Windows Phone Store

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Windows Phone Store
Perancang Microsoft
Pengembang Microsoft
Rilis perdana 21 Oktober 2010; 4 tahun yang lalu (2010-10-21)
Status pengembangan Aktif, tersedia 160.000 aplikasi [1]
Sistem operasi Windows Phone
Jenis Platform distribusi perangkat lunak ponsel
Lisensi Perangkat lunak milik perorangan
Situs web resmi www.windowsphone.com/store

Windows Phone Store (sebelumnya Windows Phone Marketplace) adalah sebuah warung daring buatan Microsoft untuk Windows Phone yang berfungsi untuk memudahkan pengguna Windows Phone dalam mencari dan mengunduh aplikasi yang telah dikembangkan oleh pihak ketiga. Seperti kebanyakan produk Windows yang baru, Windows Phone Store menggunakan antarmuka "Metro UI"; UI dihadirkan dengan panoramik sehingga pengguna dapat mencari aplikasi-aplikasi berdasarkan kategori dan judulnya, melihat fitur-fitur yang dimiliki aplikasi-aplikasi tersebut, dan mengetahui peringkat, pratinjau, tangkapan layar, dan informasi pembayaran jika aplikasi itu berbayar.

Windows Phone Store (menggantikan Windows Marketplace for Mobile) dirilis bersamaan dengan perilisannya Windows Phone 7 pada Oktober 2010 di beberapa negara. Pada 4 Oktober 2010, dilaporkan bahwa SDK untuk Windows Phone telah diunduh lebih dari 500 juta kali.[2] Pada akhir Februari 2013, Marketplace memiliki aplikasi yang tersedia lebih dari 130.000.[3] Dengan peluncuran Mango (Windows Phone 7.5) Marketplace versi situs daring ini diresmikan oleh Microsoft, menawarkan berbagai fitur seperti diam.

Pada Agustus 2012, Microsoft mengganti nama "Windows Phone Marketplace" menjadi "Windows Phone Store". Perubahan tersebut dapat dilihat pada perangkat-perangkat Windows Phone dan pada situs web Windows Phone; bagian Marketplace diubah menjadi bagian "Aplikasi+Permainan".

Penetapan harga dan fitur[sunting | sunting sumber]

Windows Phone Store mendukung pembayaran melalui kartu kredit, tagihan operator, dan ad-supported content. Store juga mempersilakan pengguna untuk mencoba aplikasi berbayar sebelum mereka membelinya.[4] Fitur-fitur lainnya dikatakan sama dengan pendahulu Windows Phone Store, Windows Marketplace for Mobile. Windows Phone Store memiliki 61 kategori yang dibagi menjadi 16 kategori utama dan 25 subkategori. Aplikasi hanya dapat ditempatkan dalam satu kategori. Windows Phone Store juga memiliki kemampuan untuk mengunduh permainan 3D yang telah terintegrasi dengan Xbox Live.

Kemampuan untuk mengunduh berkas XAP ke komputer juga dimiliki oleh Windows Phone Store, yang memperbolehkan pengguna untuk memasang aplikasi-aplikasi dari kartu memori mereka jika akses internet tidak tersedia.

Pengembang[sunting | sunting sumber]

Para pengembang harus membayar biaya langganan tahunan sebesar $99 untuk menjadi anggota App Hub dan menempatkan aplikasi mereka ke Windows Phone Store.

Aplikasi dan permainan[sunting | sunting sumber]

Pengguna dapat mengunduh aplikasi dan permainan melalui Windows Phone Store. Microsoft telah berusaha agar permainan-permainan populer dapat tersedia ketika peluncuran Windows Phone 7.[5] Juga pada Gamescom, Microsoft meresmikan lebih dari 50 permainan dan aplikasi premium Windows Phone 7 [6] yang membuat sambungan seluler Xbox lebih berarti.

Windows Phone Store telah berkembang dengan pesat sejak peluncurannya dan sampai Februari 2012, Windows Phone Store telah mengalahkan Blackberry App World yang memiliki 70.000 aplikasi tersedia. Pada Juni 2012, setelah 20 bulan, Windows Phone Marketplace telah memiliki 100.000 aplikasi tersedia. Pertumbuhan tersebut lebih cepat daripada Android yang memerlukan waktu 24 bulan, namun lebih lambat daripada iOS yang hanya memerlukan 16 bulan untuk menggapainya.[7]

Pembatasan aplikasi[sunting | sunting sumber]

Aplikasi-aplikasi yang tersedia di Windows Phone Store dikenakan kebijakan konten, yang menuntun para pengembang, dan untuk mempermudah pembatasan dan pelarangan konten.[8]

Contoh konten yang dibatasi dan dilarang antara lain pornografi, promosi kekerasan, diskriminasi, atau penggunaan narkoba, alkohol dan rokok. Saran atau pelukisan prostitusi, pemujaan seksual, atau apapun tentang konten dewasa akan dilarang di Store.[8][9]

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

Templat:Digital distribution platforms