Sveriges Television

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Sveriges Television
Jenis televisi
Motto Fri Television
Negara  Swedia
Ketersediaan Nasional, juga tersedia di Dunia
Tanggal peluncuran 1979
Situs web resmi svt.se

Sveriges Television (SVT) adalah stasiun televisi yang didanai oleh masyarakat secara nasional yang berbasis di Swedia. Sistem siaran masyarakat di Swedia dalam banyak hal mengikuti model siaran yang digunakan di Britania Raya, dan Sveriges Television memiliki banyak kesamaan dengan rekannya dari Britania BBC.

Sveriges Television adalah sebuah perusahaan publik terbatas, yang dimiliki oleh sebuah yayasan yang mandiri, dan didanai dengan biaya perizinan televisi, yang dialokasikan oleh Riksdag. Kini Sveriges Television terpisah, tapi sebelumnya merupakan bagian dari Sveriges Radio, yaitu sebuah pemancar siaran radio. Statusnya dapat digambarkan sebagai sebuah organisasi non-pemerintah yang setengah otonom. Sveriges Television mempertahankan monopoli di bidang penyiaran terestrial domestik dari awal tahun 1956 sampai awal swasta TV 4 pada tahun 1990. Sampai peluncuran bahasa Swedia satelit channel TV3 pada tahun 1987, Sveriges Television memberikan satu-satunya televisi Swedia yang tersedia untuk umum.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Ketika siaran radio diselenggarakan pada tahun 1920 diputuskan untuk mengadopsi model yang mirip dengan salah satu British Broadcasting Company di Inggris. Radio akan monopoli didanai oleh lisensi dan diatur sebagai sebuah perusahaan terbatas, Radiotjänst ("Layanan Radio"), yang dimiliki oleh industri radio dan pers. Pemancar yang dimiliki oleh negara melalui Telegrafverket dan pers akan memonopoli berita gips melalui Tidningarnas Telegrambyra.

TT hilang itu monopoli berita gips de jure pada tahun 1947 dan de facto pada tahun 1956, tetapi sebaliknya model yang sama akan diterapkan untuk televisi.

Uji transmisi televisi mulai tahun 1954 dari Royal Institute of Technology di Stockholm.

Pada tahun 1956, Riksdag mengambil decicided untuk memperkenalkan siaran televisi. Transmisi secara resmi dimulai di Swedia oleh Radiotjänst pada tanggal 4 September tahun yang sama menggunakan baru Nacka pemancar. Sebuah lisensi televisi bagi mereka yang memiliki satu set televisi diperkenalkan pada Oktober. Sejak 1957 siaran teratur.

Pada tahun 1957, perusahaan ini berganti nama Sveriges Radio (SR) dan kepemilikan itu berubah. Gerakan rakyat dan pers harus sama 40 persen saham, sementara perusahaan akan memiliki 20 persen (1967, gerakan rakyat meningkatkan jumlah saham mereka menjadi 60 persen dengan mengorbankan pers).

Pada tahun 1958, siaran berita pertama, Aktuellt, disiarkan.

Selama tahun 1960-an tv-channel kedua sering dibahas. Diskusi mengakibatkan awal TV2 5 Desember 1969. Saluran pertama bernama TV1 dan dua saluran yang seharusnya disiarkan dalam merangsang persaingan dalam perusahaan yang sama.

1970 melihat awal dari program regional pertama, Sydnytt dari Malmö.

Ketika TV2 memulai program berita ditata kembali. Aktuellt axed dan diganti dengan TV-Nytt, yang bertanggung jawab dari 07:30 buletin utama dalam TV1 serta update berita pada kedua saluran. Selain itu, dua saluran akan mendapatkan satu buletin masing. TV2 GOT Rapport dan TV1 mendapat Nu.

Pada tahun 1972, berita ditata kembali sekali lagi. Rapport dipindahkan ke 7:30 slot di TV2, Aktuellt dihidupkan kembali dan akan disiarkan pada 6 dan 9 pada TV1. Mereka sebagian besar tinggal timeslots akan berubah selama dekade berikutnya.

Pada tahun 1966, siaran warna pertama dibuat. Pada tahun 1970, siaran warna reguler diperkenalkan.

Teletext dimulai pada tahun 1978.

Pada akhir 70 SR direorganisasi. Sveriges Radio akan menjadi ibu dari empat perusahaan: Sveriges Riksradio (RR), Sveriges Lokalradio (LRAB), Sveriges Utbildningsradio (UR) dan Sveriges Television (SVT). SVT akan menyediakan semua siaran televisi, kecuali untuk program pendidikan yang merupakan tanggung jawab Sveriges Utbildningsradio. Singkatan SVT dikatakan telah terpilih sejak STV sudah diduduki oleh Skotlandia Televisi ​​di EBU.

