatkan warganya tentang kemunculan Magneton, dan pelatih diperingatkan untuk menjaga Magneton tetap berada di dalam Poké Ball mereka. Ketika berevolusi, otak Magnemite terhubung, meski tidak menjadi tiga kali lebih pintar. Ketika awan hujan terbentuk, mereka suka berkumpul di tempat tinggi dimana petir bisa menyambar. Sandy Shocks tampaknya merupakan kerabat kunonya.
Farfetch'd
Kamonegi (カモネギ)
(0083)
  Normal / Terbang No evolution[nb 6] Ia membawa tangkai daun bawang seperti pedang. Tampaknya ia tahu di mana yang terbaik dan akan melawan Farfetch lain untuk memperebutkannya. Dalam keadaan darurat, ia akan memakannya, dan kemudian lari mencari yang baru. Farfetch'd sangat langka sehingga orang membiakkannya untuk menumbuhkan kembali populasinya. Karena ia tidak bisa hidup tanpanya, ia akan mempertahankan tangkainya dengan nyawanya. Ia memiliki tipe Pertarungan Galarian form.
Doduo
Dōdō (ドードー)
(0084)
  Normal / Terbang N/A Dodrio (#0085) Sayapnya yang pendek membuat terbang menjadi sulit, sehingga ia menjadi pelari yang kuat, mampu mencapai kecepatan 60 mph. Kedua kepala tersebut memiliki otak yang sama, meskipun beberapa Doduo diyakini memiliki otak yang berbeda. Ia menaikkan dan menurunkan kepalanya untuk menjaga keseimbangan saat berlari. Satu kepala akan tetap waspada sementara yang lainnya tidur.
Dodrio
Dōdorio (ドードリオ)
(0085)
  Normal / Terbang Doduo (#0084) N/A Kepala dengan leher paling tebal dianggap sebagai pemimpin dan mempunyai kendali atas tubuh. Ketiga kepala itu mengungkapkan kegembiraan, kesedihan, dan kemarahan saat mereka merencanakan strategi bersama. Jika mereka tidak bisa menyepakati sesuatu untuk dilakukan atau terlalu memikirkan rencana mereka, mereka tidak akan bisa bergerak. Ketika dua kepala tertidur, satu kepala tetap terjaga. Ia memiliki tiga jantung dan enam paru-paru, sehingga meningkatkan daya tahannya, jadi meskipun lebih lambat dari Doduo, ia dapat berlari dalam jangka waktu yang lebih lama.
Seel
Pauwau (パウワウ)
(0086)
  Air N/A Dewgong (#0087) Ia suka berenang di perairan bersuhu 14°F. Tanduknya cukup keras untuk menembus es. Ia memiliki kulit tebal yang ditutupi bulu hangat. Ia hidup di perairan dengan suhu hingga -40°F. Meski bukan pejalan kaki yang hebat, ia adalah perenang yang terampil. Ia menutup lubang hidungnya saat berenang. Pada siang hari, dapat ditemukan tidur di dasar laut perairan dangkal. Kehadiran mereka di iklim Alolan dianggap sebuah misteri.
Dewgong
Jugon (ジュゴン)
(0087)
  Air / Es Seel (#0086) N/A Dewgong dapat menyimpan energi panas di dalam tubuhnya untuk menahan suhu dingin. Pada malam hari, ia berburu mangsa seperti Wishiwashi, dan pada siang hari, ia tidur di es atau perairan dangkal, atau berjemur di pantai. Seorang nelayan pernah mengira Dewgong di gunung es adalah putri duyung.
Grimer
Betobetā (ベトベター)
(0088)
  Racun N/A Muk (#0089) Karena sebagian besar terdiri dari kotoran beracun, ia dapat dengan mudah masuk ke dalam pipa limbah. Grimer sebagian besar tinggal di perkotaan, pabrik, dan danau, tempat mereka dapat menemukan limbah untuk dikonsumsi, meskipun perbaikan lingkungan telah menyebabkan populasinya mulai berkurang. Ia memiliki tipe Racun/Gelap Bentuk Alolan.
Muk
Betobeton (ベトベトン)
(0089)
  Racun Grimer (#0088) N/A Hal ini didasarkan pada dorotabō, yōkai bermata satu dan berjari tiga yang muncul dari lumpur sawah yang terabaikan dan ditumbuhi tanaman. Muk tertutup lumpur kotor beracun yang sangat keji sehingga tanah apa pun yang dilaluinya menjadi tidak ramah hingga tiga tahun. Setetes cairan tubuhnya dapat membuat kolam menjadi tengik atau membuat seseorang terbaring di tempat tidur selama berhari-hari. Hidungnya sudah berubah, jadi tidak bisa mencium bau apa pun. Ia memakan segala sesuatu yang menjijikkan dan kotor, seperti air selokan. Jumlahnya mulai menurun sejak masyarakat mulai membersihkan kota, dan karena sebagian orang mengira hewan ini mungkin akan punah, maka dibuatlah kolam lumpur untuk mencegah hal ini. Seperti Grimer, ia memiliki tipe Racun/Gelap Bentuk Alolan.
Shellder
Sherudā (シェルダー)
(0090)
  Air N/A Cloyster (#0091) Menarik-narik lidahnya yang selalu menjulur akan membuatnya terkejut hingga cangkangnya terbuka. Ia membuka dan menutup cangkangnya secara berurutan untuk mendorong dirinya mundur. Shellder diketahui mencari ekor Slowpoke, secara tidak sengaja menyebabkan mereka berevolusi menjadi Slowbro. Menggigit kepalanya malah akan menyebabkannya berevolusi menjadi Slowking. Itu dan Cloyster terkait dengan baris Shellos.
Cloyster
Parushen (パルシェン)
(0091)
  Air / Es Shellder (#0090) N/A Biasanya ia menutup cangkangnya kecuali ia menyerang. Ia menggunakan sistem proyektil yang sama – menelan air laut dan mengeluarkannya dari depan atau belakang – untuk menembakkan paku dan berenang. Anatomi internalnya belum terlihat.
Gastly
Gōsu (ゴース)
(0092)
  Hantu / Racun N/A Haunter (#0093) Ia bersembunyi di bawah bangunan untuk menghentikan angin meniup tubuh gasnya. Ia menelan mangsanya dalam ukuran berapa pun dengan gasnya, meracuninya melalui kulitnya atau mencekiknya.
Haunter
Gōsuto (ゴースト)
(0093)
  Hantu / Racun Gastly (#0092) Gengar (#0094) Karena kemampuannya untuk menembus dinding, Haunter dikatakan berasal dari dimensi lain. Ia melemahkan kehidupan korbannya dengan menjilati mereka dengan lidahnya yang dingin dan mengandung gas. Mereka yang dijilat olehnya semakin lemah setiap hari, gemetar tak terkendali hingga mereka mati. Jika seseorang tersandung dan jatuh tanpa alasan yang jelas atau mendengar suara saat tidak ada orang di sekitarnya, itu mungkin adalah Haunter. Karena takut cahaya dan menyukai kegelapan, ia mungkin berada di ambang kepunahan di kota-kota yang terang benderang di malam hari. Pada malam tanpa bulan, Haunter mencari seseorang untuk dikutuk.
Gengar
Gengā (ゲンガー)
(0094)
  Hantu / Racun Haunter (#0093) Mega Evolution

Gigantamax Form

Gengar meresap ke dalam bayang-bayang manusia dan Pokémon untuk menakut-nakuti mereka demi bersenang-senang atau memakan kekuatan hidup mereka. Suhu dingin yang tiba-tiba mencapai 10°F atau lebih dingin mungkin berarti Gengar mencoba mengutuk seseorang. Gengar akan bersembunyi di sudut gelap ruangan mana pun yang bisa ia temukan dan menunggu kesempatan untuk menangkap mangsanya. Ia suka menyerang orang di pegunungan. Terkadang, Gengar berperan sebagai bayangan orang. Tampaknya ia menginginkan teman seperjalanan. Karena mungkin pernah menjadi manusia, ia mencoba menciptakannya dengan mengambil nyawa manusia lain. Awalnya dibuat oleh Satoshi Tajiri dan Ken Sugimori,[35][36] ia telah menjadi salah satu Pokémon paling populer, menempati posisi kesepuluh dalam jajak pendapat Google Pokémon of the Year 2020.[37] Kotaku's Zack Zwiezen mengatakan Gengar adalah "salah satu desain gen 1 favorit [mereka]", menyebutnya sebagai "desain hebat [karena] sederhana, namun tidak membosankan atau umum".[38] Gengar telah muncul di banyak spin-off atau crossover Pokémon, termasuk Turnamen Pokkén[39] dan Pokémon Unite.[40] Ia memperoleh Mega Evolution di generasi VI dan Gigantamax form di generasi VIII.
