RAI

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
RAI - Radiotelevisione Italiana S.p.A.
Jenis Perusahaan telekomunikasi
Stasiun televisi
Stasiun radio
Genre Lembaga penyiaran publik Italia
Didirikan 1924 as URI
Pendiri Pemerintah Italia
Kantor pusat Saxa Rubra, Roma, Italia
Pendapatan 3210,9 juta (2008)[1]
Pemilik Departemen Ekonomi Pembangunan Italia
Karyawan 11698 (2008)[2]
Slogan Rai, di tutti di più
Divisi Rai Cinema
Rai Corporation
Rai Way
Sipra
Rai Trade
Rai Net
Rai Click
Rai Teche
Rai Fiction
Rai Eri
Rai Vaticano
Rai Quirinale
Rai Sat
Rai Uno
Rai Due
Rai Tre
Situs web rai.it rai.tv

RAI merupakan nama stasiun televisi Italia. Stasiun ini merupakan siaran pertama kali tahun 1954. Dimiliki oleh Departemen Ekonomi dan Keuangan Italia, perusahaan telekomunikasi ini adalah perusahaan televisi terbesar di Italia. Perusahaan televisi ini bersaing dengan tiga perusahaan televisi swasta besar, Mediaset, Telecom Italia Media & Sky Italia.

RAI mengoperasikan banyak saluran televisi dan stasiun radio, dengan siaran gelombang analog terrestrial (sampai tahun 2013), di terrestrial digital dan di beberapa satelit dan persembahan IPTV. RAI merupakan salah satu dari bagian European Broadcasting Union.

Setengah dari pendapatan RAI didatangkan dari biaya lisensi siaran, setengah dari iklan.[3][4] RAI memiliki pangsa pemirsa yang relatif tinggi 42,3%.[5].

Beberapa negara terdekat seperti Albania, Swiss, Monako, Malta, San Marino, Vatikan, Slovenia dan Kroasia juga menerima siaran stasiun TV tersebut.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

RAI dimulai sebagai sebuah perusahaan swasta dan merupakan nama seseorang di dompu . Unione Radiofonica Italiana (URI) dibentuk pada tahun 1924 oleh para pengusaha swasta dan bagian dari grup Marconi. Diberikan monopoli siaran radio pada tahun 1924, URI memulai siaran pertama kali pada 24 Oktober tahun itu. URI dikembangkan di bawah Pos dan Telekomunikasi Kode Italia. Kode ini menunjukkan bahwa layanan siaran milik negara, yang pada waktu itu, adalah komisi Unione Radiofonica Italian untuk minimal enam tahun. Namun ketika kontrak URI itu berakhir, ia digantikan oleh pada tahun 1927 Ente Italiano Audiozioni Radiofoniche (EIAR) yang kemudian diganti namanya menjadi Radio Audiozioni Italia (RAI) pada tahun 1944. Selama dua puluh tahun ke depan, RAI telah membuat beberapa perubahan ekspansif perusahaan mereka sebagai pasar maju seperti memperluas piagam mereka untuk mengoperasikan televisi pada tahun 1952 dan mengalami perubahan akhir pada nama mereka sebagai Radiotelevisione Italiana pada tahun 1954.

Pada tahun itu perusahaan pemegang yang dikontrol pemerintah Istituto per la Ricostruzione Industriale menjadi pemegang saham tunggal, dan RAI akhirnya memulai layanan televisi biasa. Pada tanggal 3 Januari pukul 11:00 WET, penyiar televisi pertama RAI mengumumkan penjadwalan harian dari kantor Milan dan stasiun-stasiun relay di Turin dan Roma. Pada pukul 14:30 mulai acara reguler pertama dalam sejarah televisi Italia: Arrivi e partenze, dibawakan oleh Armando Pizzo dan Mike Bongiorno. Acara malam pertama adalah kinerja teater, ditulis oleh Carlo Goldoni: L'osteria della posta. Pada pukul 23:15 diperkenalkan program penutup hari: La Domenica Sportiva, acara sepak bola.[6]

Bagian dari pemrograman awal terfokus pada konten pendidikan: acara selama rekonstruksi sesudah Perang Dunia 2, adalah Non è mai troppo tardi dan Un viaggio al Po. Kedua acara tersebut membuat orang melihat apa yang hidup seperti di bagian lain dari Italia, dalam waktu ketika pariwisata berada di luar jangkauan sebagian besar penduduk.

Sebuah rencana yang sangat kontroversial untuk memprivatisasi sebagian RAI, dengan menjual 20% dari penyiaran publik, dihentikan pada bulan Oktober 2005.

