Lipase

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Visualisasi komputer dari lipase pankreas babi

Lipase adalah enzim yang dapat larut dalam air dan bekerja dengan mengkatalisis hidrolisis ikatan ester dalam substrat lipid yang tidak larut air seperti trigliserida berantai panjang.[1] Dengan demikian, lipase tergolong dalam enzim esterase.[1] Enzim ini juga mampu mengkatalisasi pembentukan ikatan ester (esterifikasi) dan pertukaran ikatan ester (transeterifikasi) pada media bukan air.[2] Lipase diproduksi pada karbon berlipid, seperti minyak, asam lemak, dan gliserol.[3] Lipase dari bakteri kebanyakan diproduksi secara ekstraselular.[3] Kebanyakan lipase dapat bekerja pada kisaran pH dan temperatur yang bervariasi, walaupun lipase dari bakteri yang bersifat basa lebih umum.[3] Lipase adalah serina hidrolase dan mempunyai stabilitas yang tinggi dalam larutan organik.[3]

Manfaat[sunting | sunting sumber]

Lipase dari fungi dan bakteri memainkan peranan yang penting dalam kehidupan manusia seperti pembuatan yoghurt dan keju.[4] Lipase juga digunakan sebagai katalis yang murah dan serbaguna untuk mendegradasi lipid dalam aplikasi modern seperti penggunaan enzim lipase untuk pembuatan deterjen dan biokatalis, serta juga dapat digunakan sebagai energi alternatif untuk mengubah minyak tumbuhan menjadi bahan bakar.[4]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b (Inggris) Svendsen A. 2000. Lipase protein engineering. Biochem Biophys Acta 1543(2): 223-228.
  2. ^ (Inggris) Soberón-Chávez G, Palmeros B. 1994. Pseudomonas lipases: molecular genetics and potential industrial applications. Crit Rev Microbiol 20(2): 95-105.
  3. ^ a b c d (Inggris) Gupta R, Gupta N, Rathi P. 2004. Bacterial lipases: an overview of production, purification and biochemical properties. Appl Microbiol Biotechnol 64(6): 763-781.
  4. ^ a b (Inggris) Guo Z, Xu X. 2005. New opportunity for enzymatic modification of fats and oils with industrial potentials. Org Biomol Chem 3 (14): 2615-2619.