Perjanjian Lateran

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari

Perjanjian Lateran adalah salah satu dari Pakta Lateran tahun 1929 atau Persetujuan Lateran, tiga persetujuan yang dibuat pada tahun 1929 antara Kerajaan Italia dan Tahta Suci, diratifikasi pada tanggal 7 Juni 1929, mengakhiri masa "Pertanyaan Romawi".

Perjanjian ini terdiri atas tiga dokumen:

  1. Sebuah "perjanjian politik" yang menghargai kemerdekaan penuh Tahta Suci di Negara Kota Vatikan, yang oleh karenanya terbentuk;
  2. Sebuah "concordat" yang mengatur posisi Gereja Katolik Roma dan agama Katolik Roma di dalam negara Italia;
  3. sebuah "konvensi finansial" yang menyetujui penyelesaian definitif terhadap permintaan ganti rugi Tahta Suci menyusul hilangnya wilayah dan kekayaan milik Tahta Suci.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Wilayah Negara Kota Vatikan, dibentuk oleh Persetujuan Lateran.

Perundingan-perundingan untuk penyelesaian masalah "Pertanyaan Romawi" dimuali pada tahun 1926 antara Pemerintah Italia dan Tahta Suci, dan pada tahun 1929 mereka mewujudkannya dalam bentuk persetujuan yang berbentuk tiga Persetujuan Lateran, ditandatangani bagi Raja Victor Emmanuel III dari Italia oleh Perdana Menteri Benito Mussolini dan bagi Paus Pius XI oleh Kardinal Menteri Luar Negeri Pietro Gasparri. Persetujuan ini ditandatangani di Istana Lateran, karena itu nama persetujuan ini berasal dan dipakai hingga hari ini.

Referensi Buku[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]