The Pirate Bay

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
The Pirate Bay
The Pirate Bay logo - drawing of a 3-masted sailing ship with "Home Taping Is Killing Music" cassette & crossbones.
The Pirate Bay home page
URL

http://thepiratebay.se/

(sebelumnya thepiratebay.org sampai February 2012)
Slogan "The world's most resilient bittorrent site"
Komersial? Ya[1]
Jenis situs Torrent index, magnet links provider
Pendaftaran gratis, daftarkan email; tidak dibutuhkan registrasi untuk banyak konten
Bahasa multi bahasa, terutama bahasa Inggris dan Swedia
Dibuat oleh Gottfrid Svartholm, Fredrik Neij dan Peter Sunde
Diluncurkan 15 September 2003;
10 tahun yang lalu
 (2003-09-15)
Pendapatan iklan, donasi, suvenir
Peringkat Alexa 86 (February 2011)[2]

The Pirate Bay adalah website asal Swedia yang melakukan hosting file torrent. TPB merupakan “situs Bittorent yang paling elastis di dunia” dan berada pada posisi ke-85 sebagai situs paling populer di dunia dan posisi ke-17 di Swedia oleh Alexa Internet sejak 2008. Situs ini didirikan pada bulan November 2003 oleh organisasi anti-hak cipta milik Swedish, Piratbyrån (The Piracy Bureau), situs ini dijalankan oleh organisasi yang berbeda sejak bulan Oktober 2004. Situs ini dijalankan oleh Gottfrid Syartholm dan Fredrik Neij yang dikenal sebagai anakata dan TiAMO. Mereka bertanggung jawab untuk membuat konten yang memiliki hak cipta tersedia, sehubungan dengan keikutsertaan mereka dalam The Pirate Bay.

Pada 31 Mei 2006, server website di Stockholm diblok oleh polisi Swedia, sehingga website ini offline selama tiga hari. Menurut Los Angeles Times, The Pirate Bay adalah “salah satu fasilitator terbesar pengunduh illegal di dunia” dan “anggota paling visibel dari gerakan anti-hak cipta dan pro-pembajakan internasional”. Pada 15 November 2008, The Pirate Bay mengumumkan bahwa situs ini mencapai 25 juta unique peers. Pada bulan Desember 2009, The Pirate Bay mencapai lebih dari 4 juta anggota yang telah melakukan registrasi, walaupun registrasi tidak diperlukan untuk mengunduh torrents.

The Pirate Bay ikut serta dalam berbagai kasus hukum, baik sebagai terdakwa maupun penggugat. Pada 17 April 2009, Peter Sunde, Fredrik Neij, Gottfrid Syartholm dan Carl Lundstörm dinyatakan bersalah atas asistensi pada pelanggaran hak cipta dan dijatuhi hukuman satu tahun penjara dan pembayaran denda sebesar 30 juta SEK (sekitar 4,200,000 USD; 2,800,000 GBP, atau 3,100,000 EUR), setelah pencobaan selama sembilan hari. Terdakwa melakukan banding atas putusan dan hakim diduga berat sebelah. Pada 26 November 2010, putusan pengadilan Swedia mengembalikan banding, mengurangi masa kurungan penjara, namun meningkatkan denda menjadi 46 juta SEK. Pada 17 Mei 2010, sehubungan dengan keputusan menentang provider bandwith mereka, situs dibuat menjadi offline. Namun, akses menuju situs dikembalikan dengan pesan menertawakan keputusan pada halaman depan mereka. Pada 23 Juni 2010, grup Piratbyrån dibubarkan, sehubungan dengan kematian dari Ibi Kopimi Botani, anggota terkemuka dan co-founder dari grup tersebut.

Hosting[sunting | sunting sumber]

Host The Pirate Bay ialah PRQ, perusahaan yang berbasis di Swedia, yang dimiliki oleh pencipta TPB Gottfrid Syartholm dan Fredrik Nij. PRQ menyediakan “keamanan yang tinggi, layanan hosting yang tidak memerlukan pertanyaan pada konsumennya.

Website Setup[sunting | sunting sumber]

The Pirate Bay memperbolehkan pengguna untuk mencari dan mengunduh dokumen BitTorrent, dokumen ukuran kecil yang memiliki metadata yang diperlukan untuk mengunduh data dari pengguna lain. Torrents diorganisasikan menjadi beberapa kategori : “Audio”, “Video”, “Applications”, “Games”, “Other”, dan “Porn”. Biasanya, kategori “Porn” hanya dapat terlihat bagi pengguna yang sudah registrasi dan masuk ke dalam situs yang memilih pilihan “show pornographic torrents” pada halaman pengaturan mereka. Namun, sekarang ini hal itu tidak diperlukan, memperbolehkan pengguna yang belum registrasi untuk mencari konten, namun tidak melakukan browsing melaluinya.Registrasi memerlukan alamat email dan sifatnya gratis ; pengguna yang sudah registrasi boleh mengunggah torrents mereka sendiri dan memberikan komentar pada torrents.