Kenyataan bahwa pemerintah yang dipimpin oleh Silvio Berlusconi mendorong saingan penjualan layanan publik Mediaset menyebabkan perdebatan yang sangat panas, dengan beberapa kritik menyatakan bahwa Mediaset bisa menjadi pembeli dan dengan demikian meningkatkan posisi dominan lebih jauh. Namun, pada bulan Oktober 2005 diumumkan bahwa rencana privatisasi telah ditangguhkan, setelah wahyu bahwa perusahaan akan membuat hilangnya € selama tahun 2006 ($ 96m, £ 54m) 80.[rujukan?] "Privatisasi RAI adalah de facto tertutup" (Italia: Privatizzazione della RAI de facto è sospesa), direktur umum RAI, Alfredo Meocci, mengatakan kepada sebuah komite pengawas parlemen.[7][8] Pada tanggal 18 Mei 2010, Raisat menerima upgrade besar dan re-branding dengan logo baru dan nama baru. Stasiun televisi tersebut berserta saluran affliasinya, menghapus kata "sat" dan berganti nama menjadi Rai 1, Rai 2, Rai 3, Rai 4, Rai YOYO, Rai Sport 1, Rai Sport 2, Rai News, Rai Sender Bozen, Rai Storia, Rai Scuola, Rai Premium, dan Rai Extra.

Manajemen[sunting | sunting sumber]

RAI diatur oleh Administrasi yang tergabung dari sembilan anggota Dewan. Tujuh dari sembilan anggotanya dipilih oleh sebuah komite parlemen, sisa dua (salah satunya Presiden) yang dinominasikan oleh pemegang saham terbesar: Departemen Ekonomi Pembangunan Italia. Dewan memilih direktur umum. Kedua direktur jenderal dan anggota dewan administratif diangkat untuk masa jabatan tiga tahun terdepan.

Presiden[sunting | sunting sumber]

Nama Mulai bekerja Berhenti bekerja
Arturo Carlo Jemolo April 20, 1945 August 9, 1946
Giuseppe Spataro August 9, 1946 May 17, 1951
Cristiano Ridomi May 17, 1951 March 11, 1954
Antonio Carrelli June 3, 1954 January 4, 1961
Novello Papafava January 4, 1961 March 25, 1964
Pietro Quaroni May 29, 1964 April 12, 1969
Aldo Sandulli April 23, 1969 February 18, 1970
Umberto delle Fave March 24, 1970 April 22, 1975
Beniamino Finocchiaro May 23, 1975 January 20, 1977
Paolo Grassi January 20, 1977 June 12, 1980
Sergio Zavoli June 12, 1980 October 23, 1986
Enrico Manca October 23, 1986 February 19, 1992
Walter Pedullà February 19, 1992 July 13, 1993
Claudio Demattè July 13, 1993 July 12, 1994
Letizia Moratti July 12, 1994 April 24, 1996
Giuseppe Morello April 24, 1996 July 10, 1996
Enzo Siciliano July 10, 1996 January 21, 1998
Roberto Zaccaria February 3, 1998 February 17, 2000
Roberto Zaccaria1 February 17, 2000 February 16, 2002
Vittorio Emiliani February 16, 2002 February 22, 2002
Antonio Baldassarre March 5, 2002 February 26, 2003
Paolo Mieli March 7, 2003 March 13, 2003
Lucia Annunziata March 13, 2003 May 4, 2004
Francesco Alberoni2 May, 2004 May, 2005
Sandro Curzi2 June 1, 2005 July 30, 2005
Claudio Petruccioli July 31, 2005 March 25, 2009
Paolo Garimberti March 26, 2009 June 8, 2012
Anna Maria Tarantola June 8, 2012 present

Direktur Jenderal[sunting | sunting sumber]

Nama Mulai bekerja Berhenti bekerja
Salvino Sernesi 1949 1953
Giovan Battista Vicentini 1954 1955
Rodolfo Arata 1956 1960
Ettore Bernabei January 5, 1961 September 18, 1974
Michele Principe May 23, 1975 January 25, 1977
Giuseppe Glisenti January 26, 1977 June 17, 1977
Pierantonino Bertè July 12, 1977 June 18, 1980
Villy De Luca June 19, 1980 July 21, 1982
Biagio Agnes July 29, 1982 February 1, 1990
Gianni Pasquarelli February 5, 1990 July 23, 1993
Gianni Locatelli July 23, 1993 August 3, 1994
Gianni Billia August 3, 1994 December 31, 1994
Raffaele Minicucci January 16, 1995 February 29, 1996
Aldo Materia3 March 6, 1996 July 15, 1996
Franco Iseppi July 15, 1996 February 8, 1998
Pier Luigi Celli February 9, 1998 February 17, 2000
Pier Luigi Celli1 February 17, 2000 February 9, 2001
Claudio Cappon February 9, 2001 March 19, 2002
Agostino Saccà March 19, 2002 March 27, 2003
Flavio Cattaneo March 27, 2003 August 5, 2005
Alfredo Meocci August 5, 2005 June 20, 2006
Claudio Cappon June 22, 2006 April 2, 2009
Mauro Masi April 2, 2009 June 8, 2012
Luigi Gubitosi June 8, 2012 present

