Piruvat dehidrogenase kinase

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Enzim pyruvate dehydrogenase kinase

Kinase piruvat dehidrogenase (Inggris: pyruvate dehydrogenase kinase, PDK, EC 2.7.11.2) merupakan enzim regulasi dalam kompleks piruvat dehidrogenase.[1] Gen ini adalah salah satu gen dari keluarga protein kinase PDK/BCKDK dan mengkodekan protein mitokondria dengan domain histidin kinase.[1] Protein ini terletak di matriks mitokondria dan menghambat piruvat dehidrogenase complex dengan fosforilasi salah satu subunitnya.[1] Dengan demikian PDK berperan dalam regulasi metabolisme glukosa. Ekspresi gen ini diregulasi oleh glukokortikoid, asam retinoat, dan insulin.[2] PDK dihambat secara alosterik oleh konsentrasi asam piruvat yang tinggi, sedangkan kinase diaktifkan dengan asetil-KoA: Ko-A dan NADH:NAD+ yang tinggi pada mitokondria.[1] Otot lurik mengekspresikan dua (PDK2 dan PDK4) dari empat isoform PDK ysng diekspresikan pada sel mamalia (PDK1-4).[3] Peningkatan aktivitas PDK dengan kelaparan dan diabetes disebabkan karena peningkatan selektif regulasi ekspresi PDK4.[3] Peningkatan regulasi ini disebabkan karena peningkatan asam lemak bebas (FFA).[3]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b c d (Inggris) Pilegaard H, Neufer PD. 2004. Transcriptional regulation of pyruvate dehydrogenase kinase 4 in skeletal muscle during and after exercise. Proceedings of the Nutrition Society 63: 221-226.
  2. ^ (Inggris) National Center for Biotechnology Information [NCBI]. 2008. PDK4 pyruvate dehydrogenase kinase, isozyme 4 [Homo sapiens]. [terhubung berkala]. http://www.ncbi.nlm.nih.gov/sites/entrez?db=gene&cmd=retrieve&list_uids=5166 [6 Okt 2008].
  3. ^ a b c (Inggris) Lee FN, Zhang L, Zheng D, Choi WS, Youn JH. 2004. Insulin supresses PDK4 expression in skeletal muscle independent of plasma FFA. PresS. Am J Physiol Endocrinol Metab.