Arthur Harden

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Arthur Harden
Lahir 12 Oktober 1865
Manchester, Inggris
Meninggal 17 Juni 1940 (umur 74)
Bourne End, Buckinghamshire, Inggris
Kebangsaan Inggris
Bidang Biokimia
Institusi Lister Institute
Alma mater University of Manchester MSc,
University of Erlangen PhD
Pembimbing
akademik
Otto Fischer
Dikenal atas stuktuk kimia sel khamir
Penghargaan Penghargaan Nobel Kimia (1929)
Medali Davy (1935)

Arthur Harden (Manchester, 12 Oktober 1865Bourne End, 17 Juni 1940) ialah seorang biokimiawan Inggris. Ia membagi Nobel Kimia yang diterimanya kepada Hans Karl August Simon von Euler-Chelpin untuk penelitiannya atas fermentasi gula dan enzim fermentatif.

Ia belajar antara tahun 1882-1885 di Owens College, Manchester. Setahun kemudian ia belajar bersama Otto Fischer di Erlangen sampai tahun 1887. Ia kembali lagi ke Manchester sebagai dosen di sana sampai tahun 1897 ketika ia diangkat sebagai kimiawan di British Institute of Preventive Medicine yang baru didirikan, yang kemudian menjadi Lister Institute. Pada tahun 1907 ia diangkat sebagai kepala bagian biokimia. Kedudukan ini terus dipegang sampai pensiunnya pada tahun 1930.

Di Manchester, Harden mempelajari efek cahaya pada campuran karbon dioksida dan klor dan ketika masiuk lembaga tersebut ia menggunakan metode itu pada pengamatan fenomena biologis seperti aksi kimiawi bakteri dan fermentasi alkohol. Ia mempelajari produk pecahan glukosa dan kimia sel ragi, dan menulis serangkaian artikel tentang vitamin antisariawan dan antineuritis.