Onix
Iwāku (イワーク)
(0095)
  Batu / Tanah N/A Bajaix (#0208) Biasanya hidup di bawah tanah. Seiring pertumbuhannya, bagian batu di tubuhnya mengeras hingga menyerupai berlian, namun berwarna hitam. Meskipun tubuhnya besar dengan panjang lebih dari 26 kaki, ia dapat menggeliat di tanah dengan kecepatan 80 km/jam. Saat ia menggali tanah, ia memakan benda keras, sehingga membuat tubuhnya lebih padat. Diglett mungkin menggunakan terowongan yang digalinya sebagai rumah. Onix memiliki magnet di otaknya yang berfungsi sebagai kompas agar tidak kehilangan arah saat melakukan terowongan. Seiring bertambahnya usia, tubuhnya menjadi semakin bulat dan halus. Ini berkembang menjadi Steelix ketika diperdagangkan sambil memegang Mantel Logam.[41][42][43][44]
Drowzee
Surīpu (スリープ)
(0096)
  Fisik N/A Hypno (#0097) Desain Drowzee didasarkan pada tapir [[Baku (mitologi)|Baku] pemakan mimpi. Ia membuat orang tertidur dengan hipnotismenya dan memakan impian mereka melalui hidung mereka. Ia bisa sakit karena makan mimpi buruk. Jika seseorang sering tidur di dekatnya, itu mungkin menunjukkan mimpi yang dimakannya di masa lalu. Jika seseorang melupakan mimpinya, Drowzee mungkin telah memakannya. Ia mengingat setiap mimpi yang dimakannya, dan jarang memakan mimpi orang dewasa karena mimpi anak-anak lebih enak.
Hypno
Surīpā (スリーパー)
(0097)
  Fisik Drowzee (#0096) N/A Desain Hypno didasarkan pada tapir Baku pemakan mimpi dan penghipnotis. Hypno memegang pendulum di tangannya. Gerakan melengkung, ritme ayunan, dan gemerlap pendulum membantu menidurkan musuh ke dalam kondisi hipnosis yang mendalam, bahkan jika mereka baru saja bangun tidur. Diduga, pernah ada kejadian merenggut anak yang dihipnotisnya. Saat lapar, ia membuat manusia yang ditemuinya tertidur, lalu menikmati mimpinya dan membawa pergi siapa pun yang mengalami mimpi indah. Meskipun merupakan Pokémon yang sangat berbahaya, ia jarang membahayakan manusia, dan mereka yang sulit tidur menyebutnya sebagai penyelamat mereka. Di Alola, Komala adalah target utama Hypno, lebih diprioritaskan daripada manusia. Ada Hypno yang membantu dokter dengan pasien yang tidak bisa tidur. Entri Pokédex Hypno telah membuatnya menjadi subjek creepypasta.[45]
Krabby
Kurabu (クラブ)
(0098)
  Air N/A Kingler (#0099) Krabby dan Kingler tinggal di dekat tepi air, biasanya di pantai. Ia dapat menyelubungi tubuhnya dengan busa agar terlihat lebih besar dari aslinya. Jika rusak atau hilang dalam pertempuran, penjepitnya akan tumbuh kembali dengan cepat, meskipun ia kesulitan menyeimbangkan tanpa penjepit tersebut.
Kingler
Kingurā (キングラー)
(0099)
  Air Krabby (#0098) Gigantamax Cakar kirinya telah tumbuh dua kali lebih besar dari cakar kanannya, dan kini cukup kuat untuk memecahkan cangkang Cloyster. Namun, mengayunkannya dapat menyebabkan masalah keseimbangan dan melelahkannya. Kingler dikatakan berkomunikasi satu sama lain dengan melambaikan penjepitnya. Ia memperoleh Gigantamax form di generasi VIII.
Voltorb
Biriridama (ビリリダマ)
(0100)
  Listrik N/A Electrode (#0101) Dipercaya bahwa Voltorb tercipta ketika Poké Ball dipukul dengan pulsa energi. Jika diaduk atau diketuk maka akan meledak. Terkadang, manusia salah mengira Voltorb yang tersesat sebagai Poké Ball, menyentuhnya, dan terkejut atau meledak. Ia memiliki [[Hisuian Voltorb|Bentuk Hisuian] tipe Listrik/Rumput.
Electrode
Marumain (マルマイン)
(0101)
  Listrik Voltorb (#0100) N/A Elektroda menyerupai Poké Ball yang terbalik, meskipun hubungan sebenarnya dengan bola tersebut belum dapat dikonfirmasi. Berbeda dengan Voltorb, ia dapat mengendalikan ledakannya, namun tetap akan meledak kapan saja dan untuk alasan apa pun. Kelompok Elektroda tinggal di pembangkit listrik dan memakan listriknya, menyebabkan pemadaman listrik. Seperti Voltorb, ia memiliki tipe Listrik/Rumput Bentuk Hisui.
Exeggcute
Tamatama (タマタマ)
(0102)
  Rumput / Fisik N/A Exeggutor (#0103) Meskipun terlihat seperti telur, Exeggcute sebenarnya adalah kumpulan benih. Ketika retakan semakin banyak muncul pada benih, Exeggcute hampir berevolusi. Ketika diganggu, mereka dengan cepat berkumpul dan menyerang secara berkelompok. Jika salah satu terpisah dari grup, keenamnya akan segera berkumpul kembali dengan telepati. Meskipun ukurannya sama dengan yang lain, Alolan Exeggcute lebih berat dari yang lain karena cangkangnya dikemas penuh. Mereka sering diburu oleh Pidgeotto dan Crabrawler, namun menggunakan psikokinesis untuk mengusirnya.
Exeggutor
Nasshī (ナッシー)
(0103)
  Rumput / Fisik Exeggcute (#0102) N/A Ini adalah Pokémon mirip pohon kelapa yang berdasarkan pada jinmenju, dan Pokémon favorit Tsunekazu Ishihara, presiden dan CEO The Pokémon Company, yang telah menggunakannya sepanjang fase debugging Pokémon Red dan Green.[46] Ketiga kepalanya berpikir secara independen satu sama lain, dan menjadi tidak mampu bertindak jika mereka tidak sepakat mengenai apa yang harus dilakukan. Mereka berkomunikasi melalui telepati. Terkadang, salah satu kepalanya tumbuh begitu besar hingga rontok dan menjadi Exeggcute. Tangisannya berisik karena masing-masing kepala memikirkan hal lain. Exeggutor ramah, dan hanya menyerang musuh mereka dengan kekuatan batin jika diperlukan. Ia memiliki [[Alolan Exeggutor|bentuk Alolan] bertipe Rumput/Naga.
Cubone
Karakara (カラカラ)
(0104)
  Tanah N/A Marowak (#0105) Cubone memakai tengkorak mendiang ibunya. Karena tengkorak tersebut tidak pernah dihilangkan, tidak ada yang pernah melihat wajah asli Cubone. Noda pada tengkorak yang dikenakannya disebabkan oleh air mata yang ditumpahkannya. Ketika ia memikirkan almarhum ibunya, ia menangis dengan keras, dan Mandibuzz yang mendengar tangisannya akan menyerangnya dari udara.
Marowak
Garagara (ガラガラ)
(0105)
  Tanah Cubone (#0104) N/A Tulang yang dipegangnya adalah senjata utamanya. Ia melempar tulang seperti bumerang untuk melumpuhkan sasaran. Awalnya seekor Cubone, ia mengatasi kematian ibunya dan menjadi kasar dan agresif. Ada yang bilang kuburan Marowak ada di suatu tempat di dunia. Ia melakukan pembalasan terhadap musuh alaminya, Mandibuzz, sambil melempar tulang untuk mencoba menjatuhkannya. Mereka membenturkan tulangnya secara berirama untuk berkomunikasi satu sama lain, dengan hampir 50 pola ritme yang berbeda. Ia memiliki Bentuk Alolan bertipe Hantu/Api.
Hitmonlee
Sawamurā (サワムラー)
(0106)
  Petarung Tyrogue (#0236) N/A Desain Hitmonlee didasarkan pada pria tanpa kepala. Ini mungkin juga didasarkan pada Kabandha. Nama Inggrisnya berasal dari aktor dan seniman bela diri Bruce Lee, sedangkan nama Jepangnya berasal dari kickboxer Tadashi Sawamura. Saat terburu-buru, kakinya semakin menguat. Keseimbangannya memungkinkannya menyerang dari posisi apa pun. Ada yang menyebutnya "Tendangan Master". Setelah bertarung, ia menggosok kakinya yang kenyal untuk mengatasi rasa lelah. Kakinya bisa meregang hingga dua kali lipat panjangnya. Hitmonlee dan Hitmonchan tidak memiliki garis evolusi yang berbeda sampai Tyrogue dan Hitmontop dikandung. Hitmonlee berevolusi dari Tyrogue jika memiliki Serangan lebih tinggi daripada Pertahanan.
Hitmonchan
Ebiwarā (エビワラー)
(0107)
  Petarung Tyrogue (#0236) N/A Nama Inggrisnya berasal dari aktor dan seniman bela diri Jackie Chan, sedangkan nama Jepangnya berasal dari petinju Hiroyuki Ebihara. Ia dapat memukul dengan cukup cepat hingga mengeluarkan udara dan cukup keras untuk menghancurkan Batu, meskipun ia perlu istirahat selama beberapa menit setelah melakukannya. Ia memutar lengannya untuk memukul lebih keras, dan meninju dengan cara pembuka botol. Seorang Hitmonchan dikatakan memiliki semangat seorang petinju yang telah bekerja menuju kejuaraan dunia. Ia berevolusi dari Tyrogue jika memiliki Pertahanan lebih tinggi daripada Serangan.
