Saluran televisi

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari

Saluran televisi adalah istilah umum yang digunakan untuk stasiun televisi yang terdapat di televisi. Seringkali istilah ini dibingungkan dengan jaringan televisi yang sebenarnya merujuk kepada stasiun-stasiun TV yang memiliki keterikatan dalam kepemilikan sebagian atau seluruh acara TV.

Istilah ini sering juga penggunaannya untuk menyebutkan siaran TV, sehingga terjadi tidak adanya perbedaan antara saluran TV dan siaran TV.

Stasiun televisi[sunting | sunting sumber]

Stasiun televisi adalah stasiun penyiaran yang menyiarkan audio dan video ke televisi di wilayah tertentu. Awalnya, penyiaran stasiun TV bersiaran dengan mengirim sinyal radio yang disesuaikan melalui udara, ini disebut dengan televisi terestrial. Stasiun televisi biasanya diberikan lisensi oleh pemerintah untuk menggunakan spektrum radio tertentu untuk menyalurkan sinyalnya. Stasiun televisi merupakan bagian dari saluran televisi, tetapi tidak semua saluran televisi adalah stasiun TV.

TV kabel dan TV satelit[sunting | sunting sumber]

Beberapa wilayah seperti daerah pegunungan sulit menerima sinyal televisi terestrial, maka diperkenalkannya metode penyiaran dengan TV satelit dan TV kabel. Semenjak TV kabel atau TV satelit mulai populer penggunanya, maka perbedaan antara stasiun TV dan jaringan TV menjadi dibingungkan dalam penggunaan istilah dan maknanya.