Apartemen Borgia

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Detil fresko Kebangkitan di Apartemen Borgia menggambarkan Paus Aleksander VI dari BOrgia sedang berdoa, karya lukis Pinturicchio

Apartemen Borgia adalah sebuah rangkaian ruangan di dalam Istana Apostolik di Vatikan.

Informasi singkat[sunting | sunting sumber]

Apartemen Borgia digunakan secara pribadi oleh Paus Aleksander VI (Rodrigo de Borgia). Di akhir abad ke-15, ia menugaskan pelukis Italia Pinturicchio beserta para pembantunya untuk mendekorasi tempat ini dengan lukisan-lukisan dinding. Lukisan-lukisan tersebut, yang dikerjakan dari tahun 1492 hingga 1494, mengambil sebuah rancangan ikonografis yang rumit, menggunakan tema-tema dari ensiklopedia abad pertengahan dengan menambahkan unsur-unsur ajaran mengenai dunia akhirat (eskatologi) dan menjunjung tinggi cerita asal usul keluarga Borgia yang dipercaya bernilai suci.

Ruangan-ruangannya antara lain: Kamar Para Nabi, Kamar Pernyataan Iman, Kamar Pengetahuan Budaya, Kamar Para Orang Suci, dan Kamar Iman. Namun, karena kamar-kamar ini punya hubungan yang mendalam dengan keluarga Borgia yang tercela, semuanya dicampakkan pada tahun 1503 setelah wafatnya Paus Aleksander VI. Pada tahun 1889 Paus Leo XIII memperbaiki ruangan-ruangan tersebut dan membukanya untuk bisa dilihat oleh publik.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]