Lickitung
Beroringa (ベロリンガ)
(0108)
  Normal N/A Lickilicky (#0463) Alih-alih menggunakan tangannya, ia menggunakan lidahnya yang panjang dan dapat dipegang. Ia melumpuhkan Pokémon serangga dengan menjilatinya, dan memakannya utuh. Jika tidak segera dicuci, jilatannya bisa menimbulkan ruam yang gatal. Lidahnya bisa meregang hingga 6 inci, dan ketika itu terjadi, ekornya bergetar dan berkontraksi. Ia memiliki saraf yang melewati lidahnya, sehingga ia dapat menggunakannya dengan bebas. Ia menjilat benda-benda kotor untuk membersihkannya, namun air liurnya masih berbau dan kotor, sehingga tidak menjadi lebih bersih. Setiap kali Lickitung menemukan sesuatu yang baru, ia menjilatnya untuk mengingat rasa dan tekstur benda tersebut. Air liurnya yang direbus akan menjadi perekat yang kuat.
Koffing
Dogāsu (ドガース)
(0109)
  Racun N/A Weezing (#0110) Koffing didasarkan pada polusi udara dan meteorit. Ia mencampur racunnya dengan sampah busuk yang dimakannya untuk menghasilkan gas beracun. Terkadang, ia bisa mengembang secara berlebihan dan meledak.
Weezing
Matadogasu (マタドガス)
(0110)
  Racun Koffing (#0109) N/A Dikatakan terbentuk ketika dua Koffing menyatu. Weezing akan bersarang di tempat yang tidak terawat dan tidak bersih, biasanya di rumah, dan menyerbu sampahnya. Kedua kepalanya memiliki racun yang berbeda, dan ia membuat gas beracunnya lebih kuat dan berbau dengan mendorongnya di antara kepala tersebut. Ia memiliki tipe Racun/Peri Galarian form. Meskipun demikian, Weezing Kantonian pernah menjadi pemandangan umum di Galar, dan menghasilkan gas yang lebih kuat dibandingkan Weezing di wilayah lain.
Rhyhorn
Saihōn (サイホーン)
(0111)
  Tanah / Batu N/A Rhydon (#0112) Karena tidak pandai berbelok, Rhyhorn berlari lurus, menghancurkan segala yang dilewatinya, menghancurkan apapun yang menghalanginya. Meskipun ia dapat merobohkan balok baja tanpa banyak perawatan, kepalanya mungkin akan sakit keesokan harinya. Tulangnya yang besar 1.000 kali lebih keras dibandingkan manusia, dan ia dapat dengan mudah membuat sebuah trailer terbang. Sebagai Pokémon dengan pikiran satu jalur, ketika ia mulai berlari, ia tidak akan berhenti hingga ia tertidur. Otak Rhyhorn sangat kecil dan padat sehingga biasanya lupa mengapa ia bekerja.
Rhydon
Saidon (サイドン)
(0112)
  Tanah / Batu Rhyhorn (#0111) Rhyperior (#0464) Rhydon adalah Pokémon pertama yang diciptakan oleh Game Freak.[47] Berbeda dengan Rhyhorn, ia berkaki dua. Dilindungi oleh kulit seperti baju besi, ia dapat bertahan di lava dengan suhu lebih dari 3,600 °F (−15,778 °C) dan menerima serangan langsung dari bola meriam. Dengan memutar tanduknya yang seperti bor secara cepat, ia dapat melubangi batu-batu besar dan berlian, sementara satu sapuan ekornya dapat merobohkan sebuah bangunan. Otaknya berkembang ketika ia mulai berjalan dengan kaki belakangnya.
Chansey
Rakkī (ラッキー)
(0113)
  Normal Happiny (#0440) Blissey (#0242) Telur yang dibawanya dalam kantongnya dapat menyembuhkan pemakannya dan membuat mereka lebih bahagia. Karena alasan ini, mereka sering dipekerjakan di Pokémon Center.
Tangela
Monjara (モンジャラ)
(0114)
  Rumput N/A Tangrowth (#0465) Seluruh tubuhnya ditutupi tanaman merambat biru tebal, menyembunyikan identitasnya. Ini akan kusut dan terjerat dengan hampir semua hal. Tanaman merambat Tangela patah tanpa rasa sakit dan mudah jika dicengkeram, sehingga memungkinkannya lepas. Tanaman merambat yang hilang tumbuh kembali keesokan harinya. Tanaman merambat Tangela memiliki aroma yang khas, dan di beberapa bagian Galar digunakan sebagai tanaman herbal.
Kangaskhan
Garūra (ガルーラ)
(0115)
  Normal N/A Mega Evolution Betina membesarkan anak-anaknya di dalam kantung perutnya selama sekitar tiga tahun, dan selama waktu ini, bayinya jarang keluar. Anak-anaknya meninggalkan rumah setelah ia belajar mencari makanan, dan ibunya mulai merindukannya. Untuk menghindari bayi tertindih, ia tidur sambil berdiri. Kangaskhan muda yang sedang bermain sendiri tidak boleh diganggu atau ditangkap, karena ibunya akan mengawasinya. Ada catatan tentang anak manusia yang hilang yang dibesarkan oleh Kangaskhan yang tidak memiliki anak. Mereka hidup berkelompok. Ia memperoleh Mega Evolution di generasi VI.
Horsea
Tattsū (タッツー)
(0116)
  Air N/A Seadra (#0117) Horsea dan Seadra didasarkan pada kuda laut.[48] Ia memakan serangga Pokémon dan lumut. Ia dapat menembakkan air dari mulutnya untuk menyerang musuh di dalam atau di luar air, atau tinta untuk menghalangi penyerang. Dengan memutar tubuhnya, ia dapat menciptakan pusaran air.
Seadra
Shīdora (シードラ)
(0117)
  Air Horsea (#0116) Kingdra (#0230) Ia bisa berenang ke segala arah dengan mengepakkan sirip dan ekornya. Ia menciptakan pusaran air untuk menguras habis mangsanya, dan memakannya utuh. Seadra jantan akan merawat Horsea yang baru lahir. Saat melakukannya, Racun di ujung siripnya menjadi lebih tebal dan kuat dari biasanya.
Goldeen
Tosakinto (トサキント)
(0118)
  Air N/A Seaking (#0119) Goldeen dan Seaking didasarkan pada ikan mas.[48] Goldeen awalnya dimaksudkan untuk memiliki pra-evolusi yang disebut "Gyopin"[butuh rujukan] Jika dipelihara di akuarium, ia akan menggunakan tanduknya untuk keluar. Perenang harus berhati-hati di Udara, agar Goldeen tidak menabraknya.
Seaking
Azumaō (アズマオウ)
(0119)
  Air Goldeen (#0118) N/A Seaking dikenal mampu berenang melawan arus dan menaiki air terjun. Ia akan menggunakan tanduknya untuk membuat lubang di Batus untuk bertelur. Penggemar tanduk dan sirip Seaking diketahui suka berkelahi.
Staryu
Hitodeman (ヒトデマン)
(0120)
  Air N/A Starmie (#0121) Ini adalah Pokémon dasar yang menyerupai bintang laut dengan pusat mekanis di tubuhnya, yang memiliki permata merah. Organ ini dikenal sebagai intinya. Selama permata itu tidak terluka, ia dapat meregenerasi seluruh tubuhnya.
Starmie
Sutāmī (スターミー)
(0121)
  Air / Fisik Staryu (#0120) N/A Starmie memiliki yang kedua di punggungnya, yang setengah terpasang, mampu berputar secara independen dari bintang depannya. Starmie memiliki inti permata berwarna merah, yang menyerupai batu mulia yang dipotong dan tampak bersinar dengan tujuh warna pelangi jika dilihat dari sudut yang berbeda, tetapi biasanya tampak lebih merah daripada warna lainnya. Ia juga dapat memancarkan Gelombang Listrikal dari intinya yang cukup kuat untuk mencapai bagian terjauh alam semesta.
Mr. Mime
Bariyādo (バリヤード)
(0122)
  Fisik / Peri[nb 3] Mime Jr. (#0439) N/A[nb 7] Terlepas dari namanya, ada Mr. Mime perempuan. Ini adalah pantomim terampil yang suka melakukan pantomim. Ia dapat menciptakan penghalang dengan menggetarkan udara dengan ujung jarinya. Jika disela atau penontonnya tidak terkesan, ia akan menampar mereka dengan tangan lebar. Ia memiliki tipe Es/Psikis Bentuk Galarian.
Scyther
Sutoraiku (ストライク)
(0123)
  Serangga / Terbang N/A Scizor (#0212)
Kleavor (#0901)
IGN and GamesRadar have praised Scyther's "cool" design.[49][50][51] With its ninja-like movements, Scyther can create afterimages of itself. It can slEs thick logs with a single stroke. On rare occasions, it flies with its wings. It is proud of its speed. While young, they live together deep in the mountains, training themselves in Petarung with their scythes and moving at high speeds.
