Paul Josef Crutzen

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Paul Jozef Crutzen
Paul Jozef Crutzen 128.jpg
Lahir 3 Desember 1933 (umur 80)
Amsterdam, Belanda
Bidang Kimia, Fisika
Penghargaan Penghargaan Nobel bidang Kimia tahun 1995

Paul Josef Crutzen (lahir di Amsterdam, Belanda, 3 Desember 1933; umur 80 tahun), adalah seorang kimiawan dan meteorolog Belanda. Ia adalah direktur Institut Kimia Max Planck di Mainz antara tahun 1980-2000. Ia dianugerahi Penghargaan Nobel dalam Kimia pada tahun 1995.

Paul Josef Crutzen menerima gelar doktor di bidang meteorologi dari Universitas Stockholm, Swedia. Ia mengajar di universitas yang sama di Fakultas Meteorologi . Pada tahun 1970, Crutzen menerbitkan karya fundamental pada kemampuan nitrogen monoksida untuk penguraian ozon dan mengetahui reaksinya. Antara tahun 1974-1980, ia menjadi peneliti di berbagai lembaga di Boulder, Colorado.

Pada tahun 1980, ia mendapat jabatan di Max-Planck-Institut für Chimie di Mainz sebagai direktur di bidang kimia atmosfer. Pada kapasitas ini, ia bekerja keras untuk komisi penyelidikan iklim di Parlemen Jerman (Bundestag).

Bersama Mario Molina dan Frank Rowland, ia memenangkan Hadiah Nobel Kimia untuk kerja mereka di bidang kimia atmosfer, khususnya yang berkaitan dengan pembentukan dan penguraian ozon.