Alan MacDiarmid

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Alan MacDiarmid
Lahir 14 April 1927
Masterton, Selandia Baru
Meninggal 7 Februari 2007
Drexel Hill, Pennsylvania, Amerika Serikat
Alma mater Victoria University of Wellington
Penghargaan Penghargaan Nobel untuk bidang Kimia pada tahun 2000

Alan Graham MacDiarmid (lahir di Masterton, Selandia Baru, 14 April 1927 – meninggal di Drexel Hill, Pennsylvania, Amerika Serikat, 7 Februari 2007 pada umur 79 tahun) adalah seorang kimiawan kelahiran Selandia Baru. Bersama dengan Alan Heeger dan Hideki Shirakawa pada 2000 ia dianugerahi Hadiah Nobel Kimia untuk penemuan dan pengembangan polimer konduktif.

Kehidupan[sunting | sunting sumber]

Terlahir dari keluarga miskin, dan Great Depression membuat hidup susah. Pada usia 10 tahun, ia menemukan minat dalam ilmu kimia, karena ia membaca buku-buku lama ayahnya. Dengan buku itulah ia mengajar diri. Kemudian ia menjadi asisten bagian kimia di Victoria University of Wellington, tempatnya sebelumnya dididik. Pada 1951 ia lulus dengan penghormatan kelas satu dan memenangkan beasiswa Fulbright ke Universitas Wisconsin tempatnya menerima gelar doktor. Ia bekerja di Universitas St. Andrews, Skotlandia, dan selama 45 tahun menjadi profesor di Universitas Pennsylvania.

MacDiarmid Institute for Advanced Materials and Nanotechnology di Universitas Victoria, Wellington dinamai menurut namanya.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]