Arte

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Arte
Diluncurkan30 Maret 1992
PemilikARTE France & ARTE Deutschland
Pangsa pemirsa2.7% (selama jam ketika siaran dilakukan dalam analog) (April 2008, [1])
Negara Prancis
 Jerman
BahasaPrancis dan Jerman
Situs webarte.tv
Kantor Arte di Strasbourg

Arte (Association Relative à la Télévision Européenne) merupakan sebuah jaringan TV Prancis-Jerman. Menyatakan dirinya sebagai sebuah saluran budaya Eropa dan bertujuan mempromosikan kualitas pemrograman khususnya mengenai budaya dan seni. Kantornya terletak di Issy-les-Moulineaux dekat Paris, Prancis, Strasbourg, Prancis (kantor pusat) dan Baden-Baden di Jerman.

Karena merupakan usaha bersama internasional (sebuah EEIG), programnya melayani penonton dari kedua negara. Ini menyebabkan judul ganda, penerjemahan dan alih suara ganda, menggunakan kedua bahasa dan dua track audio terpisah (hanya satu yang tersedia mengudara di Prancis, tetapi satu lainnya dapat dipilih pada televisi satelit dan kabel digital).

Arte mulai mengudara tahun 1992, di bawah pemerintahan sosialis, memenuhi frekuensi yang ditinggalkan oleh La Cinq, jaringan televisi komersial bahasa Prancis pertama (dibentuk tahun 1986). Arte telah selamat dari pemindahan 1993 ke pemerintahan sayap kanan dan sejumlah perubahan.

Programnya dibuat oleh Arte France yang sebelumnya dikenal dengan La Sept (La Société d'édition des programmes de télévision, tetapi juga merupakan permainan kata, menjadikan nama ini berarti jaringan ketujuh dan La Sept berdiri ketika jaringan kelima masih bernama La Cinq; membuat program televisi satelit pada waktu itu) dan oleh ARTE Deutschland GmbH, subsidiari dua jaringan TV Jerman umum utama ARD dan ZDF.

Di Prancis, dalam siaran digital, pemrograman tersedia permanen (pada kabel digital, satelit digital dan televisi terrestrial digital), tetapi pada siaran analog, mengudara hanya pada sore hari, sementara France 5 mengoperasikan frekuensi sepanjang hari.

Arte lebih populer di Prancis (saham pasar sekitar 5%) daripada Jerman (sekitar 1%), tetapi di Jerman saluran ini mengalami banyak persaingan.

Arte juga tersedia di Belgia dan Belanda melalui kabel.

Arte juga sebuah situs web radio online, disebut Arte Radio.

Special Broadcasting Service menerjemahkan berbagai program Arte ke dalam bahasa Inggris untuk disiarkan pada jaringan televisinya.

Program[sunting | sunting sumber]

Catatan kaki[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]