Arne Tiselius

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Arne Tiselius

Arne Wilhelm Kaurin Tiselius (Stockholm, 10 Agustus 1902Uppsala, 29 Oktober 1971) ialah seorang biokimiawan Swedia yang dianugerahi Nobel Kimia pada tahun 1948.

Biografi[sunting | sunting sumber]

Menyusul kematian ayahnya, Tiselius sekeluarga pindah ke Göteborg di mana ia bersekolah, dan setelah lulus di "Realgymnasium" setempat pada tahun 1921, ia belajar di Universitas Uppsala, mengkhususkan diri dalam kimia. Ia menjadi asisten riset di laboratorium The Svedberg pada tahun 1925 dan mendapatkan gelar doktor pada tahun 1930 untuk metode batas gerak mempelajari elektroforesis protein. Hingga tahun 1935 ia menerbitkan sejumlah karya ilmiah tentang difusi dan adsorpsi pada zeolit, dan studi tersebut dilanjutkan selama kunjungan setahun ke laboratorium H.S. Taylor di Princeton dengan dukungan Rockefeller Foundation Fellowship. Ketika kembali ke Uppsala ia meneruskan minat dalam protein, dan penerapan metode fisik pada masalah biokimia, yang menimbulkan metode analisis elektroforesis yang lebih baik yang disempurnakannya pada tahun-tahun berikutnya.

Tiselius berperan aktif dalam reorganisasi penelitian ilmiah di Swedia pada tahun-tahun setelah Perang Dunia II, dan menjadi Presiden International Union of Pure and Applied Chemistry antara tahun 1951-1955.

Ia menikah dan memiliki 2 anak. Ia meninggal dalam usia 69 tahun akibat serangan jantung.

Rujukan[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

  • Nobel Lecture Electrophoresis and Adsorption Analysis as Aids in Investigations of Large Molecular Weight Substances and Their Breakdown Products dari Nobelprize.org
  • Biografi Nobel