Pugwash Conferences on Science and World Affairs

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Pugwash mengadakan pertemuan dan tur yang diselenggarakan di National Accelerator Laboratory, sekarang Fermilab, 12 September 1970, dari kanan ke kiri: Norman Foster Ramsey, Francis Perrin, dan Robert Rathbun Wilson.

Pugwash Conferences on Science and World Affairs ialah lembaga swadaya masyarakat yang berkedudukan di Kanada yang merangkul bersama para sarjana dan tokoh publik untuk bekerja ke arah penghapusan konflik bersenjata dan mencari pemecahan atas ancaman keamanan global. Organisasi ini dianugerahi Nobel Perdamaian pada tahun 1995.

Sejarah singkat[sunting | sunting sumber]

Organisasi ini didirikan pada tahun 1957 oleh Joseph Rotblat dan Bertrand Russell di Pugwash, Nova Scotia, Kanada, menyusul diluncurkannya Manifesto Russell-Einstein pada tahun 1955. Manifesto tersebut menyerukan konferensi untuk para ilmuwan menilai bahaya senjata pemusnah massal (yang saat itu hanya dianggap sebatas senjata nuklir).

Pada kongres pertamanya tersebut 22 negara hadir; 7 dari Amerika Serikat, 3 dari Uni Soviet, 3 dari Jepang, 2 dari Britania Raya, 2 dari Kanada, 1 dari Australia, 1 dari Austria, 1 dari Perancis, 1 dari Republik Rakyat Tiongkok dan 1 dari Polandia.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]