Aaron Klug

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Aaron Klug
Lahir 11 Agustus 1926 (umur 87)
Želva, Lithuania
Kebangsaan British
Bidang Biophysics, chemistry
Institusi University of Cambridge
Birkbeck, University of London
Dikenal atas crystallographic electron microscopy[1]
Penghargaan Hadiah Nobel dalam Kimia, 1982

Aaron Klug OM (lahir 11 Agustus 1926 di Želva, Lituania) ialah kimiawan Inggris kelahiran Lithuania.

Pada usia 2 tahun, keluarganya pindah ke Durban, Afrika Selatan. Selama pendidikan dasar, Klug membaca buku Microbe Hunters karya Paul de Kruif, yang memengaruhinya belajar kedokteran dan mikrobiologi di Universitas Witwatersrand di Johannesburg.

Setelah lulus, Klug mengikuti penelitian dalam fisika dan kristalografi (ilmu eksperimental dalam menjelaskan susunan atom dalam benda padat) di Universitas Cape Town, di mana ia menerima gelar M.Sc. Klug tetap di universitas itu untuk melanjutkan mempelajari analisis sinar X dari senyawa organik kecil. Selama masa inilah Klug mengembangkan minat yang dalam susunan dan pengaturan bahan.

Pada 1949, Klug pindah ke Inggris di Laboratorium Cavendish Trinity College di Cambridge. Klug menerima gelar doktornya pada 1953 dari perguruan tinggi itu. Pada akhir 1953, Klug pindah ke London untuk bekerja dengan Rosalind Franklin di departemen John Bernal di Birkbeck College. Bersama, Franklin dan Klug bekerja tentang ketaktentuan virus mosaik tembakau di sekeliling (virus ARN yang memengaruhi tanaman) dan menguraikan struktur molekul virus.

Setelah Franklin meninggal pada 1958, Klug melanjutkan penelitiannya pada virus, kini berkembang ke virus melingkar. Pada 1962, Klug dan tim asistennya kembali ke Cambridge untuk bekerja di Laboratory of Molecular Biology yang baru dibangun. Antara 1986 dan 1996, Klug dipilih sebagai direktur laboratorium.

Di laboratorium, Klug menggunakan teknik dari difraksi sinar X, mikroskopi, dan model struktur untuk mengembangkan mikroskopi elektron kristalografi. Bentuk mikroskopi itu menggunakan gambar dua dimensi atas kristal dari sudut yang berbeda dan mengabungkannya untuk menciptakan rekonstruksi sasaran gambar tiga dimensi. Ini memungkinkan Klug menciptakan struktur virus 3 dimensi. Aaron Klug menerima Penghargaan Nobel dalam Kimia pada 1982 untuk pengembangannya dalam mikroskopi elektron kristalografi.

Klug juga bekerja mengungkapkan struktur kompleks protein ADN. Juga pada 1974, Klug dan kolaboratornya adalah yang pertama mengumpulkan kristal RNA transfer dan menentukan strukturnya.

Klug telah mengetuai Akademi Ilmiah Israel dan duduk sebagai komite penasihat Institut Weizmann, di Universitas Ibrani. Pada 1988, Klug dianugerahi gelar kebangsawanan oleh Ratu Elizabeth II.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]


Kesalahan pengutipan: Tag <ref> ditemukan, tapi tag <references/> tidak ditemukan