Cortile del Belvedere

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Cortile del Belvedere.

Cortile del Belvedere , atau Halaman Gedung Belvedere, adalah sebuah karya besar Donato Bramante yang merancangnya mulai dari tahun 1506. Bangunan ini adalah sebuah proyek besar dari zaman Renaissance Puncak di Roma, yang tampak menjadi sumber inspirasi bagi tiap halaman gedung, halaman terbuka (piazza) yang formal dan rancangan taman-taman di seluruh Eropa Barat selama berabad-abad. Bramante sendiri tidak sempat melihatnya selesai dibangun, dan dalam waktu seabad bangunan ini telah berubah secara permanen dengan kehadiran sebuah tembok pemisah.

Tempat ini di suatu waktu pernah menjadi tempat koleksi hewan eksotis Sri Paus. Di bagian bawah halaman gedung inilah Paus Leo X mengadakan parade bagi gajah kesayangannya yang bernama Hanno untuk dipertontonkan kepada para penonton yang suka pada sang gajah. Oleh karena Hanno memiliki sejarah yang sangat mahsyur, gajah itu akhirnya dikubur di Cortile del Belvedere.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Paus Innosensius VIII memulai pembangunan di lokasi bangunan ini yang berada di tanah yang tinggi menatap Basilika Santo Petrus yang lama pada tahun 1484. Disini, dimana angin semilir mampu menyejukkan musim panas Roma, Sri Paus memerintahkan arsitek asal Florensia bernama Antonio del Pollaiolo untuk merancang dan membangun sebuah rumah musim panas kecil yang memiliki pemandangan luar biasa akan pusat kota Roma di sebelah timur dan akan padang rumput sesudah Castel Sant'Angelo, yang biasa disebut Prati di Castello. Rumah peristirahatan pinggir kota ini adalah rumah peristirahatan pertama yang dibangun di Roma semenjak zaman Romawi Antik.

Ketika Paus Julius II menjadi Paus pada tahun 1503, ia memindahkan koleksi patung-patung Romawi yang semakin lama semakin banyak disini, di sebuah halaman tertutup di lingkungan rumah peristirahatan Belvedere. Patung Laocoon dibeli oleh Julius segera setelah ditemukan dan dibawa ke tempat ini pada tahun 1506. Tak lama setelah penemuannya, Patung Apollo juga dibawa kesana, sehingga kemudian patung tersebut dikenal dengan sebutan Apollo Belvedere. Demikian juga dengan patung batang tubuh pahlawan pria yang dikenal sebagai Batang Tubuh Belvedere (Inggris: Belvedere Torso).