Rahab

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Rahab dari Yerikho

Rahab, (bahasa Ibrani: רָחָב Raẖav Ibrani Tiberias Rāḥāḇ "lebar" "besar"; bahasa Yunani: Ῥαχάβ or Ῥαάβ), seorang perempuan yang tinggal di kota Yerikho dan membantu menyembunyikan mata-mata Israel, sehingga ia dan keluarganya tidak ikut terbunuh, saat kota Yerikho direbut oleh bangsa Israel di bawah pimpinan Yosua (Yosua 2; Yosua 5).

Profesi[sunting | sunting sumber]

Hampir semua terjemahan Alkitab menuliskan Rahab sebagai "perempuan sundal" atau "pelacur"[1] ((Yosua 2:1). Namun, ada juga yang menterjemahkan sebagai "pemilik penginapan", misalnya Pastor Van der Zee dari gereja puritan[2] Komentator Yahudi abad pertengahan, Rashi, menganggapnya "penjual makanan". Sejarahwan abad pertama Masehi, Flavius Yosefus menulis bahwa Rahab mempunyai penginapan, tetapi tidak menerangkan lebih lanjut apakah ada profesi lain.[3] Di bagian Perjanjian Baru dalam Alkitab Kristen, Surat Yakobus dan Surat Ibrani mengikuti terjemahan Septuaginta dalam bahasa Yunani "πορνη", yang biasanya berarti "pelacur" atau "perempuan sundal" dalam menulis Rahab. (Yakobus 2:25; Ibrani 11:31; Yosua 2).

Keturunan[sunting | sunting sumber]

Dalam Injil Matius, nama Rahab dicatat sebagai salah satu nenek moyang Yesus (Matius 1:5). Rahab menikah dengan Salmon, dari suku Yehuda, dan melahirkan Boas. Boas kemudian menikah dengan Rut dan menjadi kakek buyut raja Daud. Tidak ada informasi jelas apakah Rahab ini sama dengan Rahab dari Yerikho.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Parallel KJV, NIV, NASB, ESV, and NLT translations of Joshua 2:1
  2. ^ Article: "Heresies in the Old Testament" by Dennis van der Zee in Seeking for the True message of the Old Testament (Downers Grove, Il: InterVarsity Press, 2002), 35.
  3. ^ "The Antiquities of the Jews/Book V."