Norman Haworth

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Sir Walter Norman Haworth
Norman Haworth.jpg
Norman Haworth
Lahir 19 March 1883
Chorley, Lancashire, Inggris
Meninggal 19 Maret 1950
Barnt Green, Worcestershire, Inggris
Kebangsaan Inggris
Bidang Kimia organik
Institusi University of St. Andrews
Durham University
University of Birmingham
Alma mater University of Manchester
University of Göttingen
Pembimbing doktoral William Henry Perkin, Jr.,
Otto Wallach
Dikenal karena investigasi pad karbohidrat dan vitamin C
Penghargaan Medali Davy (1934)
Penghargaan Nobel Kimia (1937)

Sir Walter Norman Haworth (lahir di Chorley, Lancashire 19 Maret 188319 Maret 1950) ialah kimiawan Britania Raya yang terkenal atas karya pencangkulannya pada asam askorbat (vitamin C) selama bekerja di Universitas Birmingham.

Ia menerima Hadiah Nobel Kimia 1937 "untuk pengamatannya pada karbohidrat dan vitamin C". Hadiah itu diterima dengan kimiawan Swiss Paul Karrer untuk karyanya pada vitamin lain.

Ia memutuskan masuk Universitas Manchester pada 1903 untuk belajar kimia setelah beberapa waktu bekerja di perusahaan linolium yang dijalankan ayahnya. Ia membuat keputusan ini karena penolakan keras ayahnya. Lalu ia belajar di Georg-August-Universität.

Pada 1912 Haworth menjadi dosen di United College of St. Andrews University di Skotlandia dan tertarik dalam kimia karbohidrat, yang diselidiki di Universitas St. Andrews oleh Thomas Purdie (1843-1916) dan James Irvine (1877-1952). Haworth memulai karyanya pada gula sederhana pada 1915 dan mengembangkan cara baru untuk membuat metil eter gula menggunakan metil sulfat dan alkali. Lalu ia mulai belajar pada ciri struktur disakarida.

Haworth mengatur laboratorium di St Andrews University untuk produksi bahan kimia dan obat-obatan selama PD I (1914-1918). Ia diangkat sebagai profesor kimi organik di University of Durham pada 1920. 3 tahun kemudian, ia menjadi Profesor Mason dalam Kimia di University of Birmingham.

Pada 1934, bekerja dengan kimiawan Inggris Sir Edmund Hirst, ia dapat mensintesis vitamin C untuk pertama kalinya.

Proyeksi Haworth, cara singkat menggambarkan struktur kimia dalam 3 dimensi dinamai menurut namanya.

Ia diberi gelar kebangsawanan pada 1948. Ia meninggal pada 19 Maret 1950, pada Daftar tokoh yang meninggal di hari ulang tahunnya yang ke-67.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]