Robert G. Edwards

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Robert G. Edwards
Lahir 27 September 1925
Batley, Inggris
Meninggal 10 April 2013 (umur 87)
London, Inggris
Kebangsaan Inggris
Institusi University of Cambridge
Alma mater University of Wales, Bangor
University of Edinburgh
Dikenal atas reproductive medicine
in-vitro fertilization
Penghargaan Penghargaan Nobel Fisiologi atau Kedokteran (2010)


Robert Geoffrey Edwards (lahir 27 September 1925 – meninggal 10 April 2013 pada umur 87 tahun) adalah seorang ahli fisiologi warga-negara Inggris yang memperoleh Penghargaan Nobel Kedokteran tahun 2010 bersama Patrick Steptoe untuk penemuan mereka dalam bidang kesuburan in vitro yang menjadi dasar dari lahirnya bayi tabung Louise Joy Brown.

Edwards memperoleh gelar doktor dari Edinburgh University, Skotlandia, pada tahun 1955, dengan tesis mengenai perkembangan embrio pada tikus. Pada tahun 1958, dia bekerja sebagai staf ilmuwan National Institute Medical Research di London dan mulai melakukan riset tentang proses fertilisasi pada manusia. Kemudian, dia bekerja di Cambridge hingga masa pensiunnya. Dia memperoleh gelar profesor emeritus (profesor yang pensiun dengan performa yang baik) dari University of Cambridge. Pada tahun 1969, untuk pertama kalinya Edwards berhasil melakukan pembuahan sel telur manusia di cawan laboratorium, namun sel tersebut tidak berkembang sesuai keinginan. Maka, dia berpikir bahwa sel telur lebih baik dibiarkan matang di dalam ovarium terlebih dahulu sebelum dipindahkan ke luar untuk dibuahi. Rekannya, ginekolog Patrick Steptoe, mengembangkan teknik laparoskopi (operasi dengan sayatan kecil) untuk pengamatan terhadap ovarium lewat instrumen optik. Steptoe menggunakan laparoskopi untuk memindahkan sel telur dari indung telur dan Edwards melakukan kultur sel serta menambahkan sperma. Hasilnya, sel telur dapat membelah dan membentuk embrio awal (ukuran 8 sel). Embrio berukuran 8 sel inilah yang kemudian dikembalikan lagi ke dalam rahim wanita. Teknik bayi tabung tidak hanya mendapat dukungan, tapi juga pertentangan dan perdebatan etika dari sejumlah pemimpin agama, ahli etika, dan ilmuwan lain.

Pada 25 Juli 1978, bayi tabung pertama di dunia, Louise Brown, lahir dari pasangan Edwards dan Lesley Brown. Hal ini terjadi setelah sekitar 100 percobaan Edwards-Steptoe mengalami kegagalan dan hanya menghasilkan kehamilan singkat. Bersama Steptoe, dia mendirikan Bourn Hall Clinic (pusat terapi fertilisasi in vitro pertama di dunia) dan bekerja sama menyempurnakan teknik fertilisasi in vitro hingga Steptoe meninggal pada tahun 1988.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]