Jynx
Rūjura (ルージュラ)
(0124)
  Es / Fisik Smoochum (#0238) N/A Jynx has spawned controversy due to aspects of its design being similar to blackface, leading Game Freak to change the color of its skin from black to purple.[52][53][54][55][56] When Pokémon Yellow was rereleased on the Nintendo 3DS Virtual Console, the in-game sprite of Jynx was edited to reflect this change.[56] Jynx's appearance is a purple humanoid with blond hair and a dress. It can put opponents to sleep by kissing them. Jynx can communicate with what appears to be a human-like language, though it has yet to be deciphered, so they usually opt to communicate with dance-like movement instead.
Electabuzz
Erebū (エレブー)
(0125)
  Listrik Elekid (#0239) Electivire (#0466) Groups of Electabuzz gather near power plants or places likely to be struck by thunder to feast on their Listrikity. For this reason, they are often placed in houses as lightning rods. Power plants employ the use of Tanah-type Pokémon to prevent Electabuzz from eating their energy and causing blackouts, though they are usually the fault of the companies running them. In the Gelap, it glows a whitish-blue color.
Magmar
Būbā (ブーバー)
(0126)
  Api Magby (#0240) Magmortar (#0467) While Magmar was voted the eighth best Api-type Pokémon by the Official Nintendo Magazine readers,[57] GamesRadar had criticized its design multiple times, noting that its forehead resembles a butt.[58][59] Magmar are found in and around active volcanoes. Its body temperature is 2,200 °F. It dislikes cold places, so it blows flames to make the environment suitable for itself. Its appearance is often obscured by the flames that cover it. It can heal and rest itself by dipping its body into lava. In battle, Magmar blows out flames from all over its body to intimidate its opponent. When it breathes, Its temperature rises, and when it sneezes, flames shoot out. Magmar dispatches its prey with Api, but may accidentally burn said prey to a charred crisp.
Pinsir
Kairosu (カイロス)
(0127)
  Serangga N/A Mega Evolution Awalnya seharusnya memiliki evolusi yang disebut "Plux" di generasi II. Beberapa berspekulasi bahwa desain yang tidak terpakai ini dikerjakan ulang menjadi Heracross.[60] Pinsir dapat menggunakan penjepitnya untuk meremukkan, melemparkan, memukul, atau merobek benda apa pun yang berukuran dua kali lipatnya. Mangsa yang ditangkap ditahan di tempatnya oleh duri yang menusuk dan kekuatan tanduk Pinsir, dan tidak akan dilepaskan sampai terbelah dua. Jika tidak dapat dibelah dua, ia akan melemparkannya ke sana ke mari. Selain berburu mangsa, ia juga cenderung menikmati getah pohon. Pinsir hidup di hutan beriklim sedang atau hutan belantara, dan bersembunyi di bawah tanah atau di dalam pohon untuk menghindari hawa dingin. Di Alola, ia bersaing dengan Vikavolt, namun tetap cocok dengan Heracross. Namun di wilayah lain, ia bersaing dengan Heracross untuk mendapatkan makanan. Pinsir diketahui menilai satu sama lain berdasarkan penjepitnya, yang juga menentukan popularitasnya dengan lawan jenis berdasarkan seberapa tebal penampilannya. Ia memperoleh Mega Evolution di generasi VI.
Tauros
Kentarosu (ケンタロス)
(0128)
  Normal No evolution Saat menyerang, ia menyerang dengan keras sambil mencambuk dirinya sendiri dengan ketiga ekornya. Seperti Rhyhorn, ia tidak akan berhenti berlari sampai ia menabrak sesuatu. Meski bertenaga, ia hanya dapat mengisi daya dalam garis lurus. Mereka bertarung satu sama lain dengan mengunci tanduk untuk membuktikan kekuatan mereka, dan pemimpinnya bangga dengan tanduknya yang penuh bekas luka pertempuran. Jika tidak ada lawan, ia akan menyerang pohon yang lebat, menjatuhkannya. Secara historis, orang-orang telah menaiki Tauros sejak lama, sebuah praktik yang konon dimulai di Alola. Tauros di Alola sebenarnya memiliki sisi tenang, kemungkinan besar karena iklimnya. Namun, Tauros di Galar lebih mudah berubah dan tidak membiarkan orang menaikinya. Ia memiliki tiga bentuk Paldean.
Magikarp
Koikingu (コイキング)
(0129)
  Air N/A Gyarados (#0130) Magikarp sebagian besar tidak berguna dalam permainan, sampai ia berevolusi menjadi Gyarados. Magikarp didasarkan pada ikan mas.[48] Di level 15, Magikarp mempelajari Tackle. Sampai saat itu, ia hanya mengetahui Splash dan tidak dapat diajari gerakan lainnya. Magikarp hampir tidak berguna dalam pertempuran karena hanya bisa berputar-putar. Di masa lalu, itu agak lebih kuat daripada keturunan yang ada saat ini. Terlepas dari kelemahannya, ia sebenarnya adalah Pokémon yang kuat dan subur yang dapat bertahan hidup di perairan mana pun. Otot renangnya lemah sehingga mudah terhanyut oleh arus, sehingga tempat-tempat yang terdapat genangan air seperti laut, danau, sungai, dan genangan air dangkal akan banyak Magikarp yang tersangkut di dalamnya. Ia mungkin jarang melompat, tetapi tidak pernah lebih dari tujuh kaki, sehingga memudahkan predator seperti Pidgeotto untuk menangkapnya saat melompat. Dalam kesempatan yang jarang terjadi, Magikarp yang hidup bertahun-tahun bisa melompati gunung.
Gyarados
Gyaradosu (ギャラドス)
(0130)
  Air / Terbang Magikarp (#0129) Mega Evolution Ketika Magikarp berevolusi menjadi Gyarados, sel-sel otaknya mengalami transformasi struktural, yang dikatakan sebagai penyebab sifat kekerasannya. Sepanjang sejarah, ia akan muncul dan membakar kota-kota, desa-desa, dan kota-kota dalam kekacauan yang berlangsung sekitar satu bulan. Ada beberapa daerah yang menyebutnya sebagai "dewa kehancuran". Meski bertipe Terbang, Gyarados sebenarnya tidak bisa terbang. Ia memperoleh Mega Evolution di generasi VI.
Lapras
Rapurasu (ラプラス)
(0131)
  Air / Es N/A Gigantamax Lapras have gentle hearts. Poachers have driven Lapras to the point of near-extinction, though recent protection regulations have instead made it an overabundant species. It loves transporting people on its back, and can actually understand human speech thanks to its high intelligence. Lapras will sing with other Lapras as a form of communication, or by itself when happy. Lapras is based on the Loch Ness Monster and the plesiosaur, and in early versions of Red and Blue was named "Ness".[61] It gained a Gigantamax form in generation VIII. Many regions in Japan have utilized Lapras' image to encourage tourism.[62][63][64] Lapras has been well received by critics, and has appeared on several lists of the best Pokémon of all time.[65][66][67]
Ditto
Metamon (メタモン)
(0132)
  Normal No evolution Tampil sebagai gumpalan amorf, Ditto mampu berubah menjadi salinan persis dari apa pun yang dilihatnya dengan mengubah kode genetiknya. Namun, transformasi ini seringkali tidak sempurna.[68] Ketidaksempurnaan spesifik bervariasi dari Ditto ke Ditto. Ia tidak bisa akur dengan spesies lain yang sama, karena keduanya akan sia-sia mencoba bertransformasi menjadi satu sama lain. Popularitas Ditto meningkat dengan Gold dan Silver, di mana ia dapat "berkembang biak" dengan Pokémon lain yang mampu berkembang biak, menjadi penting untuk adegan kompetitif waralaba tersebut. . Tapi ia tidak bisa berkembang biak dengan dirinya sendiri.[69] Karena kemiripannya dengan Mew, muncul rumor lama bahwa itu adalah klon yang gagal. Namun teori penggemar ini telah dibantah oleh Game Freak.[70]
Eevee
Ībui (イーブイ)
(0133)
  Normal N/A Multiple[nb 8]
Gigantamax
Eevee sering dianggap sebagai salah satu Pokémon "paling lucu" di waralaba.[71][72][73][74] Karena itu, Eevee ditampilkan di berbagai merchandise terkait Pokemon.[75][76][77] Ini adalah maskot Pokémon: Let's Go, Eevee! Eevee memiliki gaya evolusi eksklusif, di mana setiap evolusi memerlukan persyaratan khusus untuk terjadi, sehingga menghasilkan 8 Pokémon berbeda. Eevee dan evolusinya terkadang disebut sebagai "Eeveelutions". Eevee banyak ditemukan di daerah padat penduduk seperti kota besar dan kecil. Gennya yang tidak stabil memungkinkannya beradaptasi dengan sebagian besar habitat, dan bahkan dengan pelatihnya, hingga akhirnya mengadopsi wajah yang mirip dengan mereka. Pada generasi VIII, ia memperoleh bentuk Gigantamax.