Situs memiliki fungsi browse yang memungkinkan pengguna untuk melihat apa yang tersedia dalam kategori yang luas seperti audio, video, dan games, sama seperti sub-kategori seperti audio books, high-res movies, dan comics. Konten dari kategori dapat disortir dari nama file, jumlah seeds atau leechers, tanggal dimasukkan, dan lain-lain.

Menurut Piratbyrån, The Pirate Bay adalah proyek jangka panjang dari performance art. Secara normal, halaman depan dari The Pirate Bay terdapat gambar dari kapal bajak laut dengaan logo kampanye pelanggaran anti-hak cipta tahun 1980-an, Home Taping is Killing Music, dalam perjalanannya.

Detail Teknis[sunting | sunting sumber]

Pada awalnya, empat server Linux The Pirate Bay menjalankan web server biasa bernama Hypercube. Versi lama yaitu open source. Pada 1 Juni 2005, The Pirate Bay memperbaharui situsnya dengan tujuan untuk mengurangi penggunaan bandwith, yang dilaporkan berada pada 2000 HTTP requests per menit dalam setiap dari empat web servers, sama seperti menciptakan interface yang lebih bersahabat bagi pengguna pada front-end dari situs. Situs ini sekarang menjalankan Lighttpd dan PHP dalam dinamika front ends, MySQL pada database back end, Sphinx dalam dua sistem pencarian, memcached untuk caching SQL queries dan PHP-sessions, dan Varnish di depan Lighttpd untuk caching konten statis. The Pirate Bay mengandung 31 server yang berdedikasi termasuk Sembilan dynamic web fronts, database, dua mesin pencari, dan delapan BitTorrent trackers.

Pada 7 Desember 2007, The Pirate Bay menyelesaikan gerakan dari Hypercube ke Opentracker seperti pada BitTorrent tracking software, juga memungkinkan penggunaan protocol UDP tracker untuk Hypercube lacked support. UDP multicast ini digunakan untuk mensinkronisasi multiple servers dengan satu sama lain lebih cepat dari sebelumnya. Opentracker adalah peranti lunak yang gratis.

Pada Juni 2008, The Pirate Bay mengumumkan bahwa server mereka akan mendukung SSL encryption, sehubungan dengan hukum wiretapping baru Swedia. Pada 19 Januari 2009, The Pirate Bay meluncurkan IPv6 support untuk sistem tracker mereka, menggunakan IPv6-versi satu-satunya dari Opentracker.

Pada 17 November 2009, The Pirate Bay menutup layanan tracker mereka secara permanen, menyatakan bahwa trackers yang tersentralisasi tidak lagi diperlukan sejak distributed hash tables (DHT), peer exchande (PEX), dan magnet links yang memperbolehkan peers untuk menemukan satu sama lain dan konten dengan cara yang desentralisasi.

Keuangan[sunting | sunting sumber]

Petter Nilsson, kandidat dalam reality show politik Swedia Toppkandidaterna (The Top Candidates), mendonasikan 35,000 SEK (US$ 4,925.83) pada The Pirate Bay, yang mereka gunakan untuk memeli server baru. Pada Juni 2006, situs ini memiliki dana melalui iklan pada halaman hasil mereka. Menurut spekulasi Svenska Dagbladet, iklan mengenerasikan sekitar 600,000 SEK (US$84,442.80) per bulan. Dalam investigasi tahun 2006, polisi menyimpulkan bahwa The Pirate Bay mendapatkan 1.2 juta SEK (US$ 84,442.80) per bulan dari iklan. Prosekusi mengestimasikan pada pencobaan tahun 2009 dari email dan screenshot bahwa iklan membayar lebih dari 10 juta SEK (US$1.40738M) per tahun, tapi estimasi yang digunakan didapat dari investigasi polisi. Pengacara dari administrator situs menghitung penerimaan tahun 2006 mendekati angka 725,000 SEK (US$ 102,035.05). Putusan percobaan membuat estimasi dari investigasi preliminary.

Pada April 2007, sebuah rumor dipastikan dalam talk show Swedia Bert bahwa The Pirate Bay mendapatkan bantuan finansial dari pengusaha sayap kanan Carl Lundström. Hal ini menyebabkan furor semenjak Lundström, pewaris dari Wasabrod fortune, dikenal untuk memberikan bantuan finansial untuk beberapa partai politik dan gerakan kanan seperti Sverigedemokraterna dan Bevara Sverige Svenskt (Keep Sweden Swedish). Ukuran kontribusi dari Lundstrom tidak diketahui, begitu pula motivasinya. Selama talk show, juru bicara Piratbyran, Tobias Andersson mengetahui bahwa “tanpa bantuan Lundstrom, Pirate Bay tak akan bisa dimulai” dan membuat klaim bahwa sebagian besar uang digunakan untuk servers dan bandwith.

