Radio Vatikan

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari

Koordinat: 41°54′14″LU,12°27′0″BT

Vatican Radio
Radio Vaticana
Radio Vaticana logo
Pertama mengudara 1931
Pemilik  Vatikan
Website www.radiovaticana.org
Gedung administrasi dan tiang-tiang radio di kota Vatikan.

Radio Vatikan (Bahasa Italia:Radio Vaticana) adalah badan penyiaran resmi Negara Kota Vatikan.

Didirikan pada tahun 1931 oleh Guglielmo Marconi, hari ini program-programnya ditawarkan dalam 47 bahasa, dan dikirim melalui gelombang pendek (juga Digital Radio Mondiale (DRM)), gelombang sedang, radio FM, satelit dan radio internet. Kaum Yesuit bertanggung-jawab atas kepengurusan Radio Vatikan semenjak lahirnya radio ini. Selama Perang Dunia II serta tumbuh berkembangnya kaum Fasis Italia dan Nazi Jerman, Radio Vatikan berfungsi sebagai sumber berita pihak Sekutu termasuk juga menyiarkan propaganda baik yang pro-Sekutu maupun yang netral.[1] Seminggu setelah Paus Pius XII memerintahkan adanya siaran, Radio Vatikan menyiarkan kepada dunia yang (saat itu) tidak percaya bahwa orang-orang Polandia dan Yahudi dikumpulkan dan dipaksa untuk tinggal di kampung-kampung etnis (ghetto).

Saat ini siaran Radio Vatikan diproduksi oleh lebih dari 200 jurnalis yang berada di 61 negara berbeda. Radio Vatikan memperoduksi lebih dari 42.000 jam siaran bersamaan meliput berbagai berita internasional, perayaan religius, acara diskusi, dan musik. Direktur kepalanya saat ini adalah Romo Federico Lombardi, S.J.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  • Levilliain, Philippe. The Papacy: An Encyclopedia. Translated by John O'Malley. Routledge, 2002. ISBN 0-415-92228-3
  • Matelski, Marilyn J. Vatican Radio: Propagation by the Airwaves. 1995, Praeger ISBN 0-275-94760-2
  • Blet, Pierre. Pius XII and the Second World War: According to the Archives of the Vatican. Translated by Lawrence J. Johnson. 1999, Paulist Press. ISBN 0-8091-0503-9
  1. ^ Paus Pius XII dan Holocaust

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]