Vaporeon
Shawāzu (シャワーズ)
(0134)
  Air Eevee (#0133) N/A Gen dan DNA-nya hampir identik dengan Udara, sehingga ia dapat melebur ke dalamnya untuk bersembunyi dari musuh atau mangsa. Jika siripnya mulai bermutasi, berarti hujan akan turun dalam beberapa jam. Sekarang ia memiliki kemampuan untuk mengendalikan Udara secara bebas. Ini berevolusi dari Eevee menggunakan Air Stone.[78] Vaporeon menjadi duta Hari Air di Jepang pada tahun 2023.[79]
Jolteon
Sandāsu (サンダース)
(0135)
  Listrik Eevee (#0133) N/A Ia mengakumulasi ion negatif di udara untuk menghasilkan pelepasan 10.000 volt. Ini adalah Pokémon yang pemurung, mudah menjadi sedih atau marah, dan bulunya yang runcing dapat diluncurkan untuk menusuk musuh saat ia berbulu. Sel Jolteon mengeluarkan listrik dalam jumlah kecil, yang diperkuat oleh bulunya yang seperti jarum. Jika bulunya berdiri, berarti ia akan rontok. Suara derak aliran listrik terdengar saat dihembuskan.
Flareon
Būsutā (ブースター)
(0136)
  Api Eevee (#0133) N/A Ia menyimpan api pada suhu lebih dari 1.650°F di dalam kantung apinya, lalu melepaskannya pada suhu lebih dari 3.000°F. Bulunya digunakan untuk mengeluarkan udara dari tubuhnya agar tidak kepanasan. Hewan omnivora ini memanggang buah beri dan mangsanya sebelum memakannya.
Porygon
Porigon (ポリゴン)
(0137)
  Normal N/A Porygon2 (#0233) Porygon menjadi terkenal karena ditampilkan dalam episode anime yang menyebabkan serangan epilepsi yang meluas pada pemirsa Jepang.[80] Kira-kira dibuat sekitar 20 tahun yang lalu, seluruhnya terbuat dari kode pemrograman. Ia bisa memasuki dunia maya sesuka hati. Orang-orang berteori bahwa ia bisa pergi ke luar angkasa, meski sejauh ini belum ada Porygon yang berhasil melakukannya. Ia tidak mempunyai detak jantung dan tidak perlu makan, meskipun ia dapat makan jika diberikan makanan. Karena itu, orang sangat ingin mencobanya di lingkungan apa pun. Porygon dilindungi hak cipta sehingga tidak dapat diduplikasi. Itu dibuat dengan teknologi terbaik tahun 1995, sehingga sudah ketinggalan jaman dibandingkan dengan Pokémon seperti Genesect dan Type: Null. Ini masih berguna di dunia maya, untuk memastikan tidak ada data yang mencurigakan.
Omanyte
Omunaito (オムナイト)
(0138)
  Batu / Air N/A Omastar (#0139) Omanyte adalah Pokémon kuno yang telah dibuat ulang dari Helix Fossils oleh orang-orang yang menggunakan ilmu pengetahuan modern. Jika diserang oleh musuh, ia akan mundur ke cangkang kerasnya. Ia dapat menggunakan udara yang tersimpan di dalam cangkangnya untuk naik atau turun di air. Omanyte tinggal di laut purba. Archaeops dan Carracosta diketahui memangsanya.. Fosil kebangkitan Omanyte digali dari daerah yang dulunya merupakan lautan luas. Karena beberapa Omanyte berhasil melarikan diri setelah dipulihkan atau dilepaskan ke alam liar oleh manusia, secara bertahap ia menjadi spesies invasif.
Omastar
Omusutā (オムスター)
(0139)
  Batu / Air Omanyte (#0138) N/A Omastar biasanya disebut sebagai "Lord Helix" dalam komunitas, sebagai referensi ke Twitch Plays Pokémon, di mana Pokémon dipandang sebagai jimat keberuntungan.[81] Omastar menggunakan tentakelnya untuk menangkap mangsanya. Dipercaya bahwa ia punah karena cangkangnya menjadi terlalu besar dan berat sehingga menyebabkan pergerakannya menjadi terlalu lambat dan kikuk. Setelah melilit mangsanya, ia tidak pernah melepaskannya saat ia menyerang dengan cara mencabik-cabiknya menggunakan paruh tajam yang melingkari mulutnya.
Kabuto
Kabuto (カブト)
(0140)
  Batu / Air N/A Kabutops (#0141) Kabuto adalah Pokémon kuno yang telah diregenerasi dari Fosil Kubah. Namun, dalam kasus yang sangat jarang terjadi, contoh hidup telah ditemukan, identik dengan fosil yang berumur 300 juta tahun. Konon ia menghuni pantai-pantai kuno. Ia melindungi dirinya sendiri menggunakan cangkangnya yang keras dan mata merahnya yang bersinar.
Kabutops
Kabutopusu (カブトプス)
(0141)
  Batu / Air Kabuto (#0140) N/A Kabutops adalah Pokémon prasejarah agresif yang menghuni lautan hangat. Mereka berenang di bawah air untuk berburu mangsa di zaman kuno. Tampaknya ia sedang dalam proses evolusi dari makhluk hidup di air menjadi hidup di darat, terlihat dari awal mula perubahan pada insang dan kakinya. Penyebab pasti kepunahannya belum diketahui. Ia berenang dengan kecepatan sekitar 29 knot, mendekati mangsanya dan mencabik musuhnya dengan kaki depannya yang seperti sabit, dan menghabiskan seluruh cairan tubuh musuhnya. Bagian tubuh yang dibuang menjadi makanan bagi Pokémon lainnya. Di dalam air, ia melipat anggota tubuhnya agar lebih kompak, lalu menggoyangkan cangkangnya agar bisa berenang lebih cepat.
Aerodactyl
Putera (プテラ)
(0142)
  Batu / Terbang N/A Mega Evolution Pokémon prasejarah yang ganas, ia menyerang leher lawannya dengan taringnya yang bergerigi seperti gergaji yang bahkan merobek kulit Pokémon tipe Baja. Ia punah, namun dibangkitkan kembali dengan mengambil DNA-nya dari Amber Tua. Ia terbang dengan melebarkan sayapnya dan meluncur melintasi langit, hingga disebut sebagai rajanya. Teori yang diterima secara luas adalah bahwa ia punah karena dampak meteor. Meski kuat di udara, ia lemah dan lambat di darat. Bahkan teknologi modern pun masih belum mampu membuat spesimen yang benar-benar sempurna. Hal ini didasarkan pada pterodactyl dan naga atau wyvern. Ia memperoleh Mega Evolution di generasi VI.
Snorlax
Kabigon (カビゴン)
(0143)
  Normal Munchlax (#0446) Gigantamax Ia riang dalam segala hal, dan memungkinkan anak-anak bermain di perutnya yang besar sambil tidur sepanjang hari. Setelah makan sekitar 900 pon makanan, ia tertidur sebentar. Ini adalah Pokémon besar dan gemuk dengan tubuh hijau kebiruan dan perut berbentuk lingkaran putih, kaki dan wajah putih. Dikatakan bisa memakan hampir semua hal dengan sedikit atau tanpa efek samping, seperti tanaman berduri atau racun Muk. Snorlax biasanya digunakan sebagai penghalang jalan dalam permainan. Ia memperoleh Gigantamax form pada generasi VIII.
Articuno
Furīzā (フリーザー)
(0144)
  Es / Terbang No evolution Ia adalah bagian dari Trio Burung Legendaris. Konvensi penamaan untuk trio ini didasarkan pada jenisnya – Arktik, Zap, dan Molt – serta 1, 2, 3 dalam bahasa Spanyol – masing-masing uno, dos, tres.

Dikatakan muncul untuk orang-orang terkutuk yang tersesat di pegunungan es dan membimbing mereka keluar. Kepakan sayap Articuno dapat mendinginkan udara di sekitarnya dan menyebabkan badai salju. Pokémon legendaris tipe Psikis/Terbang mirip dengan Articuno dan memiliki nama yang sama, hingga disebut sebagai Galarian Form, meskipun sebenarnya Pokémon tersebut tidak ada hubungannya.

Zapdos
Sandā (サンダー)
(0145)
  Listrik / Terbang No evolution Ia adalah bagian dari Trio Burung Legendaris. Desainnya terinspirasi oleh mitos penduduk asli Amerika Utara tentang thunderbird.[13] Dikatakan menyebabkan dan muncul dari awan gelap dan abu-abu di langit sambil memancarkan petir dari sayapnya. Ia memiliki kekuatan untuk mengendalikan listrik, dan dikatakan memperoleh kekuatan dari badai petir. Dikatakan bahwa ketika ia menggosokkan bulunya, petir akan segera turun setelahnya, dan ada cerita tentang Zapdos yang beristirahat di awan petir yang hitam pekat. Seperti Articuno, Pokémon bertipe Pertarungan/Terbang serupa disebut sebagai Bentuk Galarian.