The International Federation of the Phornographic Industry (IFPI) membuat klaim bahwa situs ini sungguh menguntungkan dan The Pirate Bay lebih terkait dalam membuat keuntungan daripada mendukung hak orang. Situs ini menyatakan bahwa hal ini tidak benar, dengan pernyataan “Tidaklah gratis untuk mengoperasikan situs dalam skala ini” dan “Jika kita membuat banyak uang, saya tidak akan bekerja hingga larut malam di kantor malam ini, saya akan duduk di suatu pantai, melakukan tanning.” Hal ini mungkin terjadi untuk membuat donasi untuk The Pirate Bay dan situs ini juga mencari dana untuk membeli Sealand, platform dengan status micro-nation.

Proyek[sunting | sunting sumber]

Tim di belakang layar The Pirate Bay telah bekerja dalam beberapa situs dalam berbagai tingkat permanence. Pada 2007, BayImg, situs image hosting yang sama dengan TinyPic online pada bulan Juni. Gambar pra-pulikasi yang diposting ke BayImg menjadi bagian dari perang hukum ketika jaringan Conde Nast nantinya diduga di-hack. Pada Agustus, The Pirate Bay meluncurkan ulang situs The BitTorrent Suprnova.org untuk menampilkan fungsi yang sama dengan The Pirate Bay, dengan torrent trackers yang berbeda, namun situs ini lemah; domain dikembalikan pada pemilik awalnya pada Agustus 2010, dan sekarang dialihkan ke Torrentfreak.tv. Suprbay.org diperkenalkan pada bulan Agustus sebagai forum resmi untuk ThePirateBay.org dan berbagai situs dihubungkan dengannya. Pengguna bisa meminta penempatan torrents atau melaporkan malware dari file torrent atau materi illegal dalam ThePirateBay.org.

Slopsbox, layanan disposable e-mail address anti-spam, yang muncul pada bulan Desember, dan ditinjau pada tahun 2009. BOiNK diumumkan pada bulan Oktober, sehubungan dengan serangan pada Oink’s Pink Palace, situs BitTorrent yang berorientasi pada music. Sebulan kemudian, Sunde membatalkan BOiNK, mengutip banyak situs music baru yang diciptakan setelah kejatuhan OiNK.

Pada 2008, Baywords diluncurkan sebagai layanan blogging gratis yang membiarkan pengguna dari situs menulis blog mengenai apapun selama tidak melanggar hukum Swedia. Pada bulan Desember, The Pirate Bay membangkitkan ShareReactor sebagai kombinasi dari eD2k dan situs BitTorrent. Pada bulan yang sama, theVio mobile video converter dirilis, didesain untuk mengkonversi file video untuk diputar kembali pada mobile devices seperti IPhone, Blackberry, Android, Nokia, dan Windows Mobile.

Pada 2009, Pastebay, layanan note sharing yang sama dengan Pastebin, dibuat dan tersedia untuk public pada tanggal 23 Maret. The Video Bay, situs video streaming/sharing diumumkan pada bulan Juni untuk menjadi “The Youtube Killer”, dengan konten yang bisa dilihat pada HTML 5-browser. Situs itu berada pada fase “Extreme beta”; pesan pada halaman utama menginstruksikan pengguna “jangan mengharapkan sesuatu untuk bekerja sama sekali”. Pada 28 Juli 2010, The Video Bay saat itu memiliki status offline.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Sullivan, Tom (17 April 2009). "'Pirate Bay' founders convicted by Swedish court". The Christian Science Monitor. Diakses 27 April 2009. 
  2. ^ "Thepiratebay.org Site Info". Alexa Internet, Inc. Diakses 2010-08-12. 
  • "Thepiratebay.org Site Info". Alexa Internet, Inc. Retrieved 2010-08-12.
  • Pfanner, Eric (31 January 2008). "Swedes charge 4 in case involving copyright infringement of music and films". International Herald Tribune. Archived from the original on 3 February 2008. Retrieved 1 October 2008.
  • "Wily Ferret" (May 19, 2008). "Pirate Bay hits mainstream - Alexa Top 100 cracked". The Inquirer. Retrieved 2010-07-13.
  • "In memory of tracker-data" (31 May 2008). "Two years and still going". Blog. thepiratebay.org. Retrieved 29 September 2008.
  • Sarno, David (29 April 2007). "The Internet sure loves its outlaws — Los Angeles Times". Latimes.com. Retrieved 28 September 2008.
  • s25melissa(2008-11-15). "25 million!". Blog. thepiratebay.org.
  • "The Pirate Bay Welcomes Its 4 Millionth User". FreakBits. 2009-12-09. Retrieved 2010-05-19.
  • The Pirate Bay Trial: The Official Verdict - Guilty. Torrent Freak. Retrieved 2009-04-17.
  • "Prison terms of Pirate Bay executives' shortened". AFP. 26 November 2010. Retrieved 26 November 2010.
  • "German Injunction Knocks The Pirate Bay Offline Temporarily - PCWorld". PC World. Retrieved 18 May 2010.
  • "The Pirate Bay - Disbands". Torrent Freak. 23 June 2010. Retrieved 24 June 2010.

Pranala Luar[sunting | sunting sumber]