Raghu

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari

Dalam mitologi Hindu, Raghu (Sanskerta: रघु; Raghu) adalah nama raja yang konon hidup pada zaman India Kuno yang berasal dari kalangan Dinasti Surya, Dinasti Ikswaku, dan Raghuwangsa. Terdapat dua tokoh yang bernama Raghu pada garis keturunan Dinasti Surya, yaitu Raghu putera Nighna (Kakek Dilipa) dan Raghu putera Dilipa alias Dirghabahu.

Raghu putera Dilipa[sunting | sunting sumber]

Raja Raghu alias Dirghabahu merupakan raja yang gagah berani. Namanya dalam bahasa Sanskerta berarti "Yang cepat", karena kereta Raghu mampu berjalan cepat. Karena kemuliaan dan kejayaan Raghu, dinastinya sendiri dikenal sebagai Raghuwangsa atau Raghukula di kemudian hari. Sejarah dinasti tersebut diceritakan dengan teliti oleh Kalidasa dalam Raghuvamsha. Garis keturunan yang dipaparkan dalam Raghuvamsha seperti berikut ini: Dilipa adalah ayah Raghu, Raghu adalah ayah Aja, Aja adalah ayah Dasarata, Dasarata adalah ayah Rama.

Legenda[sunting | sunting sumber]

Raghu memimpin ekspedisi militer ke Transoxiana. Ia menaklukkan penduduk lokal selama perjalanannya (kira-kira melewati Asia Tengah) sampai mencapai Vankshu, sebutan orang India Kuno terhadap Sungai Oxus. Di sana, tentara Raghu melawan suku Hepthalite, atau Hun putih, yang disebut oleh orang India sebagai suku Huna dan Mleccha (bangsa barbar). Setelah melewati Oxus, Raghu dan tentaranya bertemu dengan Suku Kamboja, yaitu Bangsa Iran Kuno yang seringkali muncul dalam kitab India. Suku Kamboja takluk kepada Raghu dan memberinya persembahan. Secara nyata, Suku Kamboja bermukim di sekitar wilayah Pamir.

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Didahului oleh:
Dilipa
Dinasti Surya
Raja Ayodhya
Diteruskan oleh:
Aja