Moltres
Faiyā (ファイヤー)
(0146)
  Api / Terbang No evolution Ia adalah bagian dari Trio Burung Legendaris. Desainnya terinspirasi oleh burung api dari cerita rakyat Slavia.[13] Ia dapat membuat langit menjadi merah saat ia mengepakkan sayapnya yang berapi-api . Dikatakan bahwa musim semi akan datang lebih awal ketika tiba di daerah yang dingin. Jika Moltres terluka, ia dikatakan akan mencelupkan dirinya ke dalam magma untuk membakar dan menyembuhkan dirinya sendiri. Ada cerita yang menceritakan tentang sayapnya yang terselubung api yang menerangi jalan bagi mereka yang tersesat dalam perjalanan di pegunungan. Pokémon tipe Gelap/Terbang disebut sebagai Bentuk Galarian, meskipun seperti ketiganya, Pokémon tersebut sebenarnya tidak berkerabat.
Dratini
Miniryū (ミニリュウ)
(0147)
  Naga N/A Nagaair (#0148) Dratini terus-menerus berganti kulit dan mengelupas kulit lamanya hampir setiap hari. Hal ini terjadi karena energi kehidupan di dalam tubuhnya terus meningkat hingga mencapai tingkat yang tidak terkendali. Hal ini memungkinkan Dratini tumbuh semakin panjang, bahkan panjangnya mencapai 6 kaki. Di beberapa daerah, sepatu bot yang terbuat dari kulit Dratini yang disamak merupakan barang mewah. Benjolan kecil di dahi Dratini sebenarnya adalah tanduk yang belum berkembang. Meski jarang terjadi, setelah berjuang selama 10 jam, seorang nelayan akhirnya berhasil menarik salah satunya dan memastikan keberadaannya. Meskipun masih lemah, ia tinggal di dekat perairan yang mengalir deras, seperti kolam air terjun untuk melindunginya saat berulang kali berganti kulit. Ia memakan makanan apa pun yang tenggelam, dan menjalani kehidupan yang tenang dan bahagia.
Dragonair
Hakuryū (ハクリュー)
(0148)
  Naga Dratini (#0147) Dragonite (#0149) Dragonair bisa menumbuhkan sayap di kepalanya untuk terbang, tapi juga bisa terbang tanpa sayap. Ia menyimpan sejumlah besar energi di dalam tubuhnya, dan dapat mengubah kondisi cuaca di sekitarnya dengan mengeluarkan energi dari kristal di tubuhnya. Danau tempat tinggal Dragonair dipenuhi dengan persembahan dari masyarakat dan dihormati oleh para petani. Ada yang mengatakan bahwa melihat Dragonair terbang di awal tahun merupakan pertanda bahwa seseorang akan sehat sepanjang tahun.
Dragonite
Kairyū (カイリュー)
(0149)
  Naga / Terbang Dragonair (#0148) N/A Mampu mengelilingi dunia hanya dalam enam belas jam dan dengan kecerdasan manusia, kisah-kisah tentang Pokémon baik hati yang memimpin kapal-kapal yang tersesat dan karam menuju daratan yang aman adalah hal yang lumrah. Dikatakan bahwa di suatu tempat di lautan terdapat sebuah pulau tempat berkumpulnya para Dragonite. Bentuknya yang memungkinkannya terbang bebas di atas lautan yang mengamuk tanpa kesulitan untuk menyelamatkan orang yang tenggelam. Melihat hal ini, kapten kapal menjulukinya "inkarnasi laut", dan boneka yang menyerupai Dragonite kini menghiasi haluan banyak kapal.
Mewtwo
Myūtsū (ミュウツー)
(0150)
  Fisik N/A Two Mega Evolutions Ini adalah karakter yang dapat dimainkan di Super Smash Bros. Melee, Super Smash Bros. untuk Nintendo 3DS / Wii U dan Super Smash Bros. Ultimate . Mewtwo awalnya adalah bayi Mew, yang dimutasi oleh Dr. Fuji di laboratorium setelah bertahun-tahun melakukan penyambungan gen. Meskipun ia mempunyai kemampuan psikis yang kuat, para ilmuwan gagal memberinya hati yang welas asih, dan akibatnya ia berubah menjadi ganas. Ia bertumpu untuk menghemat energi, sehingga dapat mengeluarkan kekuatan penuhnya dalam pertempuran. Pada generasi VI, ia memperoleh dua Mega Evolution; satu diadaptasi untuk serangan fisik, dan satu diadaptasi untuk serangan khusus.
Mew
Myū (ミュウ)
(0151)
  Fisik No evolution Pokémon mistis ini sangat langka, hanya sedikit ahli di seluruh dunia yang berhasil menemukannya, meskipun belakangan ini semakin banyak orang yang dilaporkan melihatnya. Tampaknya berasal dari Amerika Selatan. Konon, hal itu hanya muncul bagi mereka yang memiliki hati yang tulus dan hasrat yang kuat untuk melihatnya. DNA-nya dikatakan mengandung kode genetik setiap Pokémon dan setiap gerakannya. Karena itu, banyak ilmuwan percaya bahwa ini adalah nenek moyang semua Pokémon. Rambutnya yang halus, kecil, dan halus dapat dilihat dengan mikroskop. Ia mampu menjadi tidak terlihat sesuka hati sehingga orang tidak menyadari kehadirannya. Ia dianggap sebagai salah satu nenek moyang Pokémon asli, karena semua Pokémon dikatakan berasal dari Mew.
MissingNo.
Ketsuban (けつばん)
(000[nb 9])
  Normal / Bird[nb 10] No evolution Sebuah penanganan kesalahan yang namanya merupakan singkatan dari "Nomor Hilang", dibuat untuk menangani upaya mengakses data untuk Pokémon yang tidak ada di dalam game, dan muncul sebagai gantinya.[82][83] Namun, karena bug, ini tersedia untuk ditemui pemain dalam keadaan tertentu. glitch khusus ini telah dianggap sebagai salah satu yang paling populer dalam sejarah video game.[84]

Catatan[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Details on Pokémon names, National Pokédex numbers, types and evolutions are obtained from The Pokémon Company International's online Pokédex.[1]
  2. ^ Nama Inggris dan Jepang, serta nomor Pokédex Nasional
  3. ^ a b c d e Prior to X and Y, ClePeri, Clefable, Jigglypuff, and Wigglytuff were pure Normal types while Mr. Mime was pure Fisik.
  4. ^ Galarian Meowth (diperkenalkan di Pokémon Sword dan Shield) mampu berevolusi menjadi Perrserker.
  5. ^ a b Prior to Gold and Silver, Magnemite and Magneton were pure Listrik types.
  6. ^ Only Galarian Farfetch'd (introduced in Pokémon Sword and Shield) are capable of evolving into Sirfetch'd.
  7. ^ Only Galarian Mr. Mime (introduced in Pokémon Sword and Shield) are capable of evolving into Mr. Rime.
  8. ^ Eevee is capable of evolving into Vaporeon (#0134), Jolteon (#0135), Flareon (#0136), Espeon (#0196), Umbreon (#0197), Leafeon (#0470), Glaceon (#0471) or Sylveon (#0700).
  9. ^ MissingNo. is programmed with the Kanto Pokédex number "000", however it does not exist in the National Pokédex.
  10. ^ "Bird" was a scrapped type for generations I and II; however, code for it remains in the games. MissingNo. is a Bird-type in Red, Blue, and Green versions, however, it is replaced by a randomly generated glitch type in Yellow.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Pokédex". The Pokémon Company International. 2015. Diarsipkan dari versi asli tanggal March 6, 2017. Diakses tanggal October 19, 2015. 
  2. ^ "Pokédex: Venusaur". IGN. Ziff Davis. n.d. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2 April 2016. Diakses tanggal 28 Januari 2016. 
  3. ^ "Pokédex: Squirtle". IGN. Ziff Davis. n.d. Diarsipkan dari versi asli tanggal 7 November 2015. Diakses tanggal 28 Januari 2016. 
  4. ^ "Mega Pokémon". Pokemonxy.com. 2013-09-04. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2015-04-05. Diakses tanggal 2013-09-04. 
  5. ^ Betka, Zach (2013-09-19). "Pokemon X/Y: WHY?! Director Masuda himself answers!". GamesRadar. Diarsipkan dari versi asli tanggal December 7, 2022. Diakses tanggal 2014-03-16. 
  6. ^ Phillips, Tom (2013-09-19). "A new perspective: How Pokémon X and Y refreshes the series". Eurogamer. Diarsipkan dari versi asli tanggal July 12, 2021. Diakses tanggal 2014-05-18. 
  7. ^ "Pokédex: Blastoise". IGN. Ziff Davis. n.d. Diarsipkan dari versi asli tanggal 20 Februari 2016. Diakses tanggal 28 Januari 2016. 
  8. ^ "Kartu Blastoise 'Pokémon' langka terjual seharga $360.000". NME. 20 Januari 2021. Diarsipkan dari versi asli tanggal 24 Juni 2021. 
  9. ^ "Tbsアニメーション「ひだまりスケッチ」公式Hp". www.tbs.co.jp. Diarsipkan dari versi asli tanggal 14 March 2012. Diakses tanggal 11 January 2022. 
