Otto Wallach

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Otto Wallach
Otto Wallach.jpg
Lahir 27 March 1847
Königsberg, Prussia
Meninggal 26 Februari 1931 (umur 83)
Göttingen, Germany
Kebangsaan Prussia / German Empire
Bidang Organic chemistry
Institusi University of Göttingen,
University of Bonn
Alma mater University of Göttingen
Pembimbing doktoral August Wilhelm von Hofmann,
Friedrich Wöhler,
Friedrich Kekulé
Mahasiswa doktoral Walter Haworth
Dikenal karena Isoprene rule
Penghargaan Penghargaan Nobel Kimia (1910)
Medali Davy (1912)

Otto Wallach lahir pada 27 Maret 1847, di Königsberg, Prusia (kini bagian Rusia). Wallach dianugerahi Penghargaan Nobel dalam Kimia pada 1910 untuk karyanya pada senyawa alisiklik dan minyak esensial aromatik. Ia paling diakui untuk studinya pada celupan anilina dan karya pionernya dalam kimia organik.

Pada 1865, ia ke Universitas Göttingen untuk belajar kimia, namun segera pindah ke Berlin untuk menjadi pengganti pada A.W. Hoffman dan G. Magnus. Setelah 1 semester di Berlin, Wallach kembali ke Göttingen untuk menerima gelar doktornya setelah hanya 5 semester belajar dan meneliti.

Pada 1870, Wallach harus meninggalkan studinya untuk dinas militer dalam Perang Prancis-Prusia. Setelah perang, ia kembali ke Berlin untuk bekerja di perusahaan "Aktien-Gesellschaft für Anilin-Fabrikation" (kemudian "Agfa"). Karena bahan kimia di pabrik itu, bagaimanapun, Wallach meninggalkan Berlin pada 1872 dan pindah ke Universitas Bonn di mana ia tetap di sana selama beberapa dasawarsa berikutnya. Di sanalah ia mulai berkarya dalam kimia organik. Pada 1876, Wallach diangkat sebagai guru besar luar biasa.

Pada 1884, Wallach menulis karya yang diterbitkan pertama kali dalam teka-teki jajaran berbagai anggota dalam kelompok C10H16. Pada 1889, ia diangkat sebagai Direktur Institut Kimia Göttingen. Selama beberapa tahun Wallach mempelakari struktur dan karakter senyawa alisiklik, termasuk hidrogen klorida. Wallach menghabiskan kebanyakan penelitiannya pada struktur molekul minyak esensial. Ia memisahkan dari minyak sekelompok bahan yang harum yang disebutnya terepenes. Pada 1909, ia menerbitkan hasil dan kesimpulannya dalam Terpene und Campher. Itulah studi pada minyak esensial ini yang akan meratakan jalan untuk industri parfum pada masa depan. Akhirnya, setyelah tahun-tahun dinas, Wallach beristirahat dari berkarya pada 1915.

Di luar Hadiah Nobel, Wallach dihormati dengan sejumlah penghargaan lainnya. Penghargaan itu termasuk Honorary Fellowships of the Chemical Society pada 1908 dan Davy Medal emas dan perak pada 1912. Otto Wallach meninggal di Göttingen pada 26 Februari 1931, dalam usia 83.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]