Keterangan:
^Note 1: Masa jabatan kedua.
^Note 2: Temporer.
^Note 3: Wakil Direktur Jenderal bertindak sebagai Direktur Jenderal.

Saluran televisi[sunting | sunting sumber]

3 saluran televisi utama ialah:

  • Rai 1: Saluran televisi utama yang ditagetkan kepada pirsawan keluarga.
  • Rai 2: Saluran TV ini mulai mengudara sejak November 4, 1961 sebagai "Secondo Programma", dalam beberapa tahun terakhir kurang fokus yang jelas, tapi sekarang mencoba untuk berfokus pada pirsawan yang sedikit lebih muda dari Rai 1.
  • Rai 3: Saluran 'alternatif', dengan mengirimkan layanan pasti publik dan program-program lokal. Saluran ini diluncurkan pada tanggal 15 Desember 1979 sebagai "TV3".

Rai 1 dan Rai 2 mulai penyiaran televisi berwarna pada tanggal 1 Februari 1977.

Televisi terrestrial[sunting | sunting sumber]

Saluran terestrial analog dan digital:

Digital-only channels:

Juga disediakan di Tivù Sat.

Saluran TV satelit[sunting | sunting sumber]

Free-to-air:

Free-to-view di Tivù Sat:

Tersedia di beberapa area yang sepenuhnya menggunakan digital.

IPTV[sunting | sunting sumber]

Alice Home TV

  • Rai Fiction
  • Viva la Rai: hiburan
  • Rai Supercult: hiburan
  • Rai Magazine
  • Rai Storia
  • Rai Ritratti
  • Rai Junior

TV di FASTWEB

  • Rai Click Cinema
  • Rai Click Fiction
  • Rai Click Fiction Live
  • Rai Click Junior
  • Rai Click News
  • Rai Click Spettacolo
  • Rai Click Culture
  • Rai Click Oggi

Internasional[sunting | sunting sumber]

  • Rai Italia: Stasiun TV RAI unruk wilayah internasional.

Saluran yang berhenti siaran[sunting | sunting sumber]

  • RaiSat Album (30 Juli 2003 (2003-07-30))
  • RaiSat Art (30 Juli 2003 (2003-07-30))
  • RaiSat Fiction (30 Juli 2003 (2003-07-30))
  • RaiSat Smash Girls (1 Agustus 2009 (2009-08-01))
  • RaiSat Gambero Rosso Channel (1 Agustus 2009 (2009-08-01))
  • Rai Azzurri: Kejuaraan Sepak Bola Eropa UEFA 2004 (2004, menggunakan frekuensiRai Olimpia / Rai Utile)
  • Rai Doc: kebudayaan (1 Juni 2007 (2007-06-01))
  • Rai Futura: permainan (1 Februari 2007 (2007-02-01), menggunakan frekuensi Rai Doc)
  • Rai Olimpia: Olimpiade Musim Panas 2004 (2004, menggunakan frekuensi Rai Utile)
  • Rai Utile (1 Januari 2008 (2008-01-01))
  • Rai Widescreen: Piala Dunia 1998 (1999)

Stasiun radio[sunting | sunting sumber]

Pemberitaan[sunting | sunting sumber]

[sunting | sunting sumber]

RAI logo.svg Rai logo.svg
2000-2010 2010-

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ ::: RAI Annual Report 2008 ::: (Inggris) Retrieved on 2009-09-11
  2. ^ "Rai, l'orgia del potere" (Italia) L'espresso, Retrieved on 2008-07-09
  3. ^ "Basta con il governo padrone, così cambierà la Tv pubblica" (Italia) Retrieved on 2007-10-10
  4. ^ " DDL Riforma Rai" (Italia) Italian Ministry of Communications, Retrieved on 2007-10-10
  5. ^ ::: RAI Annual Report 2008 ::: (Inggris) Retrieved on 2009-09-11
  6. ^ [1], in Italian. Retrieved on 2009-06-21
  7. ^ [2]
  8. ^ [3]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]