  10. ^ Nonaka, Jillian; Munday, Sayuri; Williams-Brown, Shawn (2017). "Ken Sugimori interview". Pokémon Ultra Sun & Pokémon Ultra Moon Edition: The Official National Pokédex. Pokémon Company International. ISBN 978-0744019360. 
  11. ^ Hanna, Jeremy (2022-10-19). "Every Pokemon That Cannot Breed". TheGamer (dalam bahasa Inggris). Diarsipkan dari versi asli tanggal December 10, 2023. Diakses tanggal 2024-01-06. 
  12. ^ Nelva, Giuseppe (2021-11-08). "New Pokemon Jet Debuting in Japan, & It's All About Vulpix". Twinfinite (dalam bahasa Inggris). Diarsipkan dari versi asli tanggal December 26, 2023. Diakses tanggal 2023-12-26. 
  13. ^ a b c Lucas Sullivan (February 8, 2014). "17 Pokemon based on real-world mythology". GamesRadar. Future plc. Diarsipkan dari versi asli tanggal March 5, 2016. Diakses tanggal January 27, 2016. 
  14. ^ Thomas, Lucas M. (2007-10-06). "Smash It Up! - The Animal Kingdom". IGN (dalam bahasa Inggris). Diarsipkan dari versi asli tanggal March 18, 2012. Diakses tanggal 2024-03-07. 
  15. ^ pokemonofthedaychick (2002-10-14). "Pok¿mon of the Day: Meowth (#52)". IGN (dalam bahasa Inggris). Diarsipkan dari versi asli tanggal March 30, 2012. Diakses tanggal 2024-03-07. 
  16. ^ "The 8 most important cats in gaming | GamesRadar". 2012-10-07. Diarsipkan dari versi asli tanggal October 7, 2012. Diakses tanggal 2024-03-07. 
  17. ^ Schlesinger, Hank (1999). Pokémon fever : the unauthorized guide. Internet Archive. New York : St. Martin's Press. ISBN 978-0-312-97530-2. 
  18. ^ "Pokémon Go has an eye-popping 3D billboard for International Cat Day | Eurogamer.net". Eurogamer.net. 2022-11-12. Diarsipkan dari versi asli tanggal November 12, 2022. Diakses tanggal 2024-03-07. 
  19. ^ "ANA's Pokemon Jet Home Page | Design". 2022-11-12. Diarsipkan dari versi asli tanggal November 12, 2022. Diakses tanggal 2024-03-07. 
  20. ^ "Pikachu is Japan's official mascot for the FIFA 2014 World Cup Brazil - Polygon". Polygon. 2022-11-12. Diarsipkan dari versi asli tanggal November 12, 2022. Diakses tanggal 2024-03-07. 
  21. ^ "Join Team Rocket in Their Gigantic Meowth Balloon Over Saga! | Event News | Tokyo Otaku Mode (TOM) Shop: Figures & Merch From Japan". 2022-11-12. Diarsipkan dari versi asli tanggal November 12, 2022. Diakses tanggal 2024-03-07. 
  22. ^ Thomas East (September 29, 2010). "Nintendo Feature: Best Api Pokémon". Official Nintendo Magazine. Diarsipkan dari versi asli tanggal November 10, 2014. Diakses tanggal April 11, 2011. 
  23. ^ Carolyn Gudmundson (October 5, 2010). "Pokemon Monday 20 – the philosophy of Pokemon". GamesRadar. Diarsipkan dari versi asli tanggal November 24, 2021. Diakses tanggal November 23, 2021. 
  24. ^ Jack. "Arcanine – #012 Top Pokémon". IGN. Diarsipkan dari versi asli tanggal May 2, 2011. Diakses tanggal May 6, 2011. 
  25. ^ "Pokemon of the Day: Poliwhirl (#061)". IGN. January 31, 2003. Diarsipkan dari versi asli tanggal May 28, 2010. Diakses tanggal November 23, 2021. 
  26. ^ Ferraro, Susan (May 14, 2000). "Medicine Chest Pokémon Vitamins". Daily News. New York City: Mortimer Zuckerman. Diarsipkan dari versi asli tanggal June 4, 2011. Diakses tanggal November 23, 2021. 
  27. ^ Kelts, Roland (2007). "Japanamerica: How Japanese Pop Culture Has Invaded the U.S.". Palgrave Macmillan. hlm. 95–96. ISBN 978-1-4039-8476-0. 
  28. ^ Staff (November 2, 2000). "Geller sues Nintendo over Pokémon". BBC News. Diarsipkan dari versi asli tanggal April 13, 2009. Diakses tanggal September 29, 2009. 
  29. ^ Margolis, Jonathan (29 December 1999). "Nintendo faces £60m writ from Uri Geller". The Guardian. Diarsipkan dari versi asli tanggal December 21, 2016. Diakses tanggal 29 February 2024. 
  30. ^ Carpenter, Nicole (2020-11-30). "Magician ends 20-year battle with Nintendo over Pokemon card". Polygon (dalam bahasa Inggris). Diarsipkan dari versi asli tanggal November 30, 2020. Diakses tanggal 2024-03-16. 
  31. ^ "Rapidash – #090 Top Pokémon". IGN. Diarsipkan dari versi asli tanggal October 18, 2016. Diakses tanggal October 16, 2017. 
  32. ^ "Pokemon of the Day: Ponyta". IGN. October 30, 2003. Diarsipkan dari versi asli tanggal October 1, 2012. Diakses tanggal November 23, 2021. 
  33. ^ "Pok¿mon of the Day: Rapidash". IGN. October 2002. Diarsipkan dari versi asli tanggal March 14, 2012. Diakses tanggal November 23, 2021. 
  34. ^ "The Greatest Video Game Horse Revealed, As Chosen By Our Stunningly High-Profile Panel". Multiplayerblog.mtv.com. Diarsipkan dari versi asli tanggal February 4, 2010. Diakses tanggal October 16, 2017. 
  35. ^ Tomisawa, Akihito (August 2000). ゲームフリーク 遊びの世界標準を塗り替えるクリエイティブ集団 (dalam bahasa Jepang). メディアファクトリー. ISBN 4-8401-0118-3. 
  36. ^ Staff. "2. 一新されたポケモンの世界". Nintendo.com (dalam bahasa Jepang). Nintendo. hlm. 2. Diarsipkan dari versi asli tanggal September 13, 2010. Diakses tanggal 2010-09-10. 
  37. ^ Keane, Sean (2020-02-28). "Greninja named Google's Pokemon of the Year". CNET (dalam bahasa Inggris). Diarsipkan dari versi asli tanggal September 28, 2022. Diakses tanggal 2022-09-28. 
  38. ^ Zwiezen, Zack (2021-07-31). "Gengar Is A Scary Prankster That Loves To Kill". Kotaku (dalam bahasa Inggris). Diarsipkan dari versi asli tanggal November 11, 2023. Diakses tanggal 2022-09-28. 
  39. ^ Romano, Sal (2015-04-28). "Pokken Tournament clips: official trailer, Gengar trailer, and battle gameplay". Gematsu (dalam bahasa Inggris). Diarsipkan dari versi asli tanggal September 28, 2022. Diakses tanggal 2022-09-28. 
  40. ^ Gilliam, Ryan (2021-07-28). "Pokémon Unite has a Gengar problem". Polygon (dalam bahasa Inggris). Diarsipkan dari versi asli tanggal September 28, 2022. Diakses tanggal 2022-09-28. 
  41. ^ Kesalahan pengutipan: Tag <ref> tidak sah; tidak ditemukan teks untuk ref bernama GenerationDesigns
  42. ^ "Onix – Pokemon Red, Blue and Yellow Wiki Guide". IGN. March 27, 2012. Diarsipkan dari versi asli tanggal April 6, 2012. Diakses tanggal October 16, 2017. 
  43. ^ "Pokemon of the Day: Golem (#076)". IGN. March 11, 2003. Diarsipkan dari versi asli tanggal October 9, 2012. Diakses tanggal October 16, 2017. 
  44. ^ "The complete Pokemon RBY pokedex, part 9". Gamesradar.com. Diarsipkan dari versi asli tanggal March 14, 2016. Diakses tanggal October 16, 2017. 
  45. ^ às 21:00, Bruno Yonezawa Publicado 5 de Outubro de 2020 (2020-10-06). "Pokémon: Hypno pode ser mais sombrio do que você imagina". IGN Brasil (dalam bahasa Portugis). Diarsipkan dari versi asli tanggal November 5, 2023. Diakses tanggal 2023-12-11. 
  46. ^ "ABC News Pok¿mon Chat Transcript". IGN. February 9, 2000. Diarsipkan dari versi asli tanggal March 5, 2012. Diakses tanggal 9 February 2024. 
  47. ^ Zablotny, Marc (October 8, 2012). "15 amazing Pokemon facts and secrets – 10. Rhydon is the first Pokemon". Official Nintendo Magazine. Diarsipkan dari versi asli tanggal June 9, 2013. Diakses tanggal May 6, 2013. 