Kedua saluran itu kembali diselenggarakan pada tahun 1987. TV1 dinamai Kanal 1 dan saluran untuk Stockholm buatan program dan TV2 menunjukkan program dari sisa Swedia. Siaran di Nicam Stereo di mana dibuat permanen pada tahun 1988. Tahun ini juga melihat peluncuran TV4 di selatan Finlandia, konten penyiaran dari SVT untuk Finlandia-Swedia. Saluran ini dikenal sebagai SVT Europa sejak tahun 1997 ketika mulai penyiaran ke seluruh Eropa melalui satelit.

Pada tahun 1992, Riksdag memutuskan bahwa Sveriges Radio akan direorganisasi sekali lagi di tiga perusahaan (dengan RR dan LRAB digabung). Dari tahun 1994, mereka akan dimiliki oleh tiga yayasan independen. Ketiga yayasan kemudian akan berubah menjadi salah satu pondasi.

Pada tahun 1996, saluran sekali lagi direorganisasi. Organisasi sebelumnya dan persaingan antara dua saluran menghilang. Kanal 1 dan TV2 diberi nama SVT1 dan SVT2. Edisi pertama Ekspedisi: Robinson ditunjukkan pada tahun 1997.

Yang pertama televisi terrestrial digital-siaran (DTT) terjadi pada tahun 1999. SVT mulai enam saluran baru, saluran berita SVT24 dan lima saluran daerah.

2000 melihat reorganisasi meja berita. Aktuellt, Rapport dan SVT24 digabung menjadi satu meja berita pusat.

Pada tahun 2001 sebuah logo baru dan jadwal program baru antara lain diperkenalkan. Hal ini membuat SVT1 saluran utama yang lebih luas dengan penilaian yang lebih tinggi dan SVT2 saluran lebih sempit. Buletin berita utama pukul 7:30 dan 9 beralih saluran dengan' Aktuellt sekarang ditunjukkan dalam SVT2 dan' Rapport di SVT1.

Saluran regional ditutup pada awal tahun 2002 dan digantikan oleh SVT Ekstra. Pada Desember 2002, Barnkanalen, telah mulai menunjukkan program anak-anak selama hari-waktu. Pada 24 Februari 2003 SVT24 dan SVT Ekstra digantikan oleh 24, saluran tema untuk berita dan olahraga. Pada tahun 2003, semua saluran SVT menjatuhkan enkripsi mereka dalam jaringan DTT.

Pada tanggal 25 Juni 2003, SVT disiarkan program pertama mereka dengan 5,1 suara pada DTT. Pertama 5.1-pertunjukan Allsång på Skansen. Saya November 2004, SVT menambahkan dua aliran audio yang membaca teks terjemahan pada SVT1 dan SVT2.

Kunskapskanalen mulai pemrograman pengetahuan penyiaran pada bulan September 2004.

Shutdown pemancar analog dimulai pada tahun 2005 di Gotland. Pada tahun 2007 semua transmisi analog dari SVT akan berhenti.

SVT mulai VODcasting beberapa program di februari 2006. Alltogether tiga penyiar bersaing untuk menjadi onve pertama yang vodcast di Swedia. Pada akhirnya, ketiga dimulai pada minggu yang sama.

Pemrograman == == Berita === ===

Hiburan[sunting | sunting sumber]

  • Melodifestivalen, pendahuluan untuk Eurovision Song Contest. Sangat populer di Swedia. Final umumnya mendapat lebih dari 4 juta penonton.
  • Survivor - Sveriges Television adalah jaringan pertama untuk menyiarkan televisi realitas Seri Survivor di 1997. Acara bernama Ekspedisi Robinson, mengacu pada Robinson Crusoe dan menjadi hit besar di Swedia. Acara yang diselenggarakan secara konsisten peringkat tinggi disimpulkan setelah ketujuh dan terakhir tahun pada jaringan (musim terakhir ditayangkan 2003-2004). Seri populer ini namun akan dilanjutkan pada saluran komersial TV3, tetapi dengan nilai yang lebih rendah.
  • På spåret (1987-sekarang), acara hiburan populer berdasarkan selebriti adalah jawaban pertanyaan terkait dengan lokasi yang berbeda.
  • Så ska det lata, adaptasi Swedia The Lyrics Dewan yang telah mencetak lebih dari 3 juta pemirsa beberapa kali.
  • Allsång på Skansen (1979 -) acara didasarkan pada bernyanyi kerumunan musik rakyat, disiarkan langsung dari Skansen di Stockholm di musim panas.
  • Antikrundan, versi Swedia Antiques Roadshow yang sering telah menarik 2 juta pemirsa.

Drama[sunting | sunting sumber]

  • Rederiet (1992-2002), salah satu sinetron paling populer Swedia.

Non-Swedia[sunting | sunting sumber]

SVT juga menyiarkan program asing, terutama dari AS dan Inggris, dalam bahasa asli dengan sub judul, seperti halnya pada saluran TV Nordic lainnya.

SVT co-beroperasi banyak dengan perusahaan televisi Nordic lain melalui Nordvision. Dengan demikian, banyak program Denmark, Norwegia dan Finlandia yang ditampilkan pada SVT, sementara DR, NRK, YLE, SVF dan RUV menunjukkan program Swedia.

Saluran == == SVT memiliki lima saluran penyiaran ke Swedia:

  • SVT1 - Saluran utama dengan konten yang luas.
  • SVT2 - Sebuah saluran dengan pemrograman slighly sempit dan lebih muda.
  • SVT24 - Berita dan saluran informasi dengan banyak olahraga di akhir pekan.
  • Barnkanalen - Secara harfiah Anak Saluran penyiaran pada siang hari.
  • Kunskapskanalen - Pengetahuan Saluran siaran 18,00-23,00 bekerjasama dengan UR tersebut.

Di samping ke saluran tersebut, SVT memiliki acara khusus yang disebut channel SVT Ekstra. Hal ini umumnya tidak terpakai dan (pada tahun 2006) terakhir yang digunakan untuk liputan langsung selama Olimpiade pada tahun 2004.

Semua saluran yang tersedia free-to-air di sebagian besar Swedia melalui satelit DTT dan terenkripsi dari Thor dan Sirius. Sampai September 2005, baik SVT1 dan SVT2 yang tersedia secara nasional melalui pemancar terestrial analog. Jaringan kabel yang diperlukan untuk menyiarkan empat saluran SVT secara gratis baik dalam bentuk digital atau analog.

SVT1, SVT2, SVT24, Barnkanalen dan Kunskapskanalen juga tersedia throuh DTT di Åland dan dapat didistribusikan pada jaringan kabel Finlandia. Dalam Österbotten, Finlandia, dua pemancar penyiaran SVT1 dan SVT2 dalam bentuk analog dengan penduduk berbahasa Swedia. Sinyal-sinyal dari pemancar terestrial di Swedia dapat diterima di beberapa daerah di Denmark dan Norwegia dekat Swedia. Jaringan kabel ada umumnya kembali mendistribusikan SVT1 dan SVT2.

SVT Europa, campuran dari saluran SVT, disiarkan di satelit, dan juga sebagai saluran terestrial di daerah berbahasa Swedia dari Finlandia. Untuk alasan hak, SVT Europa tidak menunjukkan materi yang diperoleh, seperti film, olahraga, atau bahasa Inggris pemrograman.

Situs web SVT, svt.se, dianggap saluran sendiri oleh perusahaan.

Organisasi[sunting | sunting sumber]

Sejak 1 Januari 2000, manajemen eksekutif SVT ditangani oleh CEO dan program officer (PD), diangkat oleh dewan. Pada 2006, Christina Jutterström adalah CEO dan Leif Jacobsson adalah PD.

SVT dibagi menjadi delapan unit program penghasil operasi. Empat dari yang terletak di Stockholm, empat lainnya berada di seluruh negeri dan didasarkan pada sepuluh TV2 kabupaten yang bergabung pada 2000. Unit regional:

Keempat kabupaten memproduksi beberapa jenis program untuk penyiaran nasional maupun sepuluh program berita regional sebelas. Beberapa program berita juga memiliki kantor lokal di wilayah mereka.

Unit yang berbasis di Stockholm adalah:

  • SVT Nyheter & Samhälle, mengurus operasi berita nasional serta program masyarakat, budaya dan dokumenter jurnalistik yang dibuat di ibukota dan daerah program berita ABC.
  • SVT Sport, berita olahraga dan penyiaran
  • SVT Fiktion, penanganan produksi drama, hiburan, pemuda dan anak-anak program 'dan sebagainya.
  • SVTi, mengurus svt.se, layanan arsip Internet "arkiv Öppet", layanan mobile, "super teleteks" dan layanan interaktif lainnya.

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]