Pariwisata di Vatikan

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Kerumunan turis di Museum Vatikan

Pariwisata di Vatikan utama difokuskan pada wisata religi dan wisata kota, termasuk kunjungan ke Basilika Santo Petrus, Lapangan Santo Petrus, Museum Vatikan, Kapel Sistina, dan Ruangan Rafael.[1]Vatikan, yang luasnya seperempat mil persegi (0,44 km2),[2] adalah tujuan populer bagi wisatawan, khususnya umat Katolik yang ingin melihat Paus atau merayakan iman mereka.

Jumlah terbesar peziarah yang mengunjungi Kota Vatikan pada momen-momen khusus dalam tahun liturgi, seperti Natal atau Paskah, atau pada saat-saat penting seperti proklamasi tahun suci atau pemakaman dan pemilihan paus.

Pariwisata adalah salah satu sumber pendapatan utama dalam perekonomian Kota Vatikan. Pada tahun 2007 sekitar 4,3 juta wisatawan mengunjungi Museum Vatikan saja.[3] Pariwisata adalah penyebab utama tingginya tingkat kejahatan di Vatikan: wisatawan disalahkan atas berbagai pencurian dan insiden kecil.[4]

Kota Vatikan[sunting | sunting sumber]

Vatikan dibangun pada tahun 326 M. Seiring dengan bertambahnya jumlah penduduk dan perumahan, istana pertama dibangun pada abad ke-5 di bawah pemerintahan Paus Simakhus (498–514). Di bawah Kekaisaran Romawi Suci, Negara Kepausan berkembang hingga mencakup sebagian besar Italia tengah. Namun sejak penyatuan Italia pada pertengahan abad ke-19, Kota Vatikan adalah satu-satunya negara kepausan yang bertahan. Sejak tahun 1929, karena Perjanjian Lateran, Vatikan diakui sebagai negara merdekanya sendiri, negara terkecil di dunia dalam hal populasi dan luas lahan,[5] dengan populasi lebih dari 800 orang orang pada bulan Juli 2011.[6] Paus bukan hanya kepala agama Katolik tetapi juga kepala negara untuk Kota Vatikan. Karena Vatikan terletak di Italia, bahasa utama negara Vatikan (atau Kota Vatikan) adalah bahasa Italia.

Tempat Wisata[sunting | sunting sumber]

Wisatawan dapat mengunjungi museum Vatikan dengan biaya sekitar hanya 15 hingga 19 euro. Jumlah orang yang datang untuk melihat Museum Vatikan telah melampaui lima juta per tahun pada tahun 2011.[7] Taman eksotis Vatikan juga menjadi daya tarik. Dari taman, dapat dilihat pemandangan indah Basilika Santo Petrus dan Istana Apostolik.[8]

Kapel Sistina[sunting | sunting sumber]

Kapel Sistina adalah rumah bagi banyak karya seni termasuk patung, permadani, dan lukisan karya Michelangelo Buonarroti. Salah satu atraksi yang paling terkenal adalah lukisan langit-langit Penciptaan Adam, bersama dengan langit-langit lainnya yang dikerjakan oleh Michelangelo antara tahun 1508 dan 1512,[9] serta Penghakiman Terakhir di belakang altar, yang diselesaikannya antara tahun 1536 dan 1541.

Pengambilan gambar tidak diperbolehkan di dalam Kapel Sistina, tetapi secara online Vatikan menawarkan model 3D bagian dalam Kapel. Selama musim panas, sekitar 20.000 orang mengunjungi Kapel Sistina setiap hari, namun pembatasan sedang dipertimbangkan karena beberapa orang tidak mematuhi aturan keheningan dan tidak boleh mengambil foto di dalam kapel.[10]

Selama konklaf pemilihan Paus, Kapel Sistina menggunakan perangkat pengacau di dalam Kapel Sistina untuk mencegah orang menyebarkan gambar atau bentuk informasi lain di dalam Kapel melalui ponsel devices.[11] Hal ini juga mencegah bocornya informasi tentang Keputusan Dewan Kardinal mengenai siapa yang akan menjadi Paus baru.

Lihat juga[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Wisata Roma — Kota Vatikan". Diakses tanggal 2008-05-22. 
  2. ^ "Negara Terkecil di Dunia (Sangat Kecil)". ThoughtCo. Diakses tanggal 2017- 06-18. 
  3. ^ "Vatikan mengalami defisit pada tahun 2007: Tahta Suci". 2008-07-09. 
  4. ^ "BBC NEWS | Eropa | Tingkat kejahatan Vatikan 'melonjak'". news.bbc.co.uk. 
  5. ^ "CATHOLIC ENCYCLOPEDIA: Pope Saint Symmachus". www.newadvent.org. Diakses tanggal 2023-05-09. 
  6. ^ (2012) Populasi. Diakses pada 3 April 2013 http://www.vaticanstate.va/content/vaticanstate/en/stato-e-governo/note-generali/popolazione.html
  7. ^ "CNS CERITA: Jumlah pengunjung Museum Vatikan mencapai 5 juta". 2012-02-13. Diakses tanggal 2023-05-09.  Parameter |archive-url= mengalami cacat: path (bantuan)
  8. ^ -garden-booking-step-1.php "Vatican Gardens Group Tour: Pemesanan Tur Grup Berpemandu Taman Vatikan" Periksa nilai |url= (bantuan). www.rome-museum.com. 
  9. ^ "Ceiling". mv.vatican.va. Diakses tanggal 4 April 2013. 
  10. ^ "Vatikan pada akhirnya mungkin membatasi Kapel Sistinakunjungan". Reuters. 2012-10 -31. Diakses tanggal 2023-05-09. 
  11. ^ -chapel-jamming-device-stove-white/story?id=18665371 "Vatikan Mempersiapkan Kapel Sistina Dengan Alat Pengacau, Kompor Asap Putih" Periksa nilai |url= (bantuan). ABC News. Diakses tanggal 2023-05-09.