  48. ^ a b c Mendes, Augusto B.; Guimarães, Felipe V.; Eirado-Silva, Clara B. P.; Silva, Edson P. (2017). "The ichthyological diversity of Pokémon" (PDF). Journal of Geek Studies. 4 (1): 39–67. ISSN 2359-3024. Diakses tanggal July 12, 2019. 
  49. ^ Staff (August 29, 2003). "Pokemon of the Day: #0123 Scyther". IGN. IGN Entertainment. Diarsipkan dari versi asli tanggal March 30, 2010. Diakses tanggal November 23, 2021. 
  50. ^ Staff (October 25, 2002). "Pokemon of the Day: #0212 Scizor". IGN. IGN Entertainment. Diarsipkan dari versi asli tanggal February 1, 2009. Diakses tanggal October 16, 2009. 
  51. ^ Elston, Brett (August 24, 2007). "The complete Pokemon RBY pokedex, part 12". GamesRadar. Diarsipkan dari versi asli tanggal September 5, 2014. Diakses tanggal August 29, 2014. 
  52. ^ Weatherford, Carole Boston (January 16, 2000). "Politically Incorrect Pokémon, One Of The Pokémon Characters Reinforces An Offensive Racial Stereotype". Bluesboro News Record. Bluesboro, N.C.: H.3. 
  53. ^ Weatherford, Carole Boston (February 28, 2000). "Pokemon phenom harbors racist image;Jynx character is a stereotype comparable to Little Black Sambo". Advertising Age. Crain Communications, Inc. 
  54. ^ DeVries, Jack (February 2, 2009). "Pokemon Report: You Can't Do That on Television". IGN. Diarsipkan dari versi asli tanggal June 7, 2011. Diakses tanggal November 23, 2021. 
  55. ^ Dr. Pilgrim, David. "New Racist Forms: Jim Crow in the 21st Century". The Jim Crow Museum, Ferris State University. Diarsipkan dari versi asli tanggal May 4, 2009. Diakses tanggal June 10, 2009. 
  56. ^ a b McMinn, Kevin (February 27, 2016). "Jynx Face Colored From Black to Purple in Pokémon Yellow". Nintendo News (dalam bahasa Inggris). Diarsipkan dari versi asli tanggal September 3, 2017. Diakses tanggal September 2, 2017. 
  57. ^ "Nintendo Feature: Best Api Pokémon – Official Nintendo Magazine". Nintendo of Europe GmbH. Diarsipkan dari versi asli tanggal November 10, 2014. Diakses tanggal February 11, 2016. 
  58. ^ "Fugly Pokemon". GamesRadar. Future Publishing. October 11, 2007. Diarsipkan dari versi asli tanggal March 6, 2014. Diakses tanggal March 14, 2010. 
  59. ^ GamesRadarCarolynGudmundson (July 23, 2010). "The most overused Pokémon designs – GamesRadar". Diarsipkan dari versi asli tanggal June 15, 2011. Diakses tanggal February 11, 2016. 
  60. ^ às 12:00, Bruno Yonezawa Atualizado 2 de Setembro de 2019 às 10:08 Publicado 1 de Setembro de 2019 (2019-09-01). "Pokémon: Evolução descartada de Pinsir vai deixar você surpreso". IGN Brasil (dalam bahasa Portugis). Diarsipkan dari versi asli tanggal October 2, 2023. Diakses tanggal 2023-12-14. 
  61. ^ "BBC - The Social - 25 Years of Pokémon: Five things you didn't know". 22 February 2021. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2021-02-22. 
  62. ^ Dennison, Kara. "Lapras Is Now the Official Pokémon of Miyagi Prefecture". Crunchyroll (dalam bahasa Inggris). Diarsipkan dari versi asli tanggal 10 July 2019. Diakses tanggal 8 June 2020. 
  63. ^ Ajima, Shinya (11 November 2016). "Rare Pokemon deployed to help recovery in Tohoku quake zones". The Japan Times. Diarsipkan dari versi asli tanggal January 8, 2019. Diakses tanggal January 23, 2024. 
  64. ^ "Travel Japan's Miyagi Prefecture Together With Pokémon's Lapras". MOSHI MOSHI NIPPON | もしもしにっぽん. 29 October 2020. Diarsipkan dari versi asli tanggal November 26, 2023. Diakses tanggal January 23, 2024. 
  65. ^ Drake, Audrey. "Lapras - #27 Top Pokemon". IGN. Diarsipkan dari versi asli tanggal 24 February 2014. Diakses tanggal 2014-03-02. 
  66. ^ Harmon, O'Dell (2012-11-21). "Top 50 Pokémon Of All Time". Game Informer. Diarsipkan dari versi asli tanggal 14 March 2014. Diakses tanggal 2014-03-02. 
  67. ^ Bogos, Steven (21 February 2016). "Top 100 Pokemon - from 100 to 86". The Escapist. Diarsipkan dari versi asli tanggal 12 July 2021. Diakses tanggal 12 July 2021. 
  68. ^ Hernandez, Patricia (10 May 2019). "Ditto has the best moment in Detective Pikachu". Polygon. Diarsipkan dari versi asli tanggal November 28, 2021. Diakses tanggal 28 November 2021. 
  69. ^ Gudmundson, Carolyn (31 August 2010). "Pokemon Monday 15 - Ditto deviance, Pokemon Black / White Wii Features". GamesRadar+. Diarsipkan dari versi asli tanggal January 28, 2024. Diakses tanggal 2011-09-19. 
  70. ^ Hilliard, Ryan (23 November 2012). "Pokémon's Burning Questions". Game Informer. Diarsipkan dari versi asli tanggal 28 November 2012. Diakses tanggal 21 November 2023. 
  71. ^ Staff (August 24, 2007). "The complete Pokemon RBY pokedex, part 13". GamesRadar. Future Publishing. hlm. 2. Diarsipkan dari versi asli tanggal December 29, 2013. Diakses tanggal February 11, 2016. 
  72. ^ Staff (December 25, 2002). "Pokémon Crystal Version: Pokemon of the Day: Eevee". IGN. Diarsipkan dari versi asli tanggal September 15, 2010. Diakses tanggal November 23, 2021. 
  73. ^ Jack DeVries (May 20, 2010). "Pokemon: Kristine Catches 'em All". IGN. Diarsipkan dari versi asli tanggal August 30, 2010. Diakses tanggal November 23, 2021. 
  74. ^ "Top 10 Cutest Video Game Characters". Screw Attack. Diarsipkan dari versi asli tanggal January 6, 2016. Diakses tanggal December 29, 2016. 
  75. ^ "Japan Gets Line of Eevee Merchandise". The Pallet Tribune. November 11, 2008. Diarsipkan dari versi asli tanggal November 28, 2010. Diakses tanggal October 15, 2010. 
  76. ^ "Eevee-themed Pokémon 3DS announced for Japan". Digital Spy. Diarsipkan dari versi asli tanggal October 18, 2015. Diakses tanggal December 29, 2016. 
  77. ^ "Pokemon 10th Anniversary Edition – Vol. 6: Eevee DVD". cduniverse. October 24, 2006. Diarsipkan dari versi asli tanggal August 7, 2011. Diakses tanggal October 15, 2010. 
  78. ^ Broadwell, Josh (21 December 2022). "Pokémon Scarlet & Violet: How To Evolve Eevee Into Espeon, Flareon, Glaceon, Jolteon, Leafeon, Sylveon, Umbreon, Vaporeon - Eevee Locations". Nintendo Life. Diarsipkan dari versi asli tanggal September 1, 2023. Diakses tanggal 1 September 2023. 
  79. ^ Palmer, Lauren (1 August 2023). "Vaporeon is the new ambassador for Air Day in Japan". Siliconera. Diarsipkan dari versi asli tanggal August 10, 2023. Diakses tanggal 10 August 2023. 
  80. ^ Plunkett, Luke (February 11, 2011). "The Banned Pokémon Episode That Gave Children Seizures". Diarsipkan dari versi asli tanggal April 15, 2017. Diakses tanggal September 11, 2014. 
  81. ^ "RejoEs, For 'Twitch Plays Pokémon' Has Revived The Helix Fossil". Kotaku (dalam bahasa Inggris). 2014-02-24. Diarsipkan dari versi asli tanggal March 16, 2024. Diakses tanggal 2024-03-16. 
  82. ^ DeVries, Jack (24 November 2008). "Pokemon Laporan: OMG Hacks". IGN. Diarsipkan dari versi asli tanggal 11 Desember 2010. Diakses tanggal 23 November 2021. 
  83. ^ Loe, Casey (1999). Pokémon Panduan Sempurna Termasuk Merah-Kuning-Biru. hlm. 125. ISBN 978-1-930206-15-1. 
  84. ^ Bainbridge, William Sims; Wilma Alice Bainbridge (Juli 2007). "Penggunaan Kreatif Kesalahan Perangkat Lunak: Gangguan dan Kecurangan". Ulasan Komputer Ilmu Sosial. 25: 61–77. CiteSeerX 10.1.1.715.4009alt=Dapat diakses gratis. doi:10.1177